Manisnya Kuliner Ternate yang Membuat Harimu Semakin Manis

0
1106

Jika Kamu menyukai petualang salah satu tempat yang wajib untuk di kunjungi adalah ternate. Memang letaknya jauh ketika Kamu berada di pulau Jawa. Karena  Ternate ini berada di provinsi Maluku Utara. Tetapi jangan dibayangkan jauhnya dan merasakan kelelahan yang akut. Semua itu akan dibayar ketika telah sampai di Ternate. Letak yang stategis dengan memiliki bandara Balbullah Sultan Ternate Airport akan memudahkan untuk segara sampai.

Terlebih ketika sampai akan disambut dengan berbagai makanan khas yang dijamin menggoyang perut usai perjalanan panjang. Berbagai olahan hasil tangan-tangan kreatif masyarakat, baik telah ada sejak dahulu atau memang hasil kreasi sekarang. Terpenting makanan  yang ada memang menarik untuk dijadikan menu favorid. Sebagai rekomendasi Kamu yang akan melancong ke Ternater. Artikel berikut akan memandu menemukan makanan khas tersebut.

1Sayur Lilin

Kuliner Ternate yang pertama ini cocok untuk kamu yang suka makanan sayuran dan memang sedang menjalankan program diet. Sebab makanan ini merupakan perpaduan antara berbagai jenis sayuran. Berbentuk panjang dan bulat yang mirip dengan lilin, sehingga wajar ketika di namakan sayuran lilin. Dalam proses memasaknya sayuran di bakar terlebih dahulu sebelum di potong-potong. Tujuannya untuk membuat tekstur dari sayuran agak keras sehingga tidak hancur ketika di potong. Setelah selesai kuliner ini kemudian di sajikan dengan kuah santan. Kuah yang membuat rasa manis perpadu dengan rasa gurih. Lebih istimewa lagi sayuran lilin ini ada telur tebu atau bunga tebu yang wajib untuk disantap terlebih dahulu. Rasa manis akan Kamu dapat sehingga membuat harimu semakin manis. Soal rasa dari kuliner ini memiliki kesamaan dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

2Nasi Kuning Ikan Telur

Kuliner Ternate berikutnya ini begitu mendapat hati di masyarakat. Selain dari segi harga yang murah juga nasi ini pas di lidah. Memang di lihat dari bahan dasar tidak jauh berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, yaitu nasi yang diberi pewarna. Namun, bukan kota Ternate namanya kalau kulinernya tidak berbeda. Salah satu yang menjadi pembeda adalah lauknya. Ikan tongkol yang digoreng dengan krispi menjadikan kenikmatan menjadi berlipat. Terlebih rasa dari nasi kuning yang gurih. Untuk itulah Kamu wajib mencicipi ketika ke Ternate. Dalam kuliner ini Kamu akan menemukan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

3Pisang Goreng Mulut Bebek

Berbicara olahan pisang mamang tidak asing di telingga kita. Tetapi di Ternate terdapat olahan pisang yang akan membuat Kamu terkesan. Pisang yang digunakan adalah pisang khas Ternate. Bentuknya yang tipis dan memanjang menyerupai mulut bebek. Sehingga masyarakat menyebutnya dengan olahan yang demikian. Pisang ini memiliki tekstur yang liat dan gurih. Begitu nikmat ketika disantap dalam keadaan hangat. Tentu akan menghangatkan hari Kamu.

4Gohu Ikan

Kuliner Ternate ini memang pas bagi Kamu yang suka dengan hasil laut. Sebab kuliner ini berbahan dasar ikan tuna mentah. Tidak saja mentah kemudian di makan, melainkan ada saus yang akan membuat rasa semakin enak. Jangan khawatir kalau terjadi apa-apa dengan makan ikan ini. Karena sebelumnya di cuci bersih dan diletakkan di pendingan sehingga steril dari virus atau bakteri.

5Pali-pali

Pali-pali ini merupakan ketupatnya masyarakat Ternate. Memang dari segi bentuk dan cara membuat mirip dengan ketupat. Beras dimasukkan ke dalam anyaman daun lontar tanpa menggunakan santan. Pali-pali ini dibuat lonjong sehingga mirip dengan lontong. Setelah proses selesai tahap akhir dengan mengkukusnya selama 1,5 jam. Dijamin jalan-jalan Kamu semakin bermakna dengan menikmati kuliner Pali-pali. Menariknya masakan ini mirip dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.