5 Kuliner Khas Pacitan yang Selalu Dirindukan

0
993

Siapa yang tidak mengenal Pacitan. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki surga wisata yang begitu cantik. Banyak wisatawan baik lokal maupun manacanegara yang mengagumi akan wisata tampat kelahiran SBY itu. Tentu sebagai warga negara Indonesia bangga akan hal itu. Karena Wisata Indonesia telah diakui di kancah internasional. Berbicara tentang pacitan tentu kurang menarik kalau hanya terfokus pada wisata alamnya saja. Karena juga memiliki akan wisata kuliner yang begitu ciamik dan menggoda lidah.

1Tiwul

Kuliner khas Pacitan pertama adalah tiwul. Tuwil ini sejenis nasi namun tidak terbuat dari beras melainkan terbuat dari singkong yang telah digiling. Setelah digiling tiwul dimasak dengan cara dikukus. Cara ini memang terlihat masih tradisional, namun melalui cara inilah nasi tiwu menjadi lebih nikmat ketika di makan. Makanan tiwul ini tidak terlepas dari kreativitas masyarakat sekitar yang memanfaatkan akan hasil alam. Mengingat Pacitan memang terkenal dengan masyarakat petani. Untuk itu, munculkan tiwul sebagai makanan khas yang begitu lezat. Selain itu, tiwul begitu enak ditambah dengan sayuran urap. Tentu hal ini akan menambah makan kamu semakin banyak.

2Kupat Tahu

Siapa yang tidak mengenal kupat. Kupat biasanya terbuat dari berat yang dibungkus dengan daun kepala yang telah dibentuk. Di pacitan kupat berbeda dengan daerah lainnya. Karena di kota kelahiran SBY ini kupat dicampur dengan menggunakan tahu. Tentu Campuran ini akan membuat kamu lebih nikmat ketika makan. Nasi yang begitu lezat ditambah dengan tahu tentu akan membuat kamu semakin lahap untuk menikmatinya. Selain itu, makanan ini selalu ada pendampingnya yaitu krupuk udang, taburan kacang goreng, seledri dan taoge serta disiram dengan kuah penuh bumbu yang nikmat.  Untuk itu, kamu yang berkunjung ke Pacitan tanpa mencicipi kupat tahu kurang begitu sempurna perjalanannya.

3Soto Pacitan

Kuliner soto memang di setiap daerah selalu menjumpai. Tentunya dengan variasi tambahan yang berbeda sesuai dengan ciri khas masyarakat yang ada. Seperti halnya dengan soto Pacitan yang dalam penyajian di tambah dengan seledri, bawang goreng, kacang goreng, kecambah, dan tentunya yang tidak ketinggal adalah suwiran daging ayam. Perpaduan inilah yang membuat soto pacitan beberbeda dan lebih kaya akan citarasanya. Terlebih ketika menikmati soto tidak saja sendiri, tetapi ditemani dengan gorengan. Tentu akan semakin membuat kamu kenyang lebih lama. Terpenting harga soto Pacitan tergolong sebagai makanan yang merakyat.

4Jadah Bakar

Kuliner khas Pacitan ini terbilang istimewa. Karena jadah yang biasanya disajikan biasa-biasa saja kini dengan di bakar. Rasa bakaran begitu terasa di lidah kamu ketika menikmati. Selain itu, jadah yang terbuat dari ketan juga kaya akan kandungan vitamin. Dengan kandungan itulah yang akan membuat badan tidak tidak saja kenyang tetapi juga sehat dan bugar. Jadah bakar biasa disajikan dengan secangkir kopi yang nikmati. Selain itu, tambah istimewa sembari melihat pemandangan wisata alam yang begitu eksotis.

5Sego Godong Jati

Kuliner khas Pacitan ini begitu tradisional karena menggunakan daun sebagai alas maknan. Adapun daun yang digunakan berupa daun jati. Daun ini memang terkenal bagus dan lebar sehingga cocok untuk alas makanan. Kuliner ini juga dipadukan dengan nasi urap, tumis tempe, peyek, slundreng, serta yang tidak ketinggalan adalah lauk ikan asing. Aroma daun jati yang khas juga akan memberikan warna baru. Selain itu, tentu dengan alas dauh jati akan menjadikan makanan begitu spesial dan teringat terus. Karena keunikan yang dihadirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.