Kesini Gak Bakal Nyesel, Pulau Arborek Surga Dunia di Raja Ampat

0
244
Source : whitehorse.co.id

Pulau Arborek merupakan salah satu tempat yang sangat sayang untuk Anda lewatkan ketika Anda berlibur ke Raja Ampat. Pulau eksotik ini menyimpan banyak pesona alam yang luar biasa indah. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa pulau ini merupakan surga dunia yang dititipkan di Raja Ampat. Pulau ini memiliki pantai yang landai dihiasi hamparan pasir putih nan bersih, bebas dari gunungan sampah. Sungguh berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia yang seringkali keindahannya tertutupi gunungan sampah di sana-sini. Bukan hanya pantainya saja yang indah, tetapi pesona bawah lautnya juga sangat menakjubkan.

Pulau Arborek masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat. Pulau ini hanya seluas 6 hektar. Pulau tersebut hanya berpenduduk sekitar 40 KK. Desa di pulau ini hanya satu, dan diberi nama yang sama dengan nama pulaunya. Arborek merupakan desa pelopor di Papua Barat, di mana desa ini telah berperan aktif alam pengembangan konservasi kekayaan alam laut yang berbasis masyarakat. Desa ini merupakan desa wisata yang cukup terkenal, bukan hanya di kalangan wisatawan domestik, tapi juga di masyarakat internasional. Selain itu, desa ini memang sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang datang ke Raja Ampat.

Source : indonesiakaya.com

Desa wisata Arborek terkenal dengan keunikannya, salah satunya adalah daratan desa ini tertutupi dengan pasir putih halus. Berjalan kaki tanpa alas kaki tentu sangat menyenangkan. Jangan khawatir karena desa ini terkenal sangat disiplin dalam menjaga kebersihan wilayahnya. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan pemandangan memikat dari tata letak rumah yang sangat teratur. Rumah penduduk yang berselang-seling dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Keteraturan nampak sekali dalam penataan wilayah desa di Pulau Arborek ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pulau Arborek. Diantaranya adalah snorkeling dan diving. Anda langsung bisa melihat keanekaragaman biota laut yang ada di pulau ini hanya dengan snorkeling di sekitar pantai. Namun Anda perlu hati-hati, karena di beberapa bagian pantai cukup dalam, yaitu sekitar 5-15. Meskipun begitu, jarak pandangnya masih cukup baik karena airnya sangat jernih. Jika Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di bawah jetty. Di sana, terdapat banyak biota laut, seperti berbagai jenis karang, ikan duyung, ikan pari, hiu karang, dan beragam ikan hias berwarna warni.

Selain snorkeling dan diving, Anda juga bisa memancing ikan yang banyak terdapat di pantai di sepanjang Pulau Arborek. Namun ada kebijakan tak tertulis dari masyarakat setempat, yaitu boleh memancing dengan minimal jarak 200 m dari pinggir pantai. Jadi, Anda perlu menyewa boat jika Anda ingin memancing. Selain itu, Anda bisa melakukan kegiatan Bameti. Bameti yaitu kegiatan menyisir pantai pada saat airnya surut sembari mencari binatang-binatang laut yang memungkinkan untuk dimakan. Kegiatan ini biasanya dilakukan ibu-ibu di waktu senggang mereka. Namun bukan berarti laki-laki tak boleh melakukannya, karena banyak juga bapak-bapak yang melakukan bameti di sela-sela waktu istirahat mereka.

Jika Anda sudah puas menikmati keindahan pantai dan laut di Pulau Arborek, Anda bisa kembali ke desa dan melihat para pengrajin membuat kerajinan khas Desa Arborek. Pengunjung bisa melihat ibu-ibu Arborek membuat kerajinan anyaman kayafyof, topi bergelombang yang sangat mirip dengan Topi Sombrero khas Meksiko dan juga kerajinan tas tali (Noken). Tak seperti wanita-wanita lainnya di kampung nelayan, ibu-ibu di desa ini hampir semuanya membuat kerajinan sebagai mata pencaharian mereka. Hasil kerajinan ini sebagian besar dibeli oleh para pengunjung, baik turis lokal maupun turis asing sebagai souvenir khas Arborek. Demikianlah ulasan mengenai wisata alam di Pulau Arborek. Semoga bermanfaat.

Description: Pulau Arborek adalah salah satu pulau di Raja Ampat yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Pulau ini memiliki pantai landai berpasir putih dan biota laut beraneka ragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.