Liburan ke Bandung? Ini Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

1
3393

Apa yang ada dibenak kalian jika mendengar kota bandung? penduduk, bahasa, suku atau sinetron yang baru-baru ini booming yang berlatar di kota bandung (Preman Pensiun). Tentu tidak lain dan tidak bukan tempat wisata di kota bandung bukan?, Yaa, kota Bandung memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk tempat wisatanya, terutama untuk warga yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Mendengar tentang tempat wisata dibandung tentunya kalian sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja wisata di kota tersebut? Berikut daftar tempat wisata di Bandung yang dapat kalian kunjungi.

1Kabun Binatang Bandung

kebun binatang bandung
Kebun Binatang Bandung via wikimapia.org

Mendengar tentang kebun binatang pastinya tidak asing bukan ditelinga kalian, yaa, kota bandung juga punya kebun binatang loh, lokasi kebun binatang bandung ini terletak di dekat perguruan tinggi terkenal yaitu ITB (Institut Teknologi Bandung). Tidak jauh berbeda dengan kebun binatang lainnya, kebun binatang bandung juga memiliki koleksi hewan yang cukup lengkap, disini kalian dapat menambah wawasan kalian tentang satwa. Untuk urusan tarif masuk kebun binatang bandung ini tergolong relatif murah, yaitu cuman 20.000 per tiket.

2Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha via www.pinterest.com

Bagi kalian yang dulu pernah menonton film “Petualangan Sherina” pasti tidak begitu asing dengan Observatorium Bosscha. Ya, tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi setelah nonton film itu. Saya sendiri juga tahu tentang tempat ini pertama kali dari film tersebut. Observatorium Bosscha adalah tempat pengamatan bintang dan pengembangan ilmu yang berhubungan dengan astronomi. Perlu kalian ketahui, Bosscha merupakan satu-satunya tempat pengamatan bintang yang ada di Indonesia loh, jika sudah tau tentang hal ini tentunya kalian tidak mungkin melewatkan untuk berkunjung ke Bosscha bukan?

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, lokasi Bosscha terletak kurang lebih 15 km dari kota Bandung, yaitu di daerah Lembang.

3Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey via www.initempatwisata.com

Ingin suasana dengan suhu udara yang dingin dan sejuk di Bandung? Kawah Putih Ciwidey pilihan tepat buat anda. Kawah Putih Ciwidey merupakan obyek wisata yang menarik, dengan pemandangan yang begitu indah, tidak jarang calon pasangan suami istri yang kesini hanya untuk membuat foto pre-wedding. Tanah di tempat wisata yang berada di bandung ini berwarna putih karena tanah tersebut terdapat kandungan belerang, selain itu, hal menarik lainnya di kawah putih ciwidey ini adalah air pada danau yang berubah-ubah warnanya berdasarkan suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung. Karena kandungan belerang yang cukup kuat, sangat disarankan bagi anda yang ingin berkunjung menggunakan masker. Kawah Putih Ciwidey terletak di Gunung Patuha, kawasan wisata Kawah Putih yaitu di Jalan Babakan Jampang, Ciwidey, Bandung.

4Trans Studio Bandung

trans studio bandung

Selain tempat wisata alam, bandung juga mempunyai tempat wisata modern loh, bandung mempunyai Trans Studio Bandung. Tentunya kalian pasti tau bukan tentang tempat ini, karena memang tempat ini sangat populer dikalangan remaja. Trans Studio Bandung ini dibangun oleh Trans Corp yaitu perusahaan yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. Tempat ini merupakan tempat yang pas untuk rekreasi dengan berbagai wahana permainan yang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi anda. Trans Studi Bandung terletak di Jalan Gatot Subroto No. 289, Bandung, Jawa Barat.

5Kampung Gajah

kampung gajah bandung

Mungkin nama tempat wisata ini tidak sepopuler tempat wisata lain di Bandung, namun tempat wisata Kampung Gajah ini tidak kalah menarik loh, didalamnya cukup lengkap mulau dari tempat bermain, kuliner bahkan ada tempat bagi anda yang ingin belanja. Wahana permainan yang ada di Kampung Gajah cukup menarik loh dan banyak pula, diantaranya seperti kolam renang tematik, Kolam Big Tornado, Children Playground, Taman Bermain Layang-layang, Octopuc Racer dan lain sebagainya. Tempat wisata Kampung Gajah terletak di Jalan Sersan Bajuri KM 3.8, Cihideung, Parongpong, Bandung, Jawa Barat.

6Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu sangkuriang

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer. Gunung ini identik dengan cerita sangkuriang, seseorang yang menendang sebuah perahu hingga terbalik dan menjadi gunung tangkuban perahu. Karena itulah gunung ini dinamai gunung tangkuban perahu.

7Air Terjun Curug Dago

air terjun curug dago

Jika anda penggemar tempat wisata air terjun, Bandung juga punya loh. Air Terjun Curug Dago merupakan air terjun yang tidak begitu tinggi yang berada di Bandung. Meskipun tidak begitu tinggi, yaitu sekitar 10 meter, air terjun ini mempunyai pemandangan yang begitu indah dan menyegarkan di mata. Air terjun Curug Dago terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung, Jawa Barat.

8Air Panas Ciater

pemandian air panas ciater

Air Panas Ciater terletak di Jalan Raya Ciater, Subang, Jawa Barat. Pemandian air panas ciater ini begitu terkenal dan banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pemandian air panas yang ada di Bandung ini. Selain menjadi tempat rekreasi, air di pemandian air panas ciater ini dipercaya baik untuk kesehatan. Jika anda penasaran dari mana asal sumber air panas di ciater ini, lokasi dari pemandian air panas ini cukup untuk menjawabnya, yaitu berasal dari kawah aktif yang ada di gunung tangkuban perahu.

9Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry ciwidey

Anda suka dengan suasana perkebunan? Jika iya, anda wajib mendatangi kebun strawberry ciwidey. Sama halnya dengan kebun apel di malang, di kebun strawberry ciwidey ini anda dapat mengambil atau memetik buah strawberry sendiri. Jika anda berminat untuk berkunjung ke kebun strawberry ini, lokasinya berjarak sekitar 61 km dari kota Bandung.

10Danau Situ Patenggang

danau situ patenggang

Satu lagi tempat wisata danau dari Bandung, danau Situ Patenggang terletak di sekitar 47 km dari kota Bandung. Jika gunung tangkuban perahu dengan kisah Sangkuriangnya, danau Situ Patenggang juga mempunyai legenda juga loh. Legenda dari danau ini berasal dari sepasang kekasih yaitu Dewi Rengganis dan Ki Santang. “Situ” mempunyai arti danau, sedangkan “patengan” mempunyai arti saling mencari. Jika anda mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat menikmati beberapa wahana dan kegiatan seperti bersepeda air, keliling kebun teh, memancing, berkunjung ke Batu Cinta,  dan lain sebagainya.

11Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Jika tadi kita sudah membahas tentang tempat wisata yang berhubungan dengan astronomi, di Kota Bandung ini juga terdapat tempat wisata yang dapat kalian kunjungi yang berkaitan dengan geologi. Museum geologi bandung terletak di jalan Diponegoro yang berdekatan dengan gedung sate. Jika anda bersama keluarga dan anak anda, museum ini sangat cocok sebagai salah satu destinasi tujuan anda, karena yang namanya museum tentu dapat memberikan tambahan pengetahuan buat anda dan keluarga bukan?

12Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung

Kota Bandung sangat terkenal dengan bidan fashion atau konveksinya, banyak dari beberapa kota lain yang menjual barang yang berasal dari kota bandung ini. Jika anda suka berbelanja dan ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat anda maka Pasar Baru merupakan tempat yang tepat, selain harganya murah, barang di pasar ini pun cukup bagus. Pasar Baru Bandung terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata No.70, Bandung, Jawa Barat.

13Rumah Mode Bandung

rumah mode bandung

Jika anda tidak suka dengan nuansa pasar atau mempunyai budget lebih tinggi, tidak ada salahnya anda mencoba untuk berbelanja  ke Rumah Mode Bandung. Tempat ini tertata dan terawat dengan baik, sehingga anda dapat berbelanja dengan nyaman. Rumah Mode Bandung ini terletak di Jalan Setiabudi, Bandung.

14Paskal Food Market

Paskal Food Market Bandung

Paskal Food Market ini lebih condong pada wisata kuliner yang ada di Bandung, karena di tempat ini banyak terdapat pedagang dan menu-menu makanan yang anda inginkan. Tempatnya cukup nyaman dan tentunya menjadi tempat favorit untuk nongkrong. Paskal Food Market terletak di Jalan Pasir Kaliki No. 25-27, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat.

15Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo

Jika anda membutuhkan tempat seni budaya di Bandung, Saung Angklung Udjo adalah yang dapat anda kunjungi, Saung Angklung Udjo menampilkan karya seni alat musik angklung. Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka No.118, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Demikian tempat wisata di Bandung yang wajib kalian kunjungi, semoga dapat dijadikan referensi. Jika ada saran dan kritik, silahkan komentar dibawah ini yaa..

1 COMMENT

  1. Binggung lagi di bandung mau tidur dimana ?Punya Budget yang pas pasan ? Budget tipis tapi pengen yang top solusinya ZBACKPACKER HOSTEL, Dengan layanan kamar yang top abis range harga yang terjangkau langsung aja check in di http://zbackpacker.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.