5 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

0
1542

Sulawesi tengah mengingatkan kita akan kota Palu. Bukan, palu yang dimaksud bukanlah alat untuk tukang-menukang yang biasanya dipakai untuk menancapkan paku, namun Palu yang ini adalah nama sebuah kota besar yang menjadi pusat perkembangan ekonomi di Sulawesi Tengah.

Banyak sekali destinasi tempat wisata di Sulawesi tengah yang bisa Anda kunjungi saat berada di provinsi Sulawesi Tengah. Mulai dari wisata sejarah, sampai wisata alam tidak ketinggalan dimiliki oleh provinsi satu ini.

Apa sajakah tempat wisata di Sulawesi tengah yang wajib dikunjungi? Berikut daftar lengkapnya untuk Anda:

1. Pantai Talise

Pantai Talise, wisata di sulawesi utara

Yang pertama menjadi referensi tentu saja harus destinasi favorit warga Palu, Sulawesi Tengah. Di Palu siapa yang tak kenal dengan pantai Talise? Pantai Talise memenuhi semua kriteria pantai yang berpotensi wisata, ada hamparan pasir putih, deburan ombak yang tenang, dan hembusan angin nan riuh khas pesisiran. Disini Anda bisa meleburkan diri diantara warga yang tengah bersantai di tepi pantai, berenang, bahkan menyelam menyapu keindahan terumbu karang.

2. Souraja

souraja

Mentas dari pantai Talise, mari kita beralih pada obyek wisata bersejarah. Terdapat sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon Sulawesi Tengah masa lalu, yakni bangunan SouRaja. Dulu, SouRaja adalah tempat tinggal raja yang memerintah di daerah Sulawesi Tengah. Sampai sekarang tempat wisata di Sulawesi Barat yang terbuat dari kayu Ulin, kayu Bayam, dan atap segitiga tersebut masih dirawat dengan baik dan menjadi obyek wisata para turis. Souraja adalah bukti bahwa pernah ada kerajaan yang makmur berdiri di Sulawesi Tengah pada masa lalu.

3. Pulau Pasoso

Pulau Pasoso

Ini dia obyek wisata yang paling keren di Sulawesi Tengah, Pulau Pasoso. Di kalangan masyarakat lokal, Pulau Pasoso memiliki julukan sebagai pulau penyu hijau. Ya, pulau ini memang dirawat untuk menjadi habitat penyu hijau yang semakin langka. Setiap bulan September dan November Anda bisa melihat fenomena penyu bertelur di pasir pantai pulau Pasoso, inilah alasan saya menyebut pulau ini pulau yang keren. Untuk sampai di pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan menuju kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

4. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang, Wisata di Sulawesi Tengah

Siapa bilang pantai hanya identik dengan batu karang dan pasir semata? Di pulau Tanjung Karang Anda bisa menikmati nuansa pantai yang bercampur dengan sejuk panorama perbukitan menghijau. Tentu pemandangan seperti ini adalah impian semua traveler yang ingin mencoba. Selain itu, untuk sampai di tempat wisata di Sulawesi Tengah pantai Tanjung Karang Anda hanya perlu menempuh perjalanan 30 sampai dengan 40 menit dari tengah kota. Aksesnya cukup mudah dengan jalan yang tidak terlalu terjal.

5. Lore Lindu

Lore Lindu

Anda salah jika membayangkan taman nasional Lore Lindu sebagai taman lokal yang hanya beberapa hektar luasnya. Di taman nasional ini Anda seakan bisa mendapatkan satu paket destinasi wisata. Mulai dari panorama gunung, danau, pemandangan alam, sampai pantai semuanya ada. Untuk Anda yang ingin bersantai sambil belajar, ada pula wisata pameran batu megalitik di Lore Lindu. Jika beruntung Anda bisa bertemu dengan flora dan fauna langka yang dilindungi di hutan wisata nasional Lore Lindu.

Beberapa rekomendasi destinasi wisata di atas tentu saja bukanlah keseluruhan tempat wisata di Sulawesi Tengah. Lima titik wisata ini hanya merupakan pengantar yang mewakili banyaknya destinasi lain yang bisa Anda temukan di Sulawesi Tengah. Visit Indonesia, mari kita mulai gerakan mencintai potensi wisata negeri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.