5 Kuliner Pasuruan yang Dirindukan Ketika Merantau

0
1095

Siapa yang tidak mengenal kota pasuruan. Kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini memang menyimpan daya tarik tersendiri bagi pelancong. Letak yang berdekatan dengan Sidoarjo menjadikan kabupaten ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tentu tidak saja karena letak yang berdekatan, tetapi juga suasana yang nyaman dan ngangenin bagi siapa saja yang berkunjung. Kuliner khasnya juga beradil besar menjadikan kabupaten ini begitu populer bagi masyarakat. Beragam olahan yang disajikan tentu membuat siapa saja tidak akan bosan untuk menikmatinya. Dijamin deh liburan ke Pasuruan akan semakin seru disading dengan kuliner khasnya. Pasti Kamu penasaran akan kuliner itu. Untuk lebih lanjut simak artikel berikut yang akan membuat kamu semakin tahu.

1Cenil Pasuruan

Kuliner Pasuruan ini terbilang begitu tradisional. Tentu masyarakat sekitar sudah sangat familer. Bahan dasar dari kuliner ini tepung tapioka dan campuran ketela pohon. Ketela pohon pilihan di parut hingga halus kemudian setelah itu dicampur dengan tepung tapioka. Setalah semua tercampur di kukus hingga masak. Yang menarik dari kuliner ini adalah warna yang beragam. Selain itu, rasa yang disajikan juga mirip dengan klepon tetapi lebih khas cenil Pasuruan. Tidak saja itu, dalam penyajian di taburi dengan kelapa muda yang diparut dan gula merah. Gula inilah yang membuat rasa manis, tentu akan membuat harimu semakin manis. Rasa cenil Pasuruan ini sepadan denganĀ 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Lontong Balap

Kuliner selanjutnya adalah lontong balap. Makanan sungguh nikmati ketika disantap sembari melihat indahnya kota pasuruan. Lontong yang disajikan dengan kuah kuing dan tauge. Warna kuning ini mirip seperti dengan kuah kare, tetapi soal rasa jelas berbeda. Warna kuning ini terbuat dari kunyit dan rempah-rempah yang dijadikan satu dan dihalusakan. Dimasak hingga matang dan mengelurkan bau khas yang menambah kuliner ini semakin menggoda. Terlebih dinikmati sembari orang tersayang akan menambah kebahagian. Kamu juga akan menemukanĀ makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

3Kupang Kraton

Nama karaton identik dengan kota Solo, tetapi jenis kuliner ini merupakan makanan khas Pasuruan. Olahan ini terbuat dari kerang dengan perpaduan bumbu dapur, seperti bawang merah, putih, kunyit, lengkuas, mrica dan lainnya. Kerang yang telah dioleh sehingga terasa empuk dan meresap soal bumbu disajikan dengan irisan lontong. Rasa gurih dan manis akan nempel terus di lidah Kamu.

4Nasi Punel

Kuliner khas Pasuruan ini memiliki kesamaan dengan makanan Madura. Meskipun demikian tetap kenikmatan yang disajikan berbeda. Lauk tahu, tempe, ayam, dengan bumbu khas Bali dan sambal kacang menjadi pembeda dalam olahan Pasuruan ini. Sambal dengan kacang pilihan yang lembut akan teras begitu spesial ketika dicicipi. Sedangkan untuk nasi yang digunakan jelas nasi pilihan juga. Empuk dan harum akan merasuki tubuh Kamu. Tidak lama lagi selera makan akan terus semakin meningkat karena memang soal kenikmatan rasa tiada dua. Meskipun sederhana tetapi soal rasa jelas tidak kalah dengan masakan terkena daerah lain.

5Lupis

Makanan lupis ini tergolong tradisional bagi masyarakat Pasuruan. Namun, jangan dibayangkan rasa juga tradisional alias jadul. Tekstur yang kenyal seperti cenil dan klepon akan Kamu dapatkan pertama kali mengigitnya. Sajian ini biasanya beriringan dengan lepet. Dalam masakan ini memiliki kandungan banyak air berbeda dengan masakan tradisional Pasuruan lainnnya. Menariknya makanan tradisional berbahan dasar tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Tepung besar dan gula merah dipadukan dan dibentuk kerujut. Selesai dimasak ditaburi parutan kepala muda. Parutan kelapa inilah yang menambah rasa gurih dari lupis. Kuliner ini memiliki kemiripan denganĀ kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.