5 Spot Wisata Menarik di Arab Saudi

1
3468

Arab Saudi, ketika mendengar negara yang satu ini kemungkinan ada dua hal yang seketika muncul di benak kita, yakni ibadah haji/umroh dan gurun pasir. Sebab dua hal ini sudah jamak dikenal oleh hampir semua orang di dunia. Terlebih bagi negara yang mayoritas penduduknya Islam, Indonesia misalnya.Pergi ke Arab Saudi sudah menjadi sebuah harapan dan cita-cita. Terlebih dengan tujuan ibadah, hampir semua masyarakat Indonesia menginginkan hal itu.  Namun di balik kiblat ibadah itu, sebenarnya Arab Saudi juga bisa dijadikan salah satu negara sasaran destinasi wisata luar negeri yang menarik. Sebab di negara yang memiliki warisan alam yang luar biasa ini menyimpan keindahan-keindahan lainnya. Bagi kamu yang belum tahu mana saja tempat wisata di Arab Saudi yang layak untuk ditelusuri. Berikut artikel ini akan mengulasnya untuk. kamu.

1Pasar Kurma Madinah

Lokasi pertama yang harus kamu ketahui adalah Pasar Kurma Madinah. Kurma, buah yang sudah menjadi ciri khas Arab Saudi ini menjadi salah satu hal yang menarik untuk dikunjungi. Dan di Pasar Kurma Madinah inilah satunya kamu bisa menjumpai beragam jenis kurma dengan rasa yang bervariasi. Di tempat ini kamu bisa menikmati kurma secara langsung, atau membingkisnya sebagai oleh-oleh. Meskipun Madinah dikenal dengan kota dengan harga barang yang paling mahal di Arab, namun di pasar ini kamu masih bisa mendapatkan kurma dengan harga yang bervariasi, menyesuaikan kantong Kamu.

Kurma yang dijual dipatok mulai dari 30 sampai 90 Riyal, atau kalau dikruskan ke rupiah jatuh di harga 111 ribu sampai 332 ribu. Di pasar ini kamu juga memilih kurma dengan beragam olahan makanan, salah satunya dalam bentuk biscuit.

2Pasar Zakfariah

Lokasi selanjutnya yang menarik dijadikan lokasi wisata di Arab Saudi adalah Pasar Zakarifah. Pasar in tidak jauh dari Masjidil Haram, hanya berjarak satu kilo meter saja. Pasar ini berbeda dengan pasar sebelumnya. Jika pasar sebelumnya menjualkan beragam kurma, dan olahan makanan berbahan dasar kurma. Namun, di pasar yang satu ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai barang-barang elektronik, perhiasan emas, dan keperluan ibadah sederhana. Bagi kamu wisatawan Indonesia, dan bingung berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Jangan khawatir, sebab banyak pedagang yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga proses tawar menawar akan terjalin dengan sangat mudah.

3Jembatan Jamarat

Lokasi selanjutnya yang tidak kalah menarik bagi kamu yang memilih Arab Saudi sebagai tujuan wisata adalah Jembatan Jamarat. Lokasi ini hanya diperbolehkan bagi mereka yang tidak beragam Islam. Tempat ini boleh dikunjungi oleh siapa saja, yang ingin menikmati keindahan Jembatan Jamarat. Jembatan Jamarat merupakan jembatan yang memiliki hubungan dengan pusat pelemparan jumrah. Jembatan ini didirikan tidak lain bertujuan supaya jemaah haji bisa keluar dan masuk tempat pelemparan jumrah dengan mudah. Jembatan ini mampu menampung banyak orang, bahkan bisa menvapai angka lima juta orang.

4Madain Saleh

Destinasi selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan ketika melakukan wisata ke Arab Saudi adalah Madain Saleh. Madain Saleh merupakan sebuah kota tua, yang berada di sebelah utara Madinah. Madain saleh merupakan salah satu World Heritage Site situs warisan dunia. Lokasi ini merupakan lokasi yang menjadi kebanggaan Arab Saudi. Sebab keindahan dan nilai seni di dalamnya mengandung makna yang sangat berharga. Ada beberapa batu, yang konon sebagai peninggalan Nabi saleh. Di lokasi ini wisatawan tidak saja disuguhkan sebuah bangunan kota tua yang indah saja, melainkan sebuah nilai sejarah yang begitu mendalam.

5Gunung Uhud

Gunung yang berada di sebelah utara kota Madinah ini menjadi lokasi selanjutnya yang tidak boleh kamu tinggalkan ketika datang ke Arab Saudi. Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 350 meter ini memiliki sejarah unik yang wajib kamu ketahui. Gunung Uhud merupakan saksi peperangan antara pasukan Mekkah dan Muslim yang disebut dengan pertempuran Uhud. Di lokasi ini kamu juga akan disuguhkan sebuah pemandangan yang indah. Sebab Gunung Uhud merupakan gunung yang paling tinggi dan besar di Madinah. Di kaki gunungnya terdapat beberapa makam para syuhada, salah satunya Hamzah bin Abdul-Muththalib Beliau merupakan saudara sepersusuan dan sekaligus paman Nabi Muhammad SAW. Sehingga pas untuk kamu yang sekaligus melakukan ziarah makam.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.