Keindahan Wisata Pantai Parangtritis yang Tak Pernah Pudar

0
3679
pantai parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan sebuah tempat pariwisata yang berupa pantai di pesisir Samudra Hindia dan  letaknya sekitar 25 km dari sebelah selatan di kota Yogyakarta. Parangtritis merupakan sebuah obyek wisata pantai yang sangat terkenal di wilayah Jogja karena mempunyai pemandangan yang masih khas. Pantai ini mempunyai keunikan dari segi pemandangan ombaknya yang relatif lebih besar dari pada pantai lainnya di wilayah Yogyakarta. Selain itu, terdapat gunung pasir yang berada disekitar pantai membuat suasana pantai semakin terasa. Parangtritis mempunyai pantai yang sifatnya landai, mempunyai bukit berbatu, pasir putih sehingga sangat nyaman dan indah jika menikmati pemandangan di pantai ini.

pantai parangtritis jogja

Parangtritis merupakan sebuah obyek wisata pantai yang sudah sangat terkenal di wilayah Jogja sehingga para wisatawan tidak perlu takut tidak bisa menjangkau Parangtritis karena letaknya pun sangat strategis dan mudah dicari. Di wilayah Jogja, pantai yang terkenal tidak hanya pantai Parangtritis saja namun ada juga Pantai Samas, Baron, Krakal, Gelagah, Baron dan lainnya. Namun karena letaknya strategis, Pantai Parangtritis sering dikunjungi oleh para wisatawan. Obyek wisata pantai ini sudah dikelola oleh Pemkab Bantul dengan sangat baik, mulai dari hal mendasar seperti fasilitas penginapan yang sangat mudah ditemukan. Selain itu pasar yang menjajakan souvenir khas dari Parangtritis pun tidak sulit untuk ditemukan ketika para wisatawan mengunjungi pantai ini.

pantai parangtritis jogja

Bagi Anda wisatawan yang mengunjungi Parangtritis, Anda bisa berkeliling pantai dengan menggunakan kuda atau bendi yang disewakan oleh penduduk sekitar. Selain itu, Anda bisa menikmati motor-motor yang disewakan untuk berkeliling mengelilingi pesisir pantai. Suasana untuk mengunjungi pantai ini akan terasa nikmat dan indah ketika pagi hari maupun sore hari karena jika siang hari akan terasa panas jika menginjak pasir tanpa menggunakan alas. Ketika menjelang sore, wisatawan dapat menikmati sunset dan ketika menjelang malam, cobalah mencicipi makanan di kedai-kedai bambu, misalnya menikmati hangat wedang jahe, jagung bakar dan sebagainya. Itulah beberapa hal menarik dari wisata Pantai Parangtritis yang tidak boleh Anda lewatkan.

Parangtritis selain dikenal sebagai tempat wisata juga dikenal dengan tempat keramat. Hal ini karena Pantai Parangtritis merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk melakukan sebuah upacara labuhan dari keraton Yogyakarta. Selain itu, banyak kepercayaan masyarakat yang mempercayai adanya legenda Nyi Roro Kidul sehingga menjadikan pesona tersendiri jika mengunjungi obyek wisata ini pada malam hari. Disana hampir pada setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, banyak pengunjung dan nelayan melakukan sebuah upacara ritual di pantai ini. Biasanya acara ritual ini diwarnai dengan larungan sesajen dan beberapa kembang warna warni ke laut. Apalagi puncak dari ritual ini yaitu pada malam 1 Suro, di mana para nelayan memohon doa kepada Allah untuk diberi keselamatan dan kemurahan rezeki.

parangtritis jogja

Parangtritis dikenal sebagai salah satu lambang yaitu lambang kekuatan Trimurti di daerah Yogyakarta bersama dengan gunung merapi dan keraton kesultanan di Yogyakarta. Di pantai Parangtritis memiliki elemen air, sedangkan gunung merapi mempunyai elemen api dan untuk keraton kesultanan Yogyakarta mempunyai peran sebagai penyeimbang keduanya yakni air dan api. Jika ditelusuri lebih jauh lagi, banyak sekali hal-hal menarik dari Pantai Parangtritis, Gunung Merapi dan kesultanan Yogyakarta. Itulah mengapa obyek wisata di kota Yogyakarta selalu menarik dan tidak pernah sepi pengunjung meski bukan hari libur sekalipun. Maka dari itu bagi Anda yang sedang mengunjungi wilayah Jogja jangan lupa untuk mengunjungi obyek wisata tersebut.

Nah, demikian penjelasan mengenai obyek wisata Pantai Parangtritis yang menarik dan indah. Jika Anda mengunjungi pantai ini jangan lewatkan untuk mencoba sarana dan prasarana yang menarik, makanan yang khas dan souvenir untuk keluarga.

Berikut Daftar Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Parangtritis Terbaru

  • Tiket Masuk Pantai Parangtritis : Rp. 3000,-/Orang.
  • Tiket Masuk Mobil dan Motor  : Rp. 5.000,-/mobil dan Rp. 1.000,-/motor.
  • Tarif Sewa Motor ATV Rp. 50.000 per 15 menit.
  • Tarif Sewa Delman atau kereta kuda : Rp. 20.000/putaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.