Ketan Kratok hingga Soto Kraksaan, 5 Kuliner Probolinggo ini Menanti untuk Dicoba

0
1086

Probolinggo tentu semua orang pernah mendengar nama salah satu kota di JawaTimur ini. Sebuah kota yang memiliki tempat wisata terbaik di Indonesia, yaitu gunung Bromo. Gunung yang banyak menyedot berjuta wisatawan setiap tahunnya dan menjadi destinasi menjanjikan bagi masyarakat sekitar. Karena dijadikan lahan untuk berjualan dan menyediakan berbagai jasa bisnis lainnya.

Tidak saja itu, Probolinggo juga terkenal akan buah-buahan, sehingga tidak mengherankan ketika disebut sebagai bayuangga. Buah mangga dan anggur merupakan komediti yang banyak ditemukan ketika berkunjung ke Probolinggo. Tentu buah inilah yang akan menyegarkan tenggorokan Kamu. Kalau berbicara Probolinggo kurang abdol kalau tidak membahas akan kuliner khasnya. Karena di akan semakin membuat liburan Kamu ke Bromo semakin berkesan. Tentu penasaran akan kuliner itu, mari simak artikel berikut.

1Soto Kraksaan

Kuliner khas Probolinggu pertama adalah soto kraksaan. Soto ini merupakan sajian khas yang banyak dicari oleh masyarakat sekitar. Meskipun nama soto sudah familier di seluruh masyarakat, namun tetap menjadi primadona. Ini tidak terlepas dari bahan-bahan yang digunakan berbeda. Perbedaan yang paling mencolok berupa daging, yang menggunakan ayam jantan. Daging ini dibumbuhi dengan santan lengkap dengan serbuk kepala yang disangrai. Sebagai pelengkap dalam penyajian ada irisan kentang kukus dan krupuk udang. Soal rasa jangan ditanya lagi pasti nikmat dan berbeda dengan daerah lain. Jika Kamu ingin membelinya, soto ini salah satu pusatnya berada di utara Masjid Agung Ar-Raudllah. Kamu juga dapat menemukan kemiripan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

2Nasi Glepungan

Kuliner khas Probolinggo kedua ini mungkin baru pertama kali ini mendengar. Sebenarnya masakan ini berbahan dasar nasi yang terbuat dari jagung atau kalau di daerah lain disebut sebagai nasi jagung. Dalam penyajiannya kuliner ini menggunakan lauk yang masih tradisional. Adapun lauk itu berupa ikan asin, tempe, tahu goreng, tahu penyet, sambal pedas. Semua lauk itu dijadikan satu dalam wadah atau piring. Memang terlihat agak banyak tetapi pasti Kamu akan habis karena soal rasa tiada dua. Untuk itulah ketika Kamu ke Probolinggi wajib mencicipi kuliner khas ini. Soal rasa juga selaras dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

3Kepiting Olok

Jenis makanan ini berbahan dasar kepiting seperti yang tertera di namanya. Tetapi jangan di samakan dengan kuliner daerah lain, karena kepiting yang digunakan masih muda dan segar. Kesegaran inilah yang akan membuat masakan semakin membuai Kamu. Dalam memasaknya olah ini dicampur dengan udang khas. Udang inilah yang dimasukkan ke dalam cangkang kepiting. Setelah itu kepiting ini akan dimasak dengan takaran bumbu dan proses yang pas. Sehingga, akan menghasilkan kenikmatan yang luar biasa. Tentu Kamu penasaran, cepat datang ke Probolinggo dan menikmatinya.

4Ketan Kratok 

Kuline kratok ini sejenis kacang koro. Ketarok ini biasanya di masak dengan sayuran lodeh dan dicampur dengan beras ketan. Dalam menyajikan, masakan ini ditaburi dengan parutan kelapa dan cairan gula merah. Parutan kepala yang gurih dan manisnya gula merah akan lebih terasa ketika disantab dengan ketan. Kuliner ini selain memiliki rasa yang gurih, manis, juga ada rasa asin sedikit. Beranekaragam rasa ini akan membuat siapa saja yang menikmati ingin segara mengahabiskan dan nambah lagi.

5Sirup Pokak jahe

Jahe bagi masyarakat kita tidak asing soal khasiatnya. Sebagai penghangat tubuh, obat masuk angin, dan menambah kekebalan tubuh. Tidak saja itu, jahe juga berfungsi sebagai penyedap makanan. Bagi ibuk-ibuk pasti sudah memahami betul. Begitu berguna jahe, di Probolinggo ada sirup pokak Jahe. Sirup yang berbahan dasar jahe merah yang menambah setamina Kamu ketika berkunjung ke Bromo. Selain itu, ada campuran bahan cengkek, kayu manis, pandan, dan jeruk purut. Perpadauan yang akan menambah setabima badan semakin meningkat. Untuk Kamu wajib mencobanya. Dalam olahan ini kamu akan menemukan kesamaan dengan 5 kuliner khas tegal yang paling menggiurkan dan bikin kamu ngiler.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.