5 Surga Tersembunyi dan Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

0
2491

Sulawesi Tenggara adalah sebuah provinsi di wilayah Indonesia Timur yang beribukota di sebuah kota metropolis nan erat dengan udara pantai bernama Kendari. Sulawesi Tenggara, seperti halnya sebagai tanah Indonesia yang kaya potensi, menyimpan berbagai obyek wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata kuliner tersebar seperti bintang mengitari sudut-sudut langit Sulawesi Tenggara.

Mengunjungi Sulawesi Tenggara akan menunjukkan pada kita wajah Indonesia yang masih asri dan asli. Atau bagi Anda yang berasal dari Indonesia bagian barat, mengunjungi wisata di Sulawesi bisa menunjukkan wajah asli Indonesia dari sudut yang lain.

Beberapa destinasi tempat wisata di Sulawesi tenggara antara lain yaitu:

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana, wisata di sulawesi tenggara

Tidak jauh dari lokasi benteng dan kraton Buton, Anda bisa menyusuri obyek wisata lain yang bernama pantai Nirwana. Nama nirwana yang melekat di pantai ini tentu saja diambil untuk menunjukkan keindahan pantainya yang sangat menarik hati. Di pantai Nirwana, tempat wisata di Sulawesi tenggara ini Anda bisa melepas penat dengan bersantai menatapi debur ombak, atau melakukan berbagai aktifitas olahraga air yang ditawarkan oleh pengelola pantai.

2. Benteng (Keraton) Buton

Benteng (Keraton) Buton

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki sebuah benteng bersejarah dengan julukan benteng terbesar kedua di dunia setelah tembok besar Cina? Ya, benteng ini berada di Sulawesi Tenggara dan menjadi destinasi tempat wisata kebanggaan Sulawesi Tenggara. Dengan berjalan kaki, Anda tidak akan bisa mengelilingi seluruh kawasan benteng dalam sehari. Benteng Buton menjadi saksi bahwa Sulawesi Tenggara pernah memiliki sejarah kerajaan dengan pertahanan militer yang sangat kuat. Selain benteng kerajaan Buton, di dalamnya juga ada meriam tua peninggalan kerajaan Buton, prasasti, makam para raja-raja, dan juga ruang pelantikan raja.

3. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo

Sebuah air terjun bertingkat yang luar biasa indah dari sudut Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo, tempat wisata di Sulawesi Tenggara ini terletak di desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo. Untuk menempuh dan mencoba sensasi pesona yang akan Anda dapat dari air terjun Moramo, Anda bisa menempuh perjalanan darat sejauh 65 kilometer dari pusat kota Kendari. Tinggi air terjun Moramo mencapai 100 meter dan terdiri dari 7 tingkatan besar. bukan hanya itu, dibawah 7 tingkatan utama ini, terdapat pula sekitar 60 tingkatan kecil yang bisa Anda jadikan tempat bermain air nan segar. Wah, menarik sekali, bukan?

4. Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi

Liwutongkidi merupakan sebuah pulau kecil yang berada dalam kawasan pengembangan Terpadu Batauga, Siompu, Liwutongkidi dan Kadatua atau BASILIKA di Kabupaten Buton. Daya tarik pulau Liwutongkidi ini adalah garis pulau yang dikelilingi pantai pasir putih yang memikat di seluruh horizon. Untuk bisa menjangkau pulau Liwutongkidi Anda bisa lewat dari Pelabuhan Bau-Bau, cukup 15 menit waktu yang Anda butuhkan jika pergi menggunakan speed boat.

5. Pemandian Alam Bungi

pemandian alam bungi

Pemandian alam Bungi adalah salah satu destinasi tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang masuk dalam kawasan sungai Pulau Buton. Namun untuk bisa mencicipi segarnya pemandian Alam Bungi, Anda perlu mengeluarkan tenaga untuk berpetualang. Pasalnya, jarak untuk menuju destinasi satu ini Anda harus menempuh perjalanan 3 jam dari pusat kota. Bukan hanya itu, dari tempat parkiran Anda juga mesti berjalan kaki menyusur sungai Buton kurang lebih tiga jam lamanya. Suasana sejuknya hutan, kicauan burung, dan gemericik air sungai akan menemani Anda sepanjang perjalanan dan membuat Anda rileks meski harus berjalan jauh.

Nah, beberapa destinasi tempat wisata di Sulawesi Tenggara ini pasti membuat Anda semakin penasaran dengan alam Sulawesi Tenggara, bukan? Happy traveling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.