Indahnya Pantai Ngobaran, “Bali Van Java” di Jogja

0
2685
Pantai Ngobaran

Jogja memang selalu identik dengan pariwisata yang cantik dan mengagumkan. Jika Yogyakarta kota sudah banyak dipenuhi wisata berbentuk bangunan seperti keraton atau pusat perbelanjaan Malioboro maka lain halnya dengan Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung Kidul merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang sungguh terberkati walau memang daerah ini terkenal sebagai daerah yang jarang air sehingga banyak warganya yang bermigrasi. Tapi pariwisata Gunung Kidul sedikit menjadi pelipur lara di sana karena pariwisatanya sungguh memikat hati. Ada begitu banyak tujuan wisata disana seperti Pantai Indrayanti, Pantai Drati, Goa Pindul, Pantai Ngobaran dan masih banyak lagi. Dijamin Anda tidak akan pernah menyesal untuk berkunjung ke sana.

Pantai Ngobaran Gunungkidul jogja

Gunung Kidul memang daerah yang kecil namun akses menuju kesana sudah mudah. Meski jalanan berkelok-kelok, tapi jalan tersebut sudah rata dengan aspal sehingga berkendara kesana menggunakan sepeda motor pun tidak masalah. Wisata alam Gunung Kidul selalu menjadi magnet utama sehingga wisatawan selalu berburu keindahan di sana. Alam Gunung Kidul bak Anugrah luar biasa dari Tuhan. Setidaknya kemajuan wisata di sana dapat membantu masyarakat sekitar untuk menambah penghasilan sehingga roda perekonomian disana bisa berjalan. Salah satu wisata alam yang sedang gencar diburu dan sungguh indah adalah Pantai Ngobaran. Jika Bandung disebut sebagai “Paris Van Java” maka pantai ini adalah “Bali Van Java”. Anda akan disuguhi pemandangan mengesankan dan suasana romantic ala Bali.

Pantai Ngobaran Gunungkidul

Pantai-pantai di Gunung Kidul memang hampir menyerupai Bali soal keindahannya. Oleh sebab itu, Anda yang ingin merasakan sensasi pantai atau wisata alam Bali, cukup berkunjung ke Jogja, tidak perlu jauh-jauh ke Bali. Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Jalanan menuju ke sana sempit dan berkelok-kelok sehingga Anda harus berhati-hati dan Anda tidak perlu khawatir akan tersesat karena sudah ada papan petunjuk arah menuju lokasi. Berangkat dari jalan Jogja-Wonosari, ambil arah selatan di pertigaan gading tepatnya ke arah Playen. Selanjutnya ikuti arah hingga sampai di pertigaan Pasar Paliyan dan ambil arah kiri. Kemudian tidak jauh dari sana, ambil arah kanan dan ikuti papan penunjuk jalan ke pantai tersebut.

Pantai Ngobaran Gunungkidul jogja

Perlu Anda perhatikan jika berkunjung ke Pantai Ngobaran pada saat musim liburan, harus hati-hati karena pastinya padat dengan pengunjung sedangkan jalanan hanya cukup diisi oleh satu mobil sehingga Anda harus berhati-hati dalam berkendara. Perjalanan dari kota Yogyakarta memakan waktu 2 jam. Memang melelahkan namun semua rasa lelah Anda akan terbayar karena di sana Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang tak lazim dari kebanyakan pantai.

Pantai Ngobaran

Keunikan pantai ini adalah adanya bangunan pemujaan bak pura dan candi dengan patung bak di pantai-pantai Bali. Konon bangunan tersebut didirikan pada tahun 2003 oleh salah seorang keturunan Prabu Brawijaya V. Menurut cerita, tempat tersebut dahulu digunakan oleh Prabu Brawijaya untuk berpura-pura membakar diri supaya tidak berperang dengan Raden Patah, putranya sendiri. Namun banyak orang yang menyangsikan kebenaran cerita karena menurut ahli-ahli sejarah tidak ditemukan cukup bukti akan kebenaran cerita tersebut.

Pantai Ngobaran Gunungkidul jogja

Pantai ini memang diragukan keindahannya. Jika Anda datang pada pagi hari maka Anda akan melihat pemandangan langka, dimana warga setempat sedang memanen rumput laut untuk dijual demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun jika Anda berkunjung pada sore hari, Anda akan menjumpai warga sekitar sedang mencari landak laut untuk dimakan pada malam harinya. Demikianlah informasi mengenai keindahan Pantai Ngobaran dengan sejuta pesona yang dimilikinya. Selamat berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran Terbaru :

  • Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran : Rp. 3.000,-/orang
  • Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena masih jarang angkutan umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.