Berwisata di Pantai Kuta Bali yang Legendaris

0
5958

Kuta, kota dewata yang konon menyajikan keindahan surga yang jatuh di bumi. Panorama kuta selalu berhasil menarik masuk ribuan bahkan jutaan wisatawan setiap tahunnya. Bukan sekedar wisatawan domestik, keindahan wisata di kuta justru sangat populer sebagai destinasi wisata skala dunia. Selain kultur atau budaya dan panorama yang menarik, salah satu ikon wisata lain yang menjadi kebanggaan kuta Bali adalah pantainya. Ya, Pantai Kuta merupakan salah satu pantai terindah di dunia, yang kerapkali mencetuskan decak kagum siapa saja yang menginjakkan kaki di sana.

Pantai Kuta merupakan pantai yang paling terkenal di Bali. Meskipun sejarahnya dahulu pantai ini adalah para perkampungan tenang yang kemudian menjadi tempat singgah para pedagang dari pelabuhan, kini pantai di Kuta sudah menjadi destinasi utama setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali. Terletak di sebelah selatan bagian pesisir Bali, pantai ini berada di bawah administrasi Pemda Kabupaten Badung, Bali. Jarak dari Bandara Ngurah Rai hanya berkisar 12 kilometer dan mudah diakses menggunakan taksi. Karena sudah menjadi destinasi wisata favorit, maka terdapat berbagai fasilitas penginapan yang lengkap di sana. Budget pun ditentukan oleh wisatawan sendiri, apakah ingin menginap di hostel khusus backpacker, atau sekalian menginap di hotel bintang lima yang berada di dekat bibir pantai.

Daya tarik utama pantai di Kuta tentu saja adalah garis pantainya sendiri. Pantai Kuta memiliki ombak bening yang beragam. Wisatawan bisa bermain air di ombak kecil pada garis-garis pantai, sementara jika tertarik untuk mencoba wahana permainan air bisa mencoba surfing di ombak tengah yang kadangkala terdapat momen-momen ombak yang bagus. Berbaring sambil menggunakan jasa pijat di bawah pasir putih pantai khas Kuta tentu saja tidak kalah menarik dari pilihan yang lain. Menikmati semilir angin, biru air laut, dan suara burung-burung laut, akan terasa sangat nikmat saat Anda sedang ingin menjernihkan pikiran dari berbagai tuntutan kesibukan.

Selain daya tarik pantai, terdapat pula bangunan-bangunan lain yang juga menjadi daya tarik di Kuta. Bila sedang tidak mood untuk berjalan-jalan di pantai, mungkin Anda bisa berjalan-jalan di tempat-tempat ini. Beberapa tempat menarik yang bisa Anda coba kunjungi diantaranya adalah monumen ground zero dan gedung penangkaran penyu.

Monument ground Zero merupakan sebuah museum yang dibangun untuk memperingati tragedy Bom Bali I pada tanggal 12 Oktober 2002 lalu. Monument yang juga disebut dengan monument Panca Buana ini diresmikan tepat dua tahun setelah tragedy bom Bali. Untuk bisa berkunjung dan menitipkan pesan doa di sana, Anda tinggal berjalan kaki tak jauh dari Pantai Kuta. Monument Ground Zero terletak di lahan Paddy’s Café, yang dulu menjadi lokasi peledakan bom Bali I.

Tak jauh dari Pantai Kuta monument Ground Zero, terdapat pula sebuah bangunan yang dari kejauhan seperti penyu raksasa. Ya, itulah yang dinamakan gudang penangkaran penyu. Di dalamnya terdapat gundukan-gundukan pasir yang berfungsi sebagai tempat menetaskan telur-telur penyu. Pelepasan telur-telur ini tidak ditentukan pada tanggal-tanggal khusus. Jadi ketika ada telur penyu yang menetas, maka ritual pelepasan bayi penyu akan dilakukan. Para wisatawan yang beruntung bisa ikut berpartisipasi melepaskan bayi-bayi penyu ini. Meskipun tidak dibatasi hari khusus, namun biasanya ritual pelepasan penyu dilakukan pada pukul 16.45, untuk menghindari burung-burung pemangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.