5 Kuliner Sulawesi Tenggara yang Selalu Ngegenin

0
969

Kuliner di Indonesia memang tidak pernah habis untuk dibicarakan. Setiap daerah dan kota memiliki kuliner khas yang menjadikan pembeda dengan daerah pada umumnya. Keanekaragaman itulah yang menjadikan kebanggan bagi bangsa kita, sekaligus juga menjadi kekayaan. Salah satu provinsi yang sayang dilewatkan untuk tidak dibahas terkait dengan kuliner khas dari Sulawesi Tenggara.

Sebuah provinsi yang dikeliling oleh berbagai keindahan alam yang begitu memesona. Namun, tidak saja keindahan alam tetapi juga kuliner khas yang menggoda lidah Kamu. Kuliner ini begitu istimewa karena masyarakat sekitar memiliki keterampilan khusus dalam membuatnya. Sehingga rasa yang dihasilkan sunggu nikmat. Untuk  itulah artikel berikut akan memberikan kamu rekomendasi kuliner khas Sulawesi Tenggara.

1Kasuami

Kuliner yang satu ini memang begitu terkenal di masyarakat Sulawesi Tenggara. Tepatnya dari pulau Wakatobi dan Buton. Makanan ini berbahan dasar ubi atau singkong. Ubi atau singkong ini memang banyak di tanam oleh masyarakat sekitar. Untuk itulah dimanfaatkan menjadi makanan khas. Cara mengolah dari kuliner ini juga spesila karena tidak di goreng ataupun di goreng. Karena haru melalui proses penjang untuk bisa disajikan kepada kamu. Karena harus melalui tahap fermentasi yang panjang untuk menhasilkan rasa yang nikmat. Kuliner ini biasa dinikmati bersamaan dengan ikan kuah, ikan goreng, ikan bakar dan ikan perende. Tentu kamu akan semakin semangat untuk menikmatinya. Soal rasa yang disajikan memiliki kemiripan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Kabuto

Kuliner khas Sulawesi Tenggara ini berbahan dasar ubi atau singkong juga. Namun dalam proses pembuatannya ubi harus dibrsihkan dan dbiarkan berjamur terlebih dahulu dalam jangka waktu yang begitu lama. Meksipun berjamur bukan berarti membusuk, justru berjmur inilah yang akan menhasilkan rasa yang mantab. Rasa yang disajikan dalam kuline ini begitu spesial karena ada rasa kenyal, namun tetap lembut seperti kue kering. Tentu kuliner ini akan semakin enak ketika dinikmati semberi melihat keindahan alam Sulawesi Tenggara. Sajian ini juga memiliki kemiripan dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

3Lapa-lapa

Kuliner Sulawesi Tenggara ini memang sayang untuk dilewatkan. Meskipun dalam soal nama sedikit unik namun rasa yang dihasilkan begitu ngeganin. Kuliner ini berbahan dasar besar yang dimasak dengan santan, hingga setengah matang. Lalu diangkat dan didinginkan, kemudian di rebus. Selanjutnya nasi itu dibungkus dahulu menggunakan janur. Ketika di bungkus dengan danur memiliki bentuk yang unik. Tidak saja unik rasa dari kuliner ini juga manis dan gurih. Tentu akan semakin membuat kamu semangat untuk menikmatinya. Ketika bekunjung ke Sulawesi Tenggara jangan khawatir untuk sulit menumukan karena hampir setiap warung selalu menyajikannya.

4Sinonggi

Sinonggi ini merupakan kuliner khas suku Talaki yang terbuat dari pati sagu. Sagu yang terkenal enak dan bergizi akan dapat kamu jumpai dalam masakan ini. Selain itu, cara membuat yang khas dan dipadukan dengan rempah-rempah akan membuat kamu sulit untuk melupakan rasa yang disajikan. Kuliner ini memang berasal daru suku di Sulawesi Tenggara namun sekarang sudah dapat dinikmati di warung-warung. Tentu dengan perpaduan lauk lainnya yang semakin membuat kamu terkesan.

5Sate Gogos Pokea

Jenis kuliner Sulawesi Tenggara berikutnya ini memang begitu spesial karena sate ini tidak seperti sate pada umumnya. Bukan berbahan dasar dari daging ayam, kambing, atau sapi melainkan menggunakan daging kerang. Hal ini berasal dari nama Pokea yang merupakan sebutan dari kerang. Yang jauh lebih menarik adalah sate ini disajikan dengan bumbu rempah-rempah dengan perpaduan rasa pedas dan bumbu bacem manis. Kuliner yang spesial dapat kamu jumpai di Kebupaten Konawe dan Asera. Bagi Kamu pencinta kuliner penting juga untuk mencicipi surga lidah kuliner bumi reog ponorogo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.