Dapur Rasa Kepulauan Nias Yang Istimewa Nan Nendang Di Perut

0
930

Kepulauan Nias memang tidak diragukan soal keeksotisannya. Kepulauan yang berada di Sumatera Utara ini memang sayang untuk dilewatkan. Selain akan bertemu dengan masyarakat suku Nias, yang memiliki budaya magelitik. Juga akan menimba surga yang ada disekitar kepulauan itu. Dijamin liburan kamu akan semakin berkesan. Terlebih berkunjung bersama orang tersayang.

Sembari menikmati surga di kepulauan nias lebih nikmat lagi dengan mencicipi akan kuliner khasnya. Seperti daerah-daerah lainya, Nias juga memiliki beragam kuliner yang pas di lidah kamu. Untuk itu, jangan khawatir bosan dengan satu menu saja. Karena lidah kamu akan begitu dimanjakan dengan keberanekagaman kulinernya. Sebagai bahan referensi artikel berikut akan membahas kuliner khas Kepalauian nias yang begitu ciamikk.

1Harinake

Kuliner khas Kepulauan nias pertama memang sedikit aneh soal nama. Namun, kanehan ini berbeda dengan ras yang disajikan. Dijamin akan membuat kamu ngiler deh. Kuline ini terbuat dari daging babi cincang yang diiris kecil-kecil dan tipis. Daging babi akan dimasak dengan berbagai bumbu yang begitu kstimewa, selain itu tangan masyarakat sekitar yang lihai dalam memasak akan membuat kuliner ini nendang di lidah. Tentu akan ketagihan sekali mencobanya. Bagi kamu yang tidak makan daging babi jangan khawatir ada kuliner lain yang tidak kalah enak dan nikmat. Uniknya Kamu akan menemukan kemiripan rasa dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

2Lehedalo Nifange

Kuliner ini terbuat dari talas yang diredang. Mungkin kamu penasaran akan citarasa yang dihasilkan dari kuliner ini. Jangan dibayangkan karena lidah akan terus terkagen-kangen. Kuliner ini bagi masyarakat sekitar dijadikan lauk yang tentu dihidangkan dengan nasi hangat. Selain itu, juga dapat disajikan dengan sagu. Tentu perpaduan inilah yang membuat kuliner jenis ini begitu mendapatkan hati di masyarakat kepulauan Nias. Citarasa yang disajikan memiliki kesamaan dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

3Kofo-kofo

Kofo-kofo ini merupakan salah satu jenis kuliner yang terbuat dari ikan. Dalam proses pemasakannya ikan dibuang kulitnya. Tujuannya untuk menghasilkan kualitas ikan yang begitu baik dan bagus. Setelah itu ikan dimasak dengan santan kepala dan di goreng. Langkah memasak yang dilakukan dua kali inilah yang membuat rasa spesial karena berbeda dari yang lainnya. Kuliner ini biasa masyarakat pakai untuk lauk makan siang. Terlebih menikmatinya dengan memandang keindahan kepulauan Nias. Akan membuat kamu semakin bahagai.

4Hambae Nititi

Ketika mendengar nama kuliner kepulauan nias ini kamu akan bergeleng-gelang kepala. Karena sulit untuk di lafatkan. Berbeda ketika kamu menikmatina tentu akan ingin terus memesan kembali. Kuliner janis ini terbuat dari daging kepiting yang dicampur dnegan santan kelapa. Daging kepiting yang memang lezat dan bergizi tinggi ketika di masak dengan rempah khas kepulauan Nias akan begitu spesial. Kuliner ini juga dimasak seperti abon. Tentu dengan ras yang gurih. Hidangan ini tidak dapat dijumpai setiap waktu karena hanya pada bulan Mei, Juni, dan Juli. Jadi ketika kamu berkunjung harus melihat bulan terlebih dahulu dari pada kekecewaan terjadi.

5Silio Guro

Kuliner khas kepulauan nias ini memiliki kemiripan dengan pepes bakar.  Hal ini dikarenakan disajikan dengan bungkus daun pisang dan dipanggang. Kuliner ini terbuat dari daging guling dan kelapa yang telah di bumbui. Daging udang yang dijadikan bahan inilah yang membedakan dengan pepes pada umumnya. Tentu udang inilah yang membuat kamu terkagum dengan rasa yang disajikan. Selain itu, memang bumbu khas yang membuatnya begitu nendang di lidah. Kamu juga akan menemukan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.