Kawah Putih Ciwidey, Pesona Wisata Alam di Bandung

0
2860

Jika kamu ingin mencari tujuan wisata yang unik dan indah di Bandung, maka kamu bisa mampir ke Kawah Putih Ciwidey. Sebagai kawasan wisata yang paling terkenal di kota kembang, objek wisata alam ini tentu sudah banyak menarik kunjungan baik dari turis manca negara maupun lokal. Pesona keindahan yang ia tawarkan memang tak bisa ditandingi dengan paket liburan ke tempat lain.

kawah putih ciwidey

Warna putih yang menjadi ciri khas lokasi ini merupakan hasil dari pencampuran zat-zat belerang. Uniknya lagi, warna putih ini dapat berubah warna sesuai dengan keadaan suhu, cuaca, dan unsur belerang yang terkandung loh, menarik bukan?

Sesuai dengan namanya, Kawah Putih Ciwidey berada di jalan raya Sorean Ciwidey, tepatnya di km 25. Kalau kamu menggunakan jasa kendaraan umum, semisal bus, maka tempat pertama yang mesti kamu tuju ialah terminal Leuwi Panjang, Bandung. Nah, dari terminal tersebut, kamu kemudian menuju ke terminal Ciwidey naik kendaraan mini bus L300 jurusan Bandung-Ciwidey. Setelah sampai di terminal kedua ini, kamu perlu naik angkot lagi jurusan Ciwidey-Situ Patenggang yang memiliki ciri warna kuning mencolok.

kawah putih ciwidey

Namun, kalau kamu belum merasa yakin, maka kamu bisa bertanya kepada petugas terminal atau supir-supir yang sedang menunggu penumpang. Kalau sudah menemukan angkot tersebut, maka mintalah agar diturunkan di Gerbang Kawah Putih. Dari sini, kamu tidak perlu repot mencari kendaraan umum lagi karena pengelola Kawah Putih telah menyediakan mobil angkutan.

kawah putih ciwidey

Membahas sedikit mengenai sejarah ditemukannya Kawah Putih Ciwidey, pesona alam ini justru pertama kali ditemukan oleh warga negara asing berkebangsaan Jerman bernama dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Ia mulanya tertarik dengan keadaan di sana yang sangat sunyi. Bahkan, saking sunyinya, sampai tidak pernah terlihat adanya burung yang melintas di atas kawasan kawah ini.

Pada mulanya, ia sempat menanyakan hal ini kepada penduduk setempat. Namun, sebagai orang yang terpelajar, ia tidak percaya dengan kepercayaan masyarakat setempat yang berkata bahwa kawasan tersebut angker. Semakin penasaran, akhirnya ia pun memberanikan diri untuk naik ke puncak dan akhirnya menemukan keindahan alam yang terpendam ini.

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey via www.initempatwisata.com

Kawah Putih Ciwidey berada di ketinggian 2.400 mdpl. Dengan ketinggian lokasi seperti itu, maka kamu mesti mengenakan baju dan jaket tebal karena suhu udara di sana pun terbilang sangat dingin dari kisaran 8-22 derajat celcius. Walau demikian, bukan berarti kamu akan terbebas dari sengatan matahari yang menyengat. Sebab itu, saran dari mereka yang sudah mengunjungi lokasi, gunakanlah sunblock agar kulit kamu tidak terbakar. Perlu diperhatikan juga, bau belerang yang sangat menyengat hidung, juga dapat menyiksa hidung kamu. Maka dari itu, gunakanlah masker untuk melindungi indera penciuman kamu. Karena alasan ini juga, kamu tidak boleh terlalu lama berada di lokasi kawah karena bisa mengakibatkan gangguan pernafasan.

prewedding di kawah putih ciwidey

Perlu kalian ketahui juga, tempat wisata di Bandung satu ini juga kerap kali dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk foto prewedding loh bagi beberapa pasangan. Panorama yang indah di Kawah Putih Ciwidey ini memang menarik bagi calon pengantin untuk melakukan foto prewed di sini.

foto prewedding di kawah putih

Dari informasi yang penulis dapatkan, harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey dibanderol dengan harga yang sama baik di hari libur maupun hari biasa, yakni Rp. 15.000,00 per kepala. Sementara untuk tarif parkir kendaraan motor dan mobil ialah Rp. 5.000,00 dan Rp. 6.000,00, sementara untuk bus ditarif Rp. 25.000,00. Namun, kalau kamu tidak ingin berjalan jauh dari kendaraan, maka kamu bisa memarkir kendaraan kamu di atas dengan tarif Rp. 35.000,00 dan Rp. 150,000,00 untuk motor dan mobil. Harga yang cukup murah pastinya, bagi kamu yang ingin menikmati keagungan Tuhan dan mengabadikannya lewat kebersamaan dan jepretan foto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.