Jenuh dengan Masakan Itu-itu Saja, Kuliner Banten Ini Menarik Kamu Coba

0
565

Jenuh dengan segara rutinitas setiap hari? Memang kejenuhan tidak dapat dihindari terlebih melakukan kegiatan yang terkesan itu-itu saja. Selalu berada ruangan yang sama, bertemu teman yang tidak jauh berbeda setiap hari. Untuk menghilangkan banyak cara dilakukan. Bermain game, pergi nonto bersama orang tersayang dan juga berlibur. Ketika liburan mungkin sudah biasa melihat pemandangan alam, pantai, dan juga pegunungan. Mungkin dapat mengantinya dengan berwisata kuliner. Liburan dengan berwisata kuliner ini tidak saja menghilangkan kejenuhan. Jauh lebih penting membuat perut terus terisi. Salahs satu wilayah yang wajib Kamu kunjung untuk beriwata kuliner adalah Banten. Keberagaman kulinernya akan menyambut ketika menjejakkan kaki. Soal rasa tidak kalah dengan daerah yang lainnya. Penaran dengan kuliner tersebut? Artikel berikut akan memberikan rekomendasi kuliner. Masakan ini mirip dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

1Sate Bandeng

Kuliner sate tentu sudah tidak asing lagi. Daging yang dibakar dengan campuran bumbu dan lumuran sambal kacang ini memang begitu terkenal di masyarakat kita. Namun, apa jadinya jika daging yang digunakan bukan daging ayam, kambing atau sapi. Melainkan daging bandeng. Tentu akan membuat Kamu penasaran. Daging bandeng yang terkenal agak lunak dan banyak duri ini dapat dijadikan sate. Dalam membuat sate ini bandeng yang  banyak duri dihilangkan terlebih dahulu. Sehingga, katika di makan tidak melukai lidah. Langkah selanjutnya bandeng di masak dengan berbagai bumbu yang membuat bandeng menggugah selera  makan. Uniknya meskipun bernama sate tetapi masakan ini tidak ditusuk. Melainkan dibiatkan begitu saja. Namun, tetap memiliki rasa seperti sate pada umumnya. Kamu dalam kuliner ini akan menemukan makanan tradisional kulon progo klasik tetapi tetap eksis.

2Rabeg Banten

Kuliner khas Banten ini berbahan dasar daging dan jerohan kambing. Salah satu yang menjadikan penanda utama dari masakan ini adalah pedasnya yang nendang baget. Selain itu, daging kambing yang empuk, yang telah melalui berbagai olahan terlebih dahulu menjadikan nilai plus. Kuahnya yang kental dan terasa gurih walau ada pedasnya membuat siapa saja yang mencicipinya akan terbawa sampai mimpi. Ketik Kamu sedang main ke Banten wajib untuk mencicipi masakan ini.

3Nasi Sumsum

Kuline ini mengingatkan akan bubur sumsum. Namun, jangan dibayangkan seperti bubur sumsum. Seba nasi ini adalah perpaduan antara sumsum tulang kerbau atau sapi yang dimasak denan bungkus pisang dan dibakar. Nah Kamu pasti diawal menganggap sama dengan bubur sumsum. Awal mula terwujudnya kuliner ini terjadi pada tahun 1941. Saat seorang tukang potong hewan yang bekerja di Serang banten melihat banyak sisa tulang. Karena tekut mubazir tulang itu dibawang pulang. Tulang potong itu kemudian menjual tulang tersebut dengan dipotong agak kecil dan diambil sumsumnya. Istinya megambil bagian sumsum dan dimasaknya. Karena rasa yang enak banyak orang yang ingin mencicipinya dan membuat masakan itu. Hingga akhirnya sekarang menjadi begitu terkenal.

4Soto Banten

Mendengar nama soto pasti yang terbayang adalah soto Lamongan. Tahukan Kamu bahwa di Banten juga ada soto yang begitu populer. Soto itu menggunakan kentang potong yang telah digoreng dengan pelengkap tomat dan dimasak kuah kaldu. Selain itu, dalam masakan ini juga ada jerohan daging sapi. Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan suwiran ayam. Kekhasan inilah yang membuatnya disukai masyarakat sekitar.

5Emping Menes

Emping in merupakan sejenis kerupuk yang berasal dari Menes sebuah kecamatan di pandegelang. Sentral penhasilan emping terbesar. Bahan dasar dalam pembuatan berupa melinjo. Melinjo yang telah dikupas kulinernya lalu di pukul hingga berbentuk gepang. Setalah itu digoreng dan mengahasilkan emping. Emping Menes ini sangat enak dibat cemilan dan pelengkap dalam makanan. Dijamin membuat makan semakin lahap. Uniknya masakan ini memiliki kesamaan dengan makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.