Kuliner Teristimewa Khas Bali yang Memanjakan Lidah Anda

0
736

Bali sebuah provinsi yang dengan ibu kota Denpasar ini memang tidak habis untuk dibicara. Sebagai salah satu tujuan favorid wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bali memang menyuguhkan sesuatu yang spesial bagi siapa saja yang singgah. Keindahan alam ciptaan Tuhan, budaya yang tetap dipegang teguh, dan keramahan masyarakat memberikan nilai lebih Bali itu sendiri. Tidak mengherankan karena ke tiga faktor inilah menjadikan pengunjung terkagum-kagum. Selain itu, Bali juga menawarkan akan kuliner yang begitu beragam dan berciri khas. Perpaduan rempah-rempah khas beradil besar dalam kelezatannya. Untuk itu, menarik membahas kuliner khas Bali yang begitu memanjakan lidah. Sebagai referensi artikel berikut akan membahas kuliner khas Bali yang akan membuat kamu tidak berhenti makan.

1Nasi Campur Ayam Bali

Nasi ini merupakan kuliner yang paling populer di bagi masyarakat Bali. Kuliner ini juga seperti daerah lain nasi campur dipadukan dengan berbagai masakan lainnya. Namun, di bali nasi campur ini begitu spesial karena ada sate lilit, suwiran ayam, sayur urap, dan lawar ayam. Perpaduan ini tentu akan semakin menambah nafsu makan semakin lahap. Menariknya di setiap rumah makan menyajikan campuran yang berbeda-beda yang menjadi menu khas mereka. Sehingga, jangan khawati akan bosan dengan menu nasi campur yang itu-itu saja.

2Ayam Betutu

Kuliner khas Bali yang pertama adalah ayam betutu. Mungkin asing terdengar di telinga akan kuliner ini. Berbahan utama yang berupa ayam tentu akan menambah kenikmatan. Terlebih bumbu khas bali yang menambah citarasa semakin menggoda perut untuk terus makan. Kuliner ini dalam proses memasak tidak seperti di daerah lainnya. Ayam betutu di masak dengan memasukkan seluruh bumbu dalam perut ayam. Setelah itu ayam dipanggang hingga mengeluarkan bau yang khas. Bagi kamu yang suka dengan pedas kuliner ini begitu cocok karena akan menawarkan rasa pedas. Namun, bagi kamu yang tidak begitu menyukai jangan khawatir karena ada beberapa rumah makan yang menawarkan rasa pedas dengan level yang sedang.

3Sate Lilit

Kuliner khas Bali ini berbeda pada sate pada umumnya. Karena sate tidak ditusuk melainkan dengan diilit. Untuk mempermudah dalam melilitnya daging dicincang terlebih dahulu. Setelah itu ditaburi dengan bumbu khas bali dan dibakat seperti sate pada umumnya. Daging yang digunakan juga spesial karena menggunakan ikan tenggiri, yang sudah dijamin empuk dan rasanya semakin lezat. Sate ini begitu cocok dinikmati ketika malam hari sembari melihat panorama keindahan kota Bali.

4Rujak Kuah Pindang dan Bulung

Kuliner khas Bali berikutnya adalah rujak kuah pindang dan bulung. Rujak pada umumnya menggunakan campura berbagai macam buah. Di campur menggunakan sambal yang akan mengairahkan ketika menikmatinya. Namun, di Bali rujak begitu spesial karena ditambah dengan bumbu ikan pindang. Ikan pindang yang terkenal lezat akan semakin menguatkan rasa rujak yang nikmat. Selain itu, rujak yang terkenal pedas juga akan terus terbawa. Sehingga, saat menikmati akan mendapatkan keuntungan ganda yaitu rujak yang pedas dan kelezatan kuah ikan pindang.

5Nasi Tepeng

Kuliner khas Bali selanjutnya berupa nasi tepeng. Nasi ini merupakan masakan Giayar yang dipadukan dengan rempah-rempah Bali. Campuran kacang panjang, kacang muda, terong, telur dan kelapa parut akan menjadikan kenikmatan makan semakin bertambah. Selain itu, nasi yang empuk akan membuat kamu tidak perlu terlalu lama untuk mengunyahnya. Cara untuk menyajikan juga terbilang unik dan tradisional, yaitu dengan menggunakan daun pisang. Tentu ketika menyantap seakan makan di sebuah pedesaan yang jauh dari pusat keramaian dan masih begitu tradisional. Untuk itu, ketika berkunjung ke Bali jangan lewatkan kuliner nasi tepeng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.