5 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Diminati

9
6001

Bepergian tentunya tidak lepas dari oleh-oleh bukan? Tanpa oleh-oleh rasanya liburan kita kurang lengkap, untuk itu pada postingan pertama dari blog ini saya akan mengulas tentang oleh-oleh khas dari daerah Surabaya. Kenapa Surabaya? Karena kota pahlawan ini adalah kota kelahiran saya. Tanpa berpanjang lebar, berikut 5 oleh-oleh khas dari Surabaya.

1Almond Crispy

Almond Crispy Khas Surabaya

Sobat tentunya pasti tau bukan jajanan Almond Crispy ini? Yups, jajanan ini memang lagi nghits 2 tahun belakangan ini, bahkan tadinya saya yang orang surabaya sendiripun tidak mengetahui kalo jajanan almond crispy ini begitu terkenal diluar kota. Bahan dasar dari Almond Crispy ini cukup sederhana yaitu terbuat dari telur, tepung, gula, susu, dan almond sebagai toppingnya. Karena kepopulerannya, saat ini banyak sekali produsen-produsen baru yang bermunculan dalam memproduksi Almond Crispy ini, tetapi dari info yang saya dengar dan tentunya dari yang saya rasakan sendiri, Almond Crispy yang paling enak adalah Almond Crispy buatan Wisata Rasa. Almond Crispy Wisata Rasa sendiri mempunyai 3 macam rasa, yaitu Almond Crispy Cheese, Almond Chocho Chese, dan Almond Green Tea. Harganya cukup terjangkau mengingat rasanya yang selalu bikin nagih yaitu berkisar antara 45rb – 50rb.

Jika anda ingin membeli Almond Crispy dari Wisata Rasa, anda bisa mengunjungi salah satu tokonya di alamat dan nomor telepon Toko Almond Crispy Wisata Rasa berikut :

  • Jalan Raya Jemursari No. 164, Surabaya (031-8431459)
  • Jalan Genteng Besar No.83A, Genteng, Surabaya (031-5344051)
  • Jalan Tunjungan 50, Surabaya (031-5351609)
  • Jalan Mayjen Sungkono 135, Surabaya  (031-5611954)
  • Jalan Gajahmada  51, Sidoarjo

2Sambal Bu Rudy

Oleh oleh surabaya sambal bu rudy

Bagi anda pecinta makanan pedas, sambal Bu Rudy inilah yang cocok bagi anda. Sambal Bu Rudy merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Surabaya yang banyak diminati oleh para wisatawan. Selain rasa pedasnya, sambal Bu Rudy mempunyai cita rasa yang khas dan mungkin membuat anda ketagihan dalam membelinya. Jujur saya pribadi belum pernah mencobanya karena memang saya tidak suka yang namanya sambal, tapi mendengar setiap orang membicarakannya jelas sambal ini memang layak untuk dibeli dan dijadikan oleh-oleh untuk kerabat anda. Untuk membeli sambal Bu Rudy ini anda dapat membelinya di salah satu alamat dan nomor telepon Depot Bu Rudy dibawah ini :

  • Jalan Dharmahusada 140, Surabaya,  Telp. 031-5920996, 031-5933830
  • Jalan Raya Kupang Indah No 7, Telp. 031-7341935, 031-70319991
  • Jalan Anjasmoro No. 45, Telp. 031-5456565

3Kerupuk Kenjeran

khas surabaya kerupuk kenjeran

Salah satu oleh-oleh yang khas dari surabaya adalah kerupuk kenjeran. Kerupuk kenjeran merupakan kerupuk-kerupuk yang banyak dijual di pantai kenjeran.  Jika anda pergi ke surabaya dan ke pantai kenjeran, sebaiknya jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh kerupuk ini. Kerupuk kenjeran sendiri tersedia bermacam jenis, misalnya seperti kerupuk terung, kerupuk rambak, kerupuk dari udang yang dikeringkan, kerupuk dari ikan-ikan kecil dan masih banyak lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir jika menjadikannya sebagai oleh-oleh karena takut kerupuk rusak, karena selain menyediakan kerupuk yang matang, para pedagang juga menyediakan kerupuk yang masih mentah (siap goreng). Jika anda berminat untuk membeli oleh-oleh khas surabaya satu ini, anda dapat membelinya dikawasan pantai kenjeran.

4Spikoe Resep Kuno

spikoe resep kuno surabaya

Spikoe atau spiku Resep Kuno juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Spikoe Resep Kuno mulai diproduksi pada tahun 2002 oleh Paulus Santoso. Paulus Santoso merupakan anak dari pendiri spiku buatan Nyonya Santoso. Spiku buatan Nyonya Santoso mulai terkenal pada tahun 1976 dan kemudian tutup pada tahun 1982. Paulus Santoso berhasil membangun bisnis ini kembali dan kini menjadi salah satu andalah kota Surabaya dalam hal oleh-olehnya. Untuk anda yang berminat membeli Spikoe Resep Kuno ini anda dapat membelinya di Jalan Rungkut Madya 41.

5Siropen Telasih

siropen telasih

Pernakah anda mendengar minuman yang namanya Siropen Telasih? Minuman ini merupakan minuman khas dari Surabaya sejak 1923. Pada awalnya Minuman Siropen Telasih ini dikelola oleh perusahaan Belanda namun saat ini sudah kembali dikelola oleh Indonesia. Kemasan Siropen Telasih ini cukup unik, kemasannya serupa dengan kemasan botol wine sehingga tampak lebih elegan. Minuman ini mempunyai 5 varian rasa, diantaranya yaitu mawar, jeruk keprok, frambosen, vanili , dan cocopandan.

Itulah sedikit ulasan dari saya tentang oleh-oleh khas surabaya yang dapat anda jadikan referensi, semoga ulasan ini bermanfaat dan jika ada kritik dan saran atau ingin menambahkan oleh-oleh atau makanan khas surabaya lain silahkan berikan melalui komentar dibawah ini.

9 COMMENTS

    • Iya mas, sambal Bu Rudy ini cukup terkenal sampe Jakarta juga loh, Ya oleh-oleh khas Surabaya satu ini mesti yg jadi request orang-orang ketika saya mudik ke Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.