Makanan Khas Maluku yang Paling Dicari Wisatawan

0
1370

Maluku salah satu provinsi di Indonesia ini memang menarik untuk dibicarakan. Sebab memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tentu Kamu yang berkunjung akan terkagum-kagum dan ingin berlama-lama di Maluku. Selain pantai, pegunungan, juga ada destinasi lain yang menanti. Namun, tidka banyak yang mengatahui di Maluku juga terkenal akan kulinernya. Kuliner yang memang menjadikan provinsi Maluku layak dijadikan sebagai surga makan untuk kamu yang doyan berwisata kuliner. Berbagai makan dijamin Kamu tidak akan pernah melupakan untuk soal rasa. Selain itu, akan membuat siapa saja ingin menikmatinya kembali. Penasaran akan kuliner itu? Cermati artikel berikut yang akan mengupas kuliner khas Maluku.

1Kopi Sibu-sibu

Kuliner Maluku yang pertama adalah kopi subi-subi. Kopi jenis ini merupakan kopi robusta  yang terkanal paling enak. Cocok bagi kamu pencinta minuman kopi. Proses pembuatan yang masih tradisional akan menjadikan citrasa dari minuman ini dijamin keaslian. Dalam kopi ini juga terdapat campuran biji ketapang muda dan bubuk cengkeh yang telah dihaluskan. Campuran inilah yang menjadikan kopi Maluku digemari dan memiliki rasa yang has. Tentu Kamu akan menikmati aroma kopi dan cengkeh yang membuat badan semakin hangat. Menariknya kuliner ini mirip dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

2Gohu Ikan

Kuliner khas Maluku selanjutnya berbahan dasar ikan yang memiliki nutrisi tinggi untuk tubuh. Makanan khas ini terbuat dari ikan tuna yang memang terkena begitu enak. Dalam proses penyajian ikan tuna di potong kecil-kecil dan dicampur dengan lemon dan garam. Tidak saja itu,  terdapat daun kemangi yang dirajang kecil-kecil, cabe rawet, bawang merah dan putih dan minyak kelapa. Setelah itu ikan tuna digoreng dengan perpaduan bumbu tersebut. Kamu juga akan menemukan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah dalam masakan ini.

3Ikan Kuah Pala Banda

Ketika berlibur ke Maluku kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner ikan kuah pala banda. Jenis kuliner ini memang sangat tekenal di masyarakat sekitar. Selain karena sejarah dari kuliner ini yang dahulu disuguhkan untuk orang-orang besar di kepulauan banda. Juga karena bahan yang digunakan bercirasa enak yang super. Kuline ini biasa disajikan dengan buah pala dan ikan kakap bakar, sambal berkasang dan urap daun pepaya. Dijamin Kamu tidak akan rugi ketika mencicipinya.

4Nasi Lapola

Mendengar kata nasi pasti bayangan akan tertuju pada olahan nasi kuning, nasi uduk, dan nadi yang lainnya. Jangan mudah membayangkan karena olahan khas Maluku ini akan memberikan referensi baru. Meskipun berbahan dasar nasi namun tidak saja nasi seutuhnya. Melainkan terdapat perpaduan bahan-bahan lainnya yang membuatnya begitu spesial.Adpaaun campuran itu berupa kacang tolo. Kacang ini dimasak dengan nasi, garam dan parutan kelapa. Diaduk hingga merata dan dukukus hingga masak. Begitu agak dingin kuliner ini begitu nikmat untuk Kamu lahap.

5Ikan Komu Asar

Kuliner Maluku ini wajib Kamu coba ketika berkunjung. Sebab berbahan dasar dari ikan cakalang yang terkanal enal dengan perpaduan rempah-rempah khas Maluku. Dalam proses memasak ikan ini ditusuk seperti sa tedan diasap dalam jangka waktu yang lama. Proses pengasapan inilah yang menghasilkan rasa ikan cakarang tidak tertandingi. Sehingga tidak mengherankan ketika dijadikan olahan kuliner ikan komu asar begitu menggoda. Tambahan sambal colo-colo dan nasi hangat akan membuat liburan Kamu semakin berkesan. Tentunya perut akan terus terisi dan bersemngat kembali berkeliling Maluku. Kuliner ini memiliki kesamaan dengan Wisata kuliner sukabumi yang menggugah selera makan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.