Lelah Berburu Batik? 5 Masakan Pekalongan Sebagai Pelepas Lelahmu

0
521

Apa yang Kamu kenang ketika mendengar Pekalongan? Kota batik tentu yang pertama kali akan menjawabnya. Memang benar Pakalongan sebagai salah satu sentral batik. Salah satu hasil kreasi masyarakat kita yang telah diakui oleh masyarakat mancanegera. Untuk keindahan batik memang tidak diragukan. Cocok digunakan baik dalam acara resmi maupun ketika kondangan. Hal inilah yang menjadikan batik disukai oleh masyarakat.

Pekalongan tidak saja terkenal dengan batiknya, tetapi juga kuliner khasnya. Kuliner ini memang tidak banyak orang mengetahui kerena kalah tenar dengan batik. Penting untuk dikatahui kuliner Pekalongan menggugahkan sesuai yang berbeda untuk lidah. Sangat disayangkan jika masih awam. Sebagai referensi artikel akan membahas beberapa kuliner khas Pekalongan.

1Pindang Tetel

Kuliner pekalongan pertama ini memang wajib untk dicoba. Bukan saja soal rasa yang uenak poll. Daging sapi yang dijadikan sebagai bahan dasar menambah akan kelezatan masakan ini. Terdapat juga aroma wangi khas. Aroma yang berasal dari irisan daun bawang. Berbagai bumbu yang disiapkan untuk kuliner dicampur menjadi satu. Dimasak dengan sangat hati-hati untuk tetap menjaga rasa. Sehingga, akan sampai ke lidah pengunjung dengan rasa yang tetap asli. Kuliner ini biasanya juga dipadukan dengn kerupuk warna-warni. Sebagai pelengkap yang menjadikan makan semakin lahap tentunya. Penting untuk diketahui kuliner ini sama dengan Wisata kuliner sukabumi yang menggugah selera makan.

2Soto Tauco

Berbiacara tentang soto pasti tidak lagi diragukan. Pernah mencoba dan mungkin jadi menu favorid Anda. Soto tauco asli pekalongan ini perlu untuk dijadikan daftar idola menu makanan. Sebab soto ini menggunakan bumbu tauco sebagai penyedap rasa. Rasa manis dari tauco akan nempel terus di mulut. Tidak saja itu, dalam soto ini akan mencumpai daging sandang lemur, emping, dan telur rebus. Taburan dari bawang goreng, jeruk nipis, potongan seledrei, mie bihun, bawang merah dan kuah soto yang kental. Memberikan sensasi yang berbeda dari pada soto pada umumnya. Ciri khas kuliner ini sama dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

3Kluban Pekalongan

Kluban atau dikenal sebagai kulupan memiliki kemiripan dengan urap. Terdapat kacang panjang, kol, tauge, sayuran bayam dan kangkung. Sayuran yang digunakan dalam membuat kuluban ini rebus dengan air hingga masak. Tidak saja dimasak dengan air melainkan ditambah dengan sedikit garam. Tujuan dari garam ini adalah untuk menambah citarasa dari kuliner ini. Paling cocok dinikmati dengan nasi putih hangat dan teh hangat. Dijamin masalah Kamu seakan terbebaskan.

4Megono Pekalongan

Kuliner khas Pekalongan ini banyak dicari oleh wisatawan. Megono atau sering disebut sego megono marupakan makanan yang merupakan perpaduan antara nasi dan beberap lauk. Lauk yang ada bukan lauk sembarangan melainkan nangka muda yang dikukus dan kelapa muda. Dua lauk inilah yang memberikan pembeda dengan kuliner sego lainnya. Sebenarnya kuliner ini tergolong mewah terdapat di berbagai restoran ternama di Pekalongan. Meskipun demikian jangan khawatir ke Pekalongan tidak dapat menemukan kuliner mewah ini. Karena sekarang banyak di temukan di warung-warung pinggir jalan.

5Garam Asem

Makanan Pekalongan yang tergolong mewah ini memang spesial di hati masyarakat sekitar. Banyak orang yang langsung kepincut ketika mencicipi masakan ini. tetalan daging sapi dan siraman kuah dengan asa asam menjadikan semakin nikmat. Tidak saja tetelan daging sapi dalam penyajikan juga terdapat jaerohan sapi, daging atau telur ayam. Lengkap deh pokoknya dan melengkapi rasa larap Kamu. jenis masakan inimemiliki kesamaan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.