Makanan Tradisional Kulon Progo Klasik Tetapi Tetap Eksis

0
1527

Berbicara tentang kuliner tentu akan membuat siapa saja tidak nahan untuk segera mencicipinya. Banyak olahan yang hadir di tangah-tengah masyarakat kita. Baik olahan yang dipadukan dengan makanan luar negeri maupun hasil kreasi tangan-tangan kreatif masyarakat. Tentu dengan kreatif inilah yang menghasilkan makanan yang berbeda dan segar inovasi.

Meskipun sekarang banyak dengan kreasi yang tambah cantik dan menarik. Makanan tradisional juga tidak kalah enak untuk disantap. Meskipun tradisional jangan berpikiran akan jadul soal rasa. Justru keaslian dan eroma nostalgia akan terasa baget. Selain itu, dengan menikmati makanan tradisional telah satu langkah untuk melestarikan kuliner nusntara. Salah satu kuliner tradisional yang wajib Kamu coba bertepatan di Kulon Progo. Makanan yang tentu akan semakin membuat Kamu bernostalgia ke jaman 80/90 an. Penasaran dengan makanan tradisional Kulon Progo. Lebih lengkap akan Kami kupas dalam arttikel berikut.

1Makanan Tradisional Geblek

Makanana tradisional Kulon Progo pertama adalah geblek. Sekilas memang mirip dengan cireng yang berasal dari Bandung. Tidak saja secara bentuk tetapi secara bahan yang digunakan juga memiliki kesamaan. Namun, jangan khawatir ketika menikmati makanan ini Kamu seakan tidak berada di Kulon Progo. Sebab rasa yang disajikan memiliki perbedaan yang mencolok. Geblek memiliki rasa asli dari aci yang digoreng dengan bentuknya yang seperti berbeda. Selain itu, juga tidak mencumpai rasa padas dalam kuliner tradisional ini. Kamu dapat menemukan kuliner ini di perbatasan dengn Purworejo. Kuliner ini memiliki kesamaan rasa dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

2Cetot

Masakan tradisional Kulon Progo ini masih banyak dijumpai di pasar. Untuk itulah jangan khawatir akan tidak menemukan makanan yang melegenda ini. Sebanarnya centhot merupakan olahan sejenis kue yang berbahan dasar singkong. Singkon pilihan yang sudah benar-benar tua dan segar. Singkong tersebut kemudian dikupas dan diparut. Setelah selesai dalam memasut langkah selanjutnya di kukus hingga matang.Dalam proses memask makanan tradisional ini dipadukan denga sedri, parutan kelapa dan bumbu semacam ketumbar, lengkuas, daun salam, bawang merah dan putih, gula merah dan diwarnai dengan perwarna makanan. Dalam proses mengukus ini membutuhkan awaktu sekitar 1-1,5 jam. Dengan waktu memasak yang panjang ini dimaksudkan untuk menghasilkan rasa yang sempurna dalam makanan tradisional ini. Dalam masakan ini Kamu akan menemukan makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

3Cenil Kulon Progo

Cenil yang berbentuk bulat-bulat berwarna-warni menggoda ketika dilihat. Tidak saja mengoda dilihat. Ketika di gigit akan teras kenyal. Taburan kelapa parut, taburan gula merah atau gula cair menambah manis makanan kuliner Kulon Progo. Makanan ini sebenarnya berbahan dasar sari pati ketelah pohon. Memang ketela pohon dapat dijadikan berbagai macam olahan yang enak juga memiliki karbohidrat yang tinggi. Selain itu, juga banyak ditemukan di sekitar kita dan mudah dalam merawatnya.

4Growol

Makanan Kulon Progo selanjutnya growol. Jenis makanan ini berbahan dasar singkong. Dalam olahan ini singkong yang digunakan harus  pilihand an mengandung banyak air. Sebab dengan kendungan air yang banyak inilah yang membuat tidak mudah basi dan bau. Growol biasa disajikan dengan parutan kepala yang membuat semakin spesial. Karena akan terasa manis dan juga gurih.

5Benguk Santan

Tempa benguk mungkin asing di telingga anda. Tempe ini berbahan dasar dari benguk yang merupakan hasil masyarakat sekitar. Benguk biasanya dimasak dengan direbus hingga empuk. Setelah itu, dibugkus dan diberi ragi (pembusuk) seperti dalam membuat tempe pada umumnya. Sekitar 2 malam benguk akan berubah menjadi tempe. Tempe benguk inilah yang dijadikan makanan tradisional masyarakat Kulon Progo. Dalam memasaknya ditambahi dengan santal kelapa dan berbagai bumbu rempah-rempa lainnya. Campuran yang menyajikan warna rasa baru dilidah Kamu. Menariknya kuliner ini mirip dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.