Jangan Menikmati Masakan Batak Nanti Kamu Rindu

0
735

Melancong ke Batak tidak saja menemukan logat masyarakat yang khas. Tetapi akan menemukan berbagai tempat bersejarah dan memiliki nilai historis yang tinggi. Salah satu  adalah pulau samoris dan danau toba yang memang begitu terkenal. Bukan saja karena nilai hisorisnya melainkan juga keindahan yang menyejukkan ketika di pandang.

Selain soal keindahan taman alam, Batak juga menyajikan kuline khas yang membuat kamu betah untuk berlama-lama. Berbagai olahan akan ditemukan di sepanjang jalan di Batak. Tidak saja banyak pilihan tetapi soal harga juga bersahabat dengan kantong Kamu. Sehingga, ketika liburan tidak membuat jebol di kantong. Adapun beberap daftar kuliner itu sebagai berikut.

1Daun Ubi Tumbuk

Kuliner khas Batak yang poluler dan paling enak pertama adalah daun ubi tumbuk. Dan ubi merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa dimasak sop oleh masyarat Jawa. Sering juga dimasak sayur bening yang segar ketika di nikmati saat musim kemarau. Bagi masyarakat Batak daun ubi ini dijadikan olahan yang  banyak dicari oleh masyarakat sekitar. Dalam proses memasaknya daun ubi ditumbuk terlebuh dahyulu dan dicampur dengan cabe, bawnag merah, bawang putih, serai, dan juga buah rimbang. Buah rimbang inilah yang menjadi ciri dari masakan ini. Semua bahan yang telah disuapkan di ebus dan dimasak dengan camupuran santan. Tentu soal rasa oke punya untuk Kamu pecinta kuliner. Dalam kuliner ini akan menemukan citarasa makanan tradisional kulon progo klasik tetapi tetap eksis.

2Daun Ubi Janting pisang

Kuliner Batak yang kedua ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Tidak kalah dengan masakan Batak yang lainnya. Meskipun hanya sederhana terbuat dari daun ubi jantung pisang. Namun soal rasa tidak kalah dengan masakan di hotel-hotel mewah. Kuliner ini hampir mirip denhan daun ubi jantung pisang. Namun dalam penyajiannya ditambah dengan potongan jantung pisang yang diiris kecil-kecil dan tambahan kelapa parut. Semua bahan ditumis kemudian dimasukkan secar bersamaan dengan daun ubi, jantung pisang, dan kelapa parut. Tambahan sedikit air dan garam akan menambah kenikmatan dari masakan ini. Selain itu, masakan ini memiliki kemiripan dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

3Naniura

Dilihat dari soal nama mungkin sedikir aneh. Jangan bayangkan aneh pula soal ras yang disajikan. Dijamin citrasa akan memuat level kebahagian semakin meningkat. Kalau pernah melihat atau mencoba sushi dari Jepang. Naniura merupakan sushinya masyarakat Batak. Menjadi pembeda adalah rasa sam yang merupakan hasil dari asam alami. Makanan ini tidak digoreng, direbus, atau dimasa. Biasanya ikan yang disajikan adalah ikan mas, ikan nila dan ikan mujair. Bumbu yang lengkap akan membuat kuline ini lengkap soal rasanya.

4Arsik Batak

Masakan Batak yang satu ini tidak sembarangan masakan. Sebab disajikan ketika acara ada tertentu saja. Masakan yang bercitarasa pedas dan hangat ini memang menggoyang lidah. Ikan yang digunakan juga terbilang istimewa, yaitu ikan mas, nila, dan juga mujair. Ikan ini merupakan hasil alam dari danau toba. Tentu terjamin akan kesegaran dari bahan baku masakan ini. Sehingga akan menjadikan makanan ini jauh lebih menyehatkan dan nikmat ketika dinikmati.

5Saksang

Kuliner khas Batak selanutnya yaitu saksang. Bagi masyarakat yang beragama muslim tentu akan menghindari masakan ini karena berbahan dasar daging babi dan juga daging anjing. Meskipun demikian masakan ini banyak diminati oleh kebanyak masyarakat sekitar. Bumbu yang digunakan memiiliki kemiripan dengan bumbu maskaan napinadar. Salah satu dari ciri masakan ini adalah menggunakan andaliman yang terkenal menjadikan semakin panas dan pedas ketika menyentuh lidah. Tentu menasik untuk Kamu cicipi, yang beragama selain Islam. Dalam masakan ini kamu menemukan 5 kuliner khas tegal yang paling menggiurkan dan bikin kamu ngiler.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.