5 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Wajib Anda Kunjungi

0
1864

Wilayah Makassar dan Sulawesi Selatan bisa dibilang termasuk salah satu mutiara Indonesia yang sudah sangat populer dengan berbagai destinasi wisata yang menarik hati. Tempat wisata di Sulawesi Selatan yang paling terkenal tentu saja adalah pantai Losari. Namun selain pantai indah satu ini juga terdapat banyak obyek wisata lain yang tak kalah memesona di Sulawesi Selatan.

Yuk, mari segera kita mulai berjelajah keindahan alam tanah Sulawesi Selatan yang segar ini. Beberapa tempat wisata di Sulawesi selatan yang bisa Anda tuju saat berada disana adalah:

1. Pantai Losari

Pantai Losari

Tempat wisata di Sulawesi Selatan yang bernama Pantai Losari adalah ikon wisata yang gemanya sudah diakui oleh para traveler Indonesia. Banyak orang berkata bahwa suasana sunset di pantai Losarai adalah salah satu pemandangan sunset terindah di Indonesia. Pantai nan halus dan ombak yang mengalun sedang selalu berhasil menarik datang para wisatawan untuk menyambangi Losari. Selain itu, jika Anda belum makan, Anda bisa mencicipi salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan yang dijajakan di tepi pantai yang bernama pisang epe. Jajanan berbahan dasar pisang ini memiliki rasa sedap nan khas yang selalu berhasil membuat kangen lidah para wisatawan.

2. Pulau Samalona

Pulau Samalona

Tidak jauh dari pantai Losari, kira-kira 2 kilometer saja Anda akan bertemu dengan salah satu obyek wisata yang tak kalah fantastisnya, Pulau Samalona. Bukan hanya deburan pantai yang menjadi daya tarik Samalona, namun pulau ini menyimpan surga terumbu karang yang terbentang di dasar pantainya. Ya, karena keindahan alam bawah lautnya ini, pulau Samalona pun sudah terkenal di dunia sebagai destinasi wisata bawah laut ternama yang sejajar dengan Gili Tarwangan di Lombok. Untuk bisa mencapai pulau Samalona Anda bisa menyewa perahu dari dermaga Losari.

3. Pegunungan Karst (Kapur)

Pegunungan Karst

Lokasi tempat wisata di Sulawesi Selatan, yang berjuluk pegunungan Karst (kapur) terletak di darerah rammang-rammang, Maros Pangkep, Makassar. Kawasan pegunungan kapur rammang-rammang di Sulawesi Selatan merupakan kawasan wisata alam kapur yang terbesar kedua di dunia. Bukan hanya bukit kapur nan indah, di lokasi bukit kapur juga ada beberapa goa wisata seperti Goa Bulu, Goa Telapak Tangan, dan juga sebuah danau alam bernama Danau Bidadari.

4. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu adalah obyek wisata Sulawesi Selatan yang merupakan bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Gowa. Di benteng Somba Opu Anda bisa berkeliling menyusuri sejarah Sulawesi Selatan masa lampau bersama dengan rumah suku adat Bugis, Mandar, dan Toraja yang akan menjadi pelengkap petualangan Anda ke masa lalu. Ada pula sebuah meriam tua seberat sepuluh ton yang dipamerkan dalam kawasan Benteng Somba Opu. Bagaimana? Apakah Anda tertarik berkunjung menyusuri wisata sejarah di Sulawesi selatan? Jika iya, maka selain Benteng Somba Opu Anda juga bisa berkunjung ke Benteng Ujung Pandang yang pernah menjadi tempat penahanan Pangeran Diponegoro.

5. Kawasan Malino

Kawasan Malino

Masuk kembali ke kawasan Malino akan membuka mata Anda akan indahnya alam Sulawesi Selatan. Disini Anda bisa berwisata menikmati sejuk udara kebun teh, dan juga menyusuri beberapa titik air terjun yang ada di Malino. Untuk bisa menikmati tempat wisata di Sulawesi selatan dalam kawasan Malino, seyogyanya Anda menyisihkan waktu 2 atau 3 hari menginap disana untuk mendapatkan pengalaman wisata yang tidak terlupakan. Ya, dengan udara sejuknya kawasan daerah Malino juga cocok buat Anda untuk dijadikan tempat liburan saat bulan madu.

Nah, itulah beberapa destinasi tempat wisata di Sulawesi Selatan yang menjadi rekomendasi Anda para traveler pecinta Indonesia. Siapa bilang air terjun bertingkat-tingkat hanya ada di Amerika Selatan saja? Indonesia menyimpan potensi wisata yang lebih menakjubkan, lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.