Kuliner Khas Rembang yang Bikin Anda Ketagihan

0
1154

Siapa yang tidak mengenal Rembang. Sebuah kota yang berada di pesisir pantai utara dan di provinsi Jawa Tengah ini menarik untuk dikunjungi. Menarik ini terjadi karena beberapa fakto. Faktor pertama tentu karena destinasi wisata yang memang memanjakan mata. Selain wisata alam, terdapat pula kuliner khas yang membuat pengunjung akan jatuh hati. Memang karena bumbu yang dipadukan khas dengan tangan yang membuat sudah ahli. Karena hal itulah tidak mengherankan terasa lezat dan nikmati. Untuk itu, artikel berikut akan mengupas kuline khas Rembang yang memanjakan lidah.

1Lontong Tuyuhan

Kuliner khas Rembang yang pertama adalah lontong tuyuhan. Lontong ini berbeda dengan lontong pada umumnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah lontong ini dibungkus berbentuk segitiga. Dalam model membungkus ini tidak asal-asalan karena ada sejarah panjang yang mengikutinya. Bentuk segitiga ini ada kaitan dengan cinta Tuhan, cinta alam, dan cinta sesama. Lontong ini disajikan dengan kuah yang pas, tidak kental ataupun hambar. Dading ayam yang digunakan juga akan membuat lontong ayam ini spesial. Terlebih dinikmati dalam keadaan hangat tentu akan menghangatkan hati dan perasaan yang sedang gundah. Untuk itu, penting bagi kamu yang berkunjung ke Remban menikmati kuliner khas Rembang ini.

2Sate Serepeh

Kuliner khas Rembang berikutnya adalah sate serepah. Kalau berbicara soal sate tentu mengarah ke pulau Madura. Karena memang di sana terdapat pusat sate yang sangat terkenal. Namun, di Rembang juga ada sate yang khas pula. Sate ini memang menggunakan daging baik ayam maupun kambing. Menjadi pembeda dari sate ini berupa sajian yang menggunakan sambal dan kuah santan. Rasa gurih yang dihasilkan dari santan akan nikmat dipadukan dengan daging sate yang lezat. Terlebih dinikmati sembari melihat akan keindahan wisata Remabang akan semakin istimewa.

3Kelo Mrico

Kuliner khas Rembang berikutnya adalah kelo mrico. Mungkin bagi kamu baru mendengar akan kuliner ini. Meskipun demikian ketika berkunjung ke Rembang wajib untuk menikmatinya. Rasa yang dihasilkan begitu menggoda lidah. Sesungguhnya kuliner ini terbuat dari sayuran yang berkuah dengan mrica. Selain itu, juga terdapat campuran ikan laut. Tentu dengan campuran ikan laut inilah yang membuat kuliner ini super enak. Tidak saja itu kuliner Kelo Mrico juga begitu pedas.  Bagi kamu yang menyukai pedas akan menjadi lahap untuk menyantapnya.

4Lontong Sambal

Kuliner khas Rembang berikutnya adalah lontong Sambel. Sambal ini begitu nantap dilidah. Karena memang rasa yang begitu sedap dan enak. Sambal kacang yang dipadukan dengan lontong begitu istimewa. Terlebih sambal kacang baru diuleg manual. Serasa masakan tradisional yang sesungguhnya. Selain itu, ketika membeli ada tahu yang baru dipenyetkan yang masih benar-benar panas atau masih baru keluar dari penggorengan. Rasa yang dihasikan akan begitu nendang dan membuat kamu lupa diri.

5Soto Rembang

Kuliner soto bukan sesuatu yang baru. Hampir setiap kota selalu menjumpai kuliner soto ini. Namun, soto yang ada di Rembang berbeda dengan soto pada umumnya. Karena terdapat campuran santan yang membuat kuah soto semakin gurih. Selain itu, soto juga ditaburi denhan suwiran daging ayam dan sapur. Tidak ketinggalan ditavuri dengan kecambah dan bawang goreng. Perpaduan inilah yang akan membuat selera makan kamu menjadi lebih bergairah. Untuk itu, tidak berkesan ketika berkunjung ke Rembang tanpa menikmati akan soto Rembang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.