Kuliner Legendaris di Jawa yang Membuai Lidah

0
659

Kuliner memang tidak terpungkiri ada sejak zaman dahulu. Bahkan jauh sebelum kita hadir ke dunia kuliner sudah ada terlebih dahulu. Kuliner memang sebuah kreasi dari masyarakat yang memadukan berbagai keahlian dan rempah-rempah yang ditemukan di sekitarnya. Perpaduan itulah yang kemudian menghasilkan kulier yang sangat menggumkan soal rasa.

Salah satu kuliner yang terbaik di nusantara terdapat di pulau Jawa. Kuliner di pulau Jawa di percaya oleh masyarakat sejak ada 1.000 tahun yang lalu. Hal itu berarti makanan dan minuman telah ada sejak zaman Gajah Mada yang masih menjabat sebagai Mahapatih Amangkybumi di Majapahit. Kuliner yang tentu melegenda dan historis. Pasti kamu penasaran akan kuliner legendari itu. Untuk itu simak artikel berikut untuk menjadikan wawasan seluas padang pasir. hehe

1Urap

Kuliner ini memang sejak dahulu ada. Tidak saja karena berbahan dasar dari sayuran-sayuran. Tentu sayuran yang mengandung nilai gizi yang baik untuk tubuh. Adapaun urap ini berbahan dasar sayuran dan parut kelapa yang di campur dengan berbagai bumbu. Sebelum di taburi parutan kelapa itu. Sayuran di rebus terlebih dahulu sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu, kuliner ini dipercaya telah ada sejak 929 Masehi kerajaan Medang. Selain itu, rasa yang ditawarkan memiliki kemiripanĀ 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Dendeng

Kuliner legendaris ini berbahan dasar daging yang dikeringkan. Setelah itu dibumbuhi secara merata sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kuliner ini sangat cocok dipadukan dengan nasi putih dan disantap dalam keadaan hangat. Dijamin rasa yang khas dan sembari membayangkan akan kuliner yang bersejarah ini. Kuliner ini dipercaya sejak tahun 901 Kerajaan Medang. Sajian ini memiliki kemiripan denganĀ mencicipi surga lidah kuliner bumi reog ponorogo.

3Lalapan

Lapapan sangat akrab bagi masyarakat Jawa karena tidak saja menjadi pelengkap dalam makan. Tetapi juga sebagai salah satu jenis makanan yang harus ada. Lalapan yang terbuat dari sayuran mentah ini memang begitu nikmat. Karena akan memacu mental kamu karena rasa yang dihasilkan tentunya berbeda. Namun, sayuran yang digunakan bukan sembarang harus steril dari bakteri dan virus.

4Dodol

Siapa yang tidak mengenal kuliner ini. Rasa yang manis, kenyal, lengket, dan berwarna coklat gelap ini memang begitu spesial. Karena berbahan dasar seperti kue pada umumnya, namun dalam proses pembuatannya berbeda. Dodol ini telah ada sejak lama karena telah disebutkan dalam kitab Ramayana versi Jawa. Kitab ini diperkirakan berasal dari zaman akhir kerajaan Medang. Ketika menikmati kuliner ini kamu seakan berjalan-jalan ke zaman terdahulu.

5Tape Ketan

Kuliner berbahan dasar beras ketan hitam ini memang begitu spesial. Karena memiliki citarasa yang manis dan asam. Kuliner ini keras di jadikan campuran minuman yang semakin menambah nikmat. Kuliner inidipercaya sejak ada di abad X Masehi. Karena ada dalam kitab Ramayana versi saduran Jawa yang berasal dari pertengahan abad IX. Dijamin rasa yang disuguhkan akan membuat kamu ketagihan.

6Pecel

Pecel memang menjadi salah satu makanan favorid masyarakat kita. Hampir di setiap kota ada pedangan yang menjualnya dan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Makanan ini berbahan dasar racikan dari sejumlah sayuran yang diguyur dengan sambal kacang. Sayura yang disajikan direbus terlebih dahulu untuk menjaga kehigenisan. Sayuran yang digunakan biasanya adalah bayam, sawi, kangkung, kubis, turi, hingga irisan wortel. Dengan nasi hangat kuliner pecel ini begitu nikmat dan nendang di lidah kamu. Penting untuk kamu ketahui kuliner ini tertulis dalam kitab Ramayana Versi Jawa. Tentu pecel ini begitu melengenda di masyarakat kita. Rasa yang disajikan memiliki kemiripan denganĀ memanjakan lidah dengan kuliner khas ambarawa yang ngegenin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.