5 Kuliner Terlezat di Kota Walet Kebumen, Wajib Anda Mencobanya

0
801

Kebumen kota walet terdartar sebagai salah satu kota yang memiliki kuliner terenak di Nusantara. Tentu kelezatan dari kuliner yang ada tidak kalah dengan kota Semarang, Yogyakarta, Bandung, bahkan Surabaya. Apa yang membuat kuliner di Kebumen begitu lezat. Tentu tidak saja soal rempah-rempah yang memang menjadi andalan dari soal rasa. Tetapi juga karena masyarakat yang pandai dalam meramu dan meracik akan kuliner itu. Untuk itulah penting dan wajib kamu mencobanya.

Buah kamu yang mungkin kebetulan berlibur atau ingin berlibur ke Kebumen. Tidak ada salahnya untuk singgah ke warung makan menikmati kuliner khasnya. Untuk itu, artikel berikut akan mengupas terkait dengan kuliner khas Kebumen.

1Nasi Penggel

Kuline khas Kebumen ini memang bukan nasi sembarangan . Karena bentukny yang bulat menyerupai dengan pola pingpong yang begitu unik ketika disajikan. Selain itu, juga disajikan di atas pincuk daun pisang. Tentu daun inilah yang menambah sensasi seakan di pedesaan yang masih begiu tradisional. Nasi yang berbentuk bulat ini diberikan sayur nangka dan lauk kikil atau jerohan sapi. Lauk inilah yang akan membuat kamu semakin bersamangat untuk menikmati makanan khas Kebumen itu. Rasa yang gurih dengan perpaduan lauk yang enak akan membuat makan kamu semakin bergairah. soal rasa juga memiliki kemiripan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Sate Ambal

Kuline berikutnya yang berasal dari Kebumen adalah sate Ambal. Sate ini memang berbahan dasar dari ayam. Namun jangans samakan dengan sate pada umumnya. Karena bumbu yang ada tentu jauh berbeda. Terlebih dengan sate Madura. Sate ini menggunakan sajian yang berupa samba tempe. Untuk rasa pedas di tambahkan dengan jehe dan dicmapur dengan rempah-rempah lainnya. Uniknya dalam kuliner ini sebelum di bakar daging ayam di rebus terlebih dahulu. Rebusan ini dimaksudkan untuk melembutkan akan daging ayam ini. Ketika kamu menikmati kuliner ini akan menemukan juga lontong sebagai makanan tambahan. Tentu akan semakin membuat kamu kenyang lebih lama.

3Sale Pisang

Kuliner khas Kebumen yang berikutnya ini adalah sale pisang. Namun jangan samkan dengan sale pisang yang berasal dari daerah Pacitan. Sale ini memiliki rasa yang khas dan tentu cara membuat yang berbeda pula. Olahan pisang ini terbuat dairi pisang pilihan yang diiris begitu tipis. Setelah itu dijemur di bawah terik matahari. Langkah selanjutny adalah digoreng dengan menggunakan tepung terigu. Tentu dari penggorengan inilah yang menghasilkan rasa legit dan girih. Kuliner yang cocok untuk oleh-oleh orang tersayang kamu. Kuliner ini memiliki kemiripan dengan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

4Soto Tamanwinangun

Kuliner soto memang dapat kamu jumpai di setiap daerah. Kelezatan yang disajikan juga beragam dan berciri khas tentunya. Begitu juga dengan soto kha Kebumen ini. Soto ini menggunakan daging entok yeng terkenal enak dan empuk. Daging entok inilah yang disuwiri dan ditaburkan dalam soto yang masih hangat. Selain itu, soto ini juga ada buah yang bening sepeti soto pada umumnya. Namun kuah dari soro ini menggunakan santan yang dipadukan denan kaldu entok. Tentu rasa gurih dan nikmat akan dapat kamu jumpai. Tidak saja itu, ada potongan ketopat yang akan membuat makan kamu semakin kenyang dan lahap.

5Bengkoang

Ketika kemu berkunjung ke Kebumen jangan lupa menikmati akan kesegaran buah bengkoang. Buah yang memang menjadi salah satu makanan favorid masyarakay sekitar. Selain karena rasa yang begitu segar. Bengkoang ini juga baik untuk merawat kecantikan. Terlenih di buat lulur. Namun jangan hanya untuk dibuat lulur saja. Bengkoang khas Kebumen ini juga sangat nikmati dimakan. Karena rasa manis yang begitu terasa akan melupakan kejeuhan kamu. Dijamin kamu akan ingin terus mengigitnya. Dalam kuliner ini akan menemukan kemiripan dengan memanjakan lidah dengan kuliner khas ambarawa yang ngegenin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.