10 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Diminati

0
7703
wisata di semarang lawang sewu

Hai sobat WisataKu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah. Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah, mungkin bagi sebagian orang tidak mengenal kota Semarang sebagai tempat wisata, tapi meskipun tidak seterkenal kota wisata lain seperti Jogja, Semarang tentunya juga membunyai obyek wisata yang menarik untuk kalian kunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Kota Semarang yang paling diminati oleh wisatawan.

1. Lawang Sewu, Wisata Gedung Tua di Semarang

wisata di semarang lawang sewu

Jika mendengar tentang Lawang Sewu tentunya semua orang pasti mengetahuinya bukan? Lawang Sewu banyak sekali dibahas di berbagai media bahkan tidak pernah absen di acara mistis seperti dunia lain. Ya, tempat ini memang terkenal keangkerannya. Gedung Kuno Lawang Sewu di Semarang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda untuk dijadikan sebagai kantor perusahaan kereta api milik Belanda.

wisata lawang sewu semarangSesuai dengan namanya Lawang Sewu, bagunan ini mempunyai banyak sekali pintu loh, gedung ini terlihat begitu kokoh, dan seperti bangunan Belanda lainnya, di lantai bawah tanah gedung ini terdapat penjara loh, mungkin hal ini yang menjadikan gedung ini terkenal dengan nuansa mistisnya. Jika kalian berniat mengunjungi tempat ini, gedung Lawang Sewu terletak di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang. Untuk masuk ke Lawang Sewu, kalian harus membayar tiketnya sebesar 10.000 rupiah.

2. Pantai Maron, Tempat Wisata Pantai di Semarang

tempat wisata di semarang, pantai maron

Siapa bilang Semarang tidak punya wisata pantai? Semarang juga punya wisata pantai loh, namanya Pantai Maron. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang eksotis loh, jadi jangan kaget kalau anda berkunjung ke pantai ini dan menemui banyak wisatawan yang menikmati pantai.

Pantai Maron terletak di sebelah barat Kota Semarang dan berada tidak jauh dari bandara udara Ahmad Yani Semarang. So, tunggu apa lagi, segera kunjungi pantai ini untuk menghilangkan rasa penasaran kalian.

3. Pantai Marina, Wisata Pantai di Kota Semarang

tempat wisata di semarang

Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata pantai di Semarang. Bagi kalian yang hobi jogging atau bersepeda di tepi pantai, Pantai Marina adalah tempat yang pas buat kalian. Tidak seperti Pantai Maron, Pantai Marina ini tidak begitu ramai karena mungkin lokasinya berbeda dengan pantai Maron dan pantai ini terletak di perumahan.

pantai marinaPantai Marina ini juga menyediakan wahana seperti Speed Boat, ski air, taman bermain untuk anak-anak dan bahkan ada kolam renangnya juga loh. Pantai Marina ini terletak di bagian utara kota Semarang, tepatnya di Jalan Yos Sudarso.

 

 

4. Pantai Tirang, Obyek Wisata Pantai di Semarang

pantai tirang semarang

Tak jauh dari Pantai Marina, sekitar 5 km kalian dapat mengunjungi pantai di Kota Semarang yang bernama Pantai Tirang. Pantai Tirang merupakan pantai biru dan masih tergolong pantai yang bersih loh, mengingat kini banyak sekali wisatawan tak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan.

Bagi kalian yang hobi memancing, tak perlu khawatir, Pantai Tirang ini terkenal dengan ikan kakap putih dan ikan kerapunya loh, disamping itu ada pemandangan hutan bakau yang tentunya menambah nilai plus buat pantai ini.

5. Air Terjun Kali Pancur, Wisata Air Terjun di Semarang

air terjun kali pancur semarang

Salah satu wisata alam di Semarang yang paling terkenal adalah Air Terjun Kali Pancur. Air Terjun Kali Pancur ini memili tinggi kurang lebih 150 meter, wow tinggi sekali bukan? kalian pasti dapat membayangkan bagaimana indahnya air terjun Kali Pancur ini. Untuk menikmati keindahan air terjun ini kalian harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan loh, kalian harus melewati 900 anak tangga untuk mencapainya.

Selain pemandangan air terjun yang begitu indah, disini kalian juga dapat menikmati pepohonan hijau yang begitu menyejukkan mata. Selain itu disini juga terdapat goa walet yang dapat menambah wawasan anda. Lokasi dari air terjun Kali Pancur ini berada di Desa Nogosaren, Semarang.

6. Curug Benowo, Obyek Wisata Alam di Semarang

curug benowo semarang

Air Terjun atau Curug Benowo merupakan salah satu tempat wisata alam di Semarang yang menjadi favorit banyak wisatawan terutama para pecinta alam. Tempat ini memang indah tapi untuk menuju ke Curug Benowo terlalu sulit. Kalian harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan medan yang cukup sulit dan berbatu. Lokasi air terjun atau Curug Benowo ini terletak di Gunung Unggaran.

7. Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele

Beralih dari wisata alam di Semarang, kini kita menuju salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk berwisata dengan keluarga. Salah satu tempat tersebut adalah Kampoeng Wisata Taman Lele yang berlokasi di Jalan Raya Walisongo Km 10, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang.

Kampoeng Wisata Taman Lele ini fasilitas seperti taman bermain anak, kolam renang, danau buatan dimana kalian bisa duduk santai di gazebo di sekeliling danau tersebut, dan ada pula kebun binatang mini untuk menghibur buah hati anda. Untuk tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele ini cukup murah loh, yaitu 2.000 rupiah untuk hari senin-sabtu dan 3.500 untuk hari minggu atau hari libur.

8. Taman Rekreasi Wonderia, Wisata Keluarga di Semarang

Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia di Semarang ini merupakan tempat wisata yang pas bagi anda yang ingin mengisi liburan anda bersama keluarga dan kerabat. Taman Rekreasi Wonderia ini dibagun di lahan seluas 3 hektar sehingga menjadi tempat wisata terbesar di Jawa Tengah. Taman Rekreasi Wonderia ini dibangun pada tahun 2007 dan berlokasi di Jalan Sriwijaya, Semarang.

Jika kalian bertanya-tanya ada apa saja sih di tempat wisata ini? tempat wisata ini cukup menyediakan wahana yang lengkap, disini kalian dapat menikmati rumah hantu untuk menguji nyali kalian, ada pula boom boom car, typhoon coaster, super rally, merry go round dan masih banyak lagi. So, buruan kemari, harga tiketnya juga cukup murah loh, 5.000 rupiah per orang.

9. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong

Jika kalian tidak puas dengan gedung Lawang Sewu, kalian bisa mengunjungi Pagoda Buddhagaya Watugong. Pagoda ini merupakan pagoda tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian 45 meter. Pagona ini sebenarnya merupakan tempat ibadah umat Budha, tetapi karena keindahan dan keunikan bangunannya, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Lokasi Pagoda Buddhagaya Watugong terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang.

10. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid megah di Indonesia yang ada di Kota Semarang. Masjid ini selain menjadi tempat beribadah umat Islam juga menyediakan beberapa fasilitas seperti auditorium, perpustakaan, museum budaya islam, ruang akad nikah, kereta kelinci, tempat bermain anak dan lain sebagainya.

Masjid agung yang diresmikan pada tahun 2006 ini memiliki luas lebih dari 7.500 meter persegi sehingga dapat menampung kurang lebih 16.000 jemaah. Masjid agung jawa tengah ini berlokasi di Jalan Gajah Raya, Semarang.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Terkenal

Itulah beberapa tempat wisata di Semarang yang dapat kalian kunjungi, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kota Semarang yang lain, tetapi 10 tempat wisata diatas merupakan yang paling dikenal oleh wisatawan. Jika kalian ingin berbagi pengalaman kalian dengan tempat wisata yang ada di Semarang, kalian bisa bagikan melalui komentar dibawah ini ya, dan jangan lupa untuk Like Facebook Page kami yaa, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.