Masakan Klaten, Referensi untuk Anda Pecinta Kuliner

0
1210

Klaten merupakan kabupaten kecil yang diapit oleh Solo dan Yogyakarta. Meskipun sebagai kota kecil jangan salah Klaten memiliki keindahan menanti untuk dikunjungi. Masyarakat yang ramah akan semakin nyaman ketika berlibur ke Klaten. Selain itu, kuliner khasnya juga menggoda ketika sedang berkunjung. Kuliner inilah yang akan menambah kebahagian Kamu. Sebab ketika lelah dan perut kelaparan olahan masyarakat Klaten telah menanti untuk disantab. Jangan khawir soal tempat dan harganya. Dijamin mudah ditemukan dan tentunya pas dikantong. Penasaran dengan kuliner khas Kletan, artikel berikut akan memandu Kamu untuk menemukannya.

1Sego Wiwit

Kuliner khas Klaten pertama sego wiwit. Sego ini dapat ditemukn ketika sedang acara hadatan atau sedang melakukan sedekah bumi yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Sego atau dalam bahasa Indonesia berarti nasi memang tidak asing bagi pecinta kuliner. Karena setiap kuliner selalu ada nasi yang menjadi pelengkapnya. Berbeda dengan sego wiwit yang merupakan makanan tradisional masyarakat Klaten yang mengguah serela makan. Dalam penyajianya tidak saja sekedar nasi, tetapi ada lauk pengiringnya seperti tempe, tahu, ikan, dan lauk lainnya. Seporsi dari makanan tradisional ini akan membuat Kamu kenyang lebih lama. Masakan ini selaras dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

2Sego Gudangan

Kuliner Klaten berikutnya adalah sego gudangan. Sego ini dapat kamu temukan ketika pagi pagi sebab rasanya akan jauh lebih nikmat ketika disantab waktu sarapan. Sebanarnya kuliner ini sejenis acar yang terdiri dari sayuran dan perutan kelapa setya ada tambahan bubuk kacang. Ada juga suas dan tempa yang menjadi pelengkapnya. Meskipun  terkesan biasa dijamin rasa yang ada luar biasa. Terlebih bumbu khas Klaten yang memadu dalam masakan. Membuat Kamu ingin nambah lagi. Kamu juga akan menemukan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda dalam masakan ini.

3Gemplak

Gemplak mungkin asing bagi Kamu. Kuliner ini merupakan camilan yang berbahan dasar parutan kelapa yang dimask denga gula. Bantuk dari gemplak ini seperti bola dan memilik waran yang beragam. Tentu warna beragam inilah yang akan menambah selera makan Kamu. Cemilan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan juga orang tersayang. Karena rasa manis dan gurih akan menjadi satu. Perpaduan khas masakan masyarakat Jawa. Bagaimana masih ragu untuk mencicipi kuliner ini?

4Wajik

Kuliner khas Klaten berikunya adala wajik. Makanan yang terbuat dari kelapa parut, gula sebagai pemanis dan juga berat ketan. Tidak lupa beras ketan sebagai bahan utama dicuci hingag bersih. Sebagai langkah terahkir wajik dibungkus berbentuk bulat-bulat. Bungkusan ini berbentuk krucut. Menariknya untuk warna dari kertas untuk membungkus beragam. Wajar saja manarik siapa saja yang melihatnya. Makanan yang tergolong cemilan ini memang paling cocok disantab dengan segal teh. Tentu akan semakin membuat hari-hari di Klaten semakin menyenangkan.

5Keripik Belut

Kuliner khas Klaten ini memamg spesial dan unik. Berbahan dasar dari belut yang dimasak garing akan kriuk ketika pertama kali mencobanya. Wilayah Klaten yang memiliki luas lahan pertanian cukup banyak, terutama sawah. Keberadaan belut juga ikut melimpah. Masyarakat memiliki kreasi sendiri melalui bahan baku yang murah dan mudah ditemukan, yaitu dengan keripik belut. Keripik ini terkenak gurih, enak, dan renyah. Cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan lainnya. Cemilan ini juga banyak ditemukan di berbagai tempat oleh-oleh di Klaten. Sehingga, jangan khawatir akan kehabisan ketika sedang berkunjung. Tentu harus borong yang banyak sebagai cadangan ketika sampai kampung halaman. Uniknya memilki kesamaan rasa dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.