Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam Ala Film Twilight di Jogja

0
3043

Hutan Pinus Mangunan merupakan sebuah tempat yang sangat indah dan populer di Yogyakarta. Hutan ini dapat Anda jadikan untuk obyek wisata tersendiri dengan nuansa alam yang sedikit berbeda dibanding tempat wisata yang sering Anda temui, seperti pantai, water boom, atau kebun binatang. Hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus Merkusi, sehingga udara di sekitar hutan tersebut masih sangat alami, bebas polusi dan sangat sejuk. Oleh para fotografer, obyek wisata ini sering dijadikan tempat untuk foto hunting, bahkan tempat wisata inipun sering dijadikan lokasi untuk acara pre-wedding. Karena keindahan dan keunikan dari area wisata ini, FTV Indonesia juga sering melakukan syuting di hutan ini. Dan jika anda perhatikan, Hutan Pinus Mangunan ini memiliki nuansa seperti hutan yang ada di film Twilight looh.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan masuk dalam area RPH atau Resort Pengelolaan Hutan. Untuk menuju ke kawasan hutan wisata ini satu-satunya lokasi yang harus ditempuh yaitu searah dengan letak peristirahatan terakhir para raja di Imogiri. Sehingga kebanyakan orang salah menyebutkan sebagai hutan pinus Imogiri. Padahal secara legal hutan pinus ini tidak masuk dalam wilayah kawasan Imogiri. Sebelum diubah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer, tadinya lokasi yang seluas kurang lebih 500 hektar ini masih berupa sebuah kawasan yang bertanah sangat tandus dan keras yang kemudian diadakan reboisasi dan penyuburan tanah hingga dapat ditanami pepohonan.

Selain menjadi pusat destinasi wisata alam, hutan ini juga berfungsi sebagai hutan lindung, terutama pada kawasan yang dipenuhi pohon pinus. Tetapi di hutan ini tidak hanya terdapat pohon pinus saja, jenis pohon seperti mahoni, akasia, kayu putih, dan kemiri juga terdapat di hutan yang luasnya 500 hektar ini. Keunikan lain dari hutan ini, yaitu adanya sumber mata air Bengkung. Oleh masyarakat sekitar, sumber mata air ini dipercaya sebagai tempat bersemedi Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma, Sultan ketiga dari Kesultanan Mataram, sehingga banyak menarik orang untuk datang berziarah ke mata air ini. Untuk mencapai lokasi sumber mata air ini Anda bisa menempuh dengan menggunakan sepeda motor melintasi jalan melingkar. Namun agak jauh atau dengan berjalan kaki dari parkiran menembus hutan yang padat pepohonan menelusuri lintasan outbond Watu Abang.

Hutan Pinus Mangunan jogja

Hutan pinus Mangunan lokasinya berdekatan dengan tempat wisata kebun atau taman buah Mangunan, yaitu terletak di kawasan desa Mangunan, Dlingo. Jika Anda memang berniat untuk pergi berwisata ke kawasan hutan ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Sebaiknya Anda perlu menyiapkan kendaraan pribadi, karena di seputar tempat tersebut belum ada kendaraan umum bertrayek menuju arah hutan pinus tersebut. Jika Anda seorang perokok harap lebih berhati-hati membuang puntung rokok. Pastikan puntung rokok sudah tidak ada bara apinya. Namanya juga hutan pasti sangat rawan dengan kebakaran hutan. Dan, pastikan bahwa Anda ikut serta menjaga kebersihan serta kelestarian lokasi wisata alam tersebut dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Hutan Pinus Mangunan di jogja
Hutan Pinus Mangunan (foto : amazingweeding.com)

Demikianlah ulasan mengenai Hutan Pinus Mangunan yang bisa kami informasikan kepada Anda yang sedang mencari referensi tempat wisata alam menarik. Semoga Informasi tersebut bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan referensi mengenai hutan pinus ini atau mengenai tempat wisata alternatif di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, sahabat ataupun bahkan kelompok arisan Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan, karena di kawasan wisata hutan sangat jarang ditemui rumah makan layaknya tempat wisata pada umumnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.