7 Tempat Wisata di Balikpapan yang Menarik Untuk Dikunjungi

0
4439

Balikpapan, salah satu kota di Kalimantan Timur yang terkenal kaya akan minyak buminya. Walaupun bukan merupakan ibu kota, tetapi Balikpapan dapat dibilang sebagai pusat kegiatan dan aktivitas-aktivitas warga Kalimantan Timur. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi jika berkunjung ke Balikpapan.

1. Pantai Kemala

pantai kemala, wisata di balikpapan

Pantai ini terletak di pusat kota Balikpapan, yaitu di Jalan Sudirman. Untuk berkunjung ke pantai ini tidaklah sulit dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Pantai Kemala diresmikan pada Agustus 2007 oleh Ketua Yayasan Bhayangkari. Pantai ini sebenarnya tidak terlalu besar, namun karena letaknya yang di pusat kota dan mudah terjangkau sehingga banyak wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota yang berkunjung ke tempat ini.

Di pinggir pantai yang berpasir putih ini, kalian dapat melihat pepohonan besar yang memberikan suasana teduh. Jika kalian merasa lapar, tidak usah khawatir. Di kawasan pantai Kemala terdapat beberapa resto yang tersusun rapi yang menyediakan berbagai macam menu makanan yang dapat mengisi perut kosong kalian setelah asyik bermain air. Pantai Kemala ini buka mulai pukul 10 pagi hingga jam 10 malam.

2. Bukit Bangkirai, Wisata di Balikpapan

bukit bangkirai

Tempat wisata ini merupakan hutan hujan tropis yang masih alami yang berada di Kabupaten Kutai Negara. Dikenal dengan nama Bukit Bangkirai karena memang di hutan ini banyak ditemukan pohon-pohon Bangkirai yang berumur ratusan tahun dengan tinggi mencapai 50 meter.

3. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark

Tidak hanya Jakarta yang memiliki wisata air. Balikpapan juga memiliki tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana air dan merupakan wisata air terbesar di wilayah Indonesia Timur. Caribbean Island Waterpark terletak di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II dan merupakan wisata favorit warga Balikpapan. Selain wisata air, Caribbean Island menawarkan kegiatan wisata lain yang dapat dilakukan oleh pengujung, yaitu flying fox. Harga Tiket Masuk wisata ini saat weekday ialah Rp 45.000 untuk umum dan Rp 25.000 untuk pelajar. Sedangkan untuk weekend, HTM Carribean Island ialah Rp 60.000.

4. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Tertitip

Nah jenis wisata yang 1 ini agak sedikit menantang, yaitu mengunjungi salah satu reptil yang merupakan kategori hewan buas. Ya, Buaya, penangkaran buaya di Balikpapan ini terletak di kelurahan Teritip dan memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Jumlah buaya yang ada di penangkaran ini yaitu sekitar 3000 ekor yang terdiri dari Buaya Supit, Buaya Muara, dan Buaya Air Tawar. Kandang buaya di tempat ini dibagi menjadi 4 jenis kategori, yaitu kategori anakan, remaja, penggemukan, dan induk. Untuk melihat buaya-buaya ini, kalian akan dikenakan biaya sebesr Rp 15.000 per orang. Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

5. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup

Beruang madu merupakan maskot binatang kota Balikpapan. Hewan ini merupakan hewan yang hampir punah dan termasuk hewan yang di lindungi. Dinamakan beruang madu karena konon hewan ini sering terlihat menghancurkan pohon yang terdapat sarang lebahnya dan meminum madu dari sarang-sarang tersebut. Kawasan wisata ini berada di Jalan Soekarno Hatta KM 23, Karang Joang.

beruang madu balikpapan

Kita bisa mencapai kawasan ini dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum antar kota. Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 sore. Namun disarankan untuk datang ke tempat ini sekitar jam 9 pagi atau jam 3 sore, karena petugas akan memberikan makan pada beruang-beruang dikawasan wisata tersebut.

 

6. Taman Bekapai

Taman Bekapai

Taman Bekapai merupakan kebanggaan warga Balikpapan sebagai kota penghasil minyak bumi terkaya di Indonesia. Taman Bekapai adalah taman kota yang di bangun atas kerjasama antara PT Pertamina (Persero) dengan Total Indonesie yang diresmikan oleh Walikota Balikpapan pada tanggal 28 Oktober 1998 atau tepat 90 tahun setelah peristiwa Sumpah Pemuda.

Taman Bekapai memiliki sebuah patung atau monumen perunggu yang dapat keluar air mancur dari dalamnya. Selain air mancur yang unik, ditaman wisata ini juga tersedia bangku-bangku untuk sekedar duduk sambil menikmati pepohonan rindang untuk berteduh.

7. Pasar Inpres Kebun Sayur

Pasar Inpres Kebun Sayur

Setelah asyik mengunjungi tempat wisata diatas, maka tidak afdol jika kita tidak mencari oleh-oleh khas daerah Balikpapan. Di Pasar Inpres Kebun Sayur ini kalian dapat menemukan cinderamata khas daerah ini seperti batu permata, manik-manik, dan kerajinan khas suku Dayak yang dijual di kawasan ini. Pasar Inpres Kebun Sayur terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati. Pasar ini buka pukul 8 pagi hingga jam 6 sore setiap harinya.

Itulah 7 tempat wisata di Balikpapan yang harus kalian ketahui. Masih banyak lagi tempat wisata di Balikpapan, tetapi menurut saya wisata diatas adalah yang paling diminati oleh para wisatawan. Jika kalian mempunyai referensi tempat yang lebih baik di Balikpapan silahkan berikan melalui komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.