Manado, Surga Wisata Laut dan Petualangan Kuliner

0
900

Manado adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisatanya. Kekayaan alam bawah laut yang indah dan unik Manado sungguh menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama bagi mereka yang gemar diving dan snorkeling. Wisata Taman Laut Bunaken dan Taman Laut Tumbak, misalnya, adalah dua dari sekian banyak wisata bawah laut yang merupakan destinasi favorit pencinta olah raga air.

Selain kekayaan alamnya, Manado juga dapat membanggakan makanan-makanan khasnya, yang juga terkenal di seluruh pelosok tanah air. Tapi, tentunya jauh lebih nikmat jika kita langsung mencicipi di kota asalnya, bukan? Berikut ini adalah beberapa jenis kuliner khas Manado yang wajib dicoba selagi berkunjung di kota tersebut. Jangan lupa, beli juga untuk oleh-oleh.

1Sambal Roa

Sambal yang dibuat dari daging ikan Roa ini, sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat, selain juga bersama lauk lainnya. Rasa ikan roa yang kaya cita rasa, menjadikan sambal roa lebih mirip lauk utama daripada sambal pelengkap makanan. Sambal roa kini banyak diproduksi dan dikirim ke berbagai kota di Indonesia dan menjadi salah satu buah tangan khas kota Manado.

2Bubur Manado Tinutuan

Tinutuan adalah sebutan bagi bubur Manado di daerah asalnya. Bagi yang bukan orang Manado, biasanya mengenal dengan nama bubur Manado saja. Bubur ini biasanya dimakan sebagai sarapan dan berisi sayur-sayuran.

3Cakalang Fufu

Olahan daging ikan cakalang yang diungkep dengan beberapa jenis bumbu ini, juga sering kali dibawa sebagai oleh-oleh khas Manado. Cakalang fufu juga melalui proses pengasapan selama beberapa jam, membuat makanan ini bertahan cukup lama.

4Saguer

Saguer adalah minuman yang merupakan kesukaan keluarga-keluarga Manado, dan biasanya disajikan ketika acara kumpul keluarga atau di acara-acara khusus. Saguer yang rasanya asam dan manis ini mengandung alkohol dengan kadar 5%. Saguer dibuat dari sari pohon enau. Pohon enau banyak tumbuh di banyak kawasan perkebunan di Manado. Banyak warung dan restoran yang menyajikan minuman ini, jadi Anda pasti berkesempatan mencobanya.

5Dabu-Dabu

Sambal khas Manado ini merupakan campuran dari berbagai rempah seperti misalnya: cabai, bawang merah, tomat, dan dicampur dengan kecap-kecapan. Dabu-dabu menjadi pelengkap hidangan yang pas bagi sebagian besar jenis makanan Manado.

6Gohu

Gohu adalah sejenis asinan pepaya dengan bumbu khas Manado. Irisan buah pepaya yang direndam dalam campuran asam cuka, jahe, dan cabe ini, sangat mirip dengan rujak. Sangat cocok disajikan sebagai makanan penutup atau camilan.

7Paniki

Masakan unik ini sangat jarang ditemui di tempat lain. Paniki terbuat dari daging kelelawar yang diolah dengan cara dibakar. Daging kelelawar yang telah matang kemudian dibumbui dengan santan. Nikmat sekali!

Nah tahukah Anda, selain wisata laut dan kuliner yang merupakan kelebihan kota Manado, masih banyak kelebihan lain kota Manado yang tidak akan dapat kita explore hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Oleh sebab itu, Anda harus membuat planning dari jauh hari apabila akan berlibur ke kota Manado dalam waktu singkat. Kini Anda juga dapat memanfaatkan penawaran tiket pesawat domestik promo dari Airy.

Airy adalah penyedia tiket pesawat domestik terlengkap dan termurah saat ini sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran akomodasi Anda untuk dibelikan oleh-oleh. Tidak perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk biaya akomodasi karena di Airy, anda juga bisa memesan akomodasi penginapan murah. Apalagi, hotel murah di Manado tersebar di berbagai lokasi, dan Anda tinggal memilih yang sesuai dengan rencana perjalanan di Airy. Yuk ke Manado sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.