Goyang Lidah dengan Kuliner Bukittinggi Sumatera Barat, Soal Rasa Jawara

0
682

Sumatera Barat memiliki sebuah kota yang terbesar dan terkenal. Adapun kota itu bernama bukittinggi. Daerah perbukitan yang memiliki hawa sejuk paling mantab untuk dijadikan detinasi wisata. Karena suasana tentu akan semakin nikmat untuk berlama-lama bersama orang tersayang. Terlebih sambil menikmati akan panorama yang disuguhkan tentu akan membuat siapa saja tidak ingin pulang.

Kota Bukittinggi tidak saja terlekenal dengan hawa sejuknya. Tetapi juga dengan kuliner yang begitu terkenal. Kuliner yang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Karena menawarkan rasa yang berbeda dengan daerah lainnya. Adapun kuliner yang berkarakter Bukittinggi itu akan dibahas dalam artikel berikut sebagai referensi bagi kamu yang ingin berkunjung ke sana.

1Soto Padang

Bagi kamu yang begitu menyukai soto ketika berkunjung ke Bukittinggi tidak bersusah-susah. Karena ada kuliner khas Soto, yaitu soto Padang. Soto ini disajikan dengan perpuduan kuah, potongan daging, kentang, bihun, dan kerupuk yang tentu semakin nikmat untuk disantap. Selain itu kaldu kuah yang ada juga memiliki aroma khas rempah-rempah Sumatera Barat. Untuk itulah ketika berkinjung wajib untuk menikmati kuliner soto Padang. Kuliner wajib yang anda ketahui juga terkait memanjakan lidah dengan kuliner khas ambarawa yang ngegenin.

2Sate Daging atau Jerohan

Kuliner ini lebih terkenal dengan nama sate padang. Sate yang memiliki ciri khas yang membedakan dengan sate pada umumnya. Adapun ciri khas itu berupa aroma cengkeh yang begitu kental. Tentu dengan aroma ini akan semakin membuat kamu semakin bergairah untuk segara menikmatinya. Selain itu, juga ada potongan daging dari sate ini agak besar-besar. Berbeda dengan potongan dengan sate di daerah lain. Menariknya dalam kuliner ini daging yang digunakan bukan berupa daging pada umumnya. Karena bisa digantikan dengan jerohan. Jerohan inilah yang begitu spesial untuk dinikmati. rasa yang disajikan memiliki kemiripan dengan 5 kuliner  khas manado yang memikat lidah anda.

3Es Tebak

Kuliner khas Bukittinggi selanjutnya adalah es tebak. Jangan dibayangkan soal rasa yang disajikan dengan namanya. Meskipun berupa tebak atau tebak-tebakan (belum dikatahu). Namun, rasa dari es ini memang begitu segar dan menyejukkan. Hal ini karena terbuat dari agar-agar, tepung beras, tepung sagu, cincau hitam, kolang kaling yang di campur dengan susu dan es serut. Ketika lelahg menikmati indahnya kota Butiktinggi es ini begitu cocok untuk dinikmati.

4Teh Telur Pinang dan Sekoteng Pinang

Kuliner Bukittinggi ini begitu menjadi favorid bagi masyarakat sekitar. Karena masyarakat begitu percaya tidak saja sebagai kuliner yang lezat juga mengandung khasiat yang tinggi untuk tubuh. Bahan dasar dari kuliner ini adalah buah pinang yang dibuat minuman. Sedangkan untuk teh telur pinang adalah perpaduan antara telur ayam mentah, teh bubuk dan susu kental manis. Rasa unik akan kamu dapatkan dari minuman ini yaitu susu dan rasa pahit dari buah pinang. Dijamin rasa khas akan dapat dijumpai.

5Rendang

Untuk kuliner ini jangan ditayakan karena rasa yang dijawarkan akan menggoda lidah kamu. Bahkan kuliner ini menduduki 50 makanan terlezat yang ada di dunia. Sebagai masyarakat tentu sangat bangga karena hasil karya bangsa kita sendiri. Kuliner ini berbahan dasar dari gaging sapi dan rempah-rempah khas Sematera Barat. Santan dan cabai yang ada di dalam kuliner ini semakin membuat rendang semakin menggoyang lidah kamu. Selain itu, rasa yang disajikan memiliki kemiripan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.