Masakan Nusa Tenggara Timur yang Mantap Ketika Di Santap

0
806

Ketika melancong ke berbagai daerah paling asyik memang berbaur apa yang ditemukan. Berbaur dengan alam jelas yang paling utama. Sebab bentangan alam itulah yang akan menjadikan melancong Kamu semakin bernilai. Selain itu, berbuar dengan masyarakanya yang penuh dengan budaya lokal penting dilakukan. Dengan begitu akan membuat Kamu semakin cerdas akan budaya masyarakat di Indonesia. Tidak saja itu, yang paling ditunggu dan dinantikan berbuar dengan kuliner khas suatu daerah yang dilewati. Kuliner itulah yang membuat melancong semakin asyik dan menabah daftar rasa di lidah.

Begitu juga ketika Kamu melancong ke Nusa Tenggara Timur. Jangan hanya menikmati akan bentangan alam yang menajupkan. Tetapi, coba tenggok akan kuliner khasnya yang membuat jalan-jalan Kamu semakin asyik. Asyik dalam arti perut selalu terisi penuh dan semakin semangat untuk terus melanjutkan perjalanan. Adapun kuliner yang penting untuk diketahui sebagai berikut.

1Jagung Titi

Kuliner khas Nusa Tenggara Timur pertama adalah jagung titi. Kuliner jenis ini dapat kamu jumpai di daerah Larantuka. Masyarakat setempat menjadikan kuliner ini sebagai cemilan sehari-hari untuk menemani makan atau memang untuk cemilan biasa.  Cemilan ini berbahan dasar jagung yang digoreng tanpa minyak. Kalau kamu pernah makan popcorn tentu akan tahu bentuk dari jagung titi ini. Namun,  yang menjadikan pembeda adalah rasa yang masih begitu oroginal. Selain itu, jagung yang digunakan juga jagung kualitas nomor satu yang semakin manta ketika disantap. Kuliner ini juga memiliki kemiripan dengan makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

2Muku Loto

Kuliner dengan nama unik ini berasal dari daerah nagekeo yang ada di flores. Olah masyarakay setempat kuliner ini biasa dijadikan sayuran untuk makan sehari-hari. Mulu yang berarti pisang dan Loto berarti hancur. Sehingga ketika dipadukan menjadi pisang yang dihancurkan. Cara untuk membuat juga mudah, pisang yang telah dipilih kemudian di potong sesuai ukuran. Setelah itu diberi irisan daging dan direbus dengan perpaduan rempah-rempah.  Pasti Kamu membayangkan rasa yang disajikan akan gimana . Dijamin enak dan membuat makan semakin lahap. Menariknya dalam kuliner ini kamu akan menemukan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

3Ikan Kuah Belimbing

Kuliner khas Nusa Tenggara Timur berikutnya berupa ikan kuah belimbing. Jenis masakan ini terbuat dari ikan pilihan. Ikan pun tidak sembarang ikan harus segar dan bebas dari bahan pengawet. Perpaduan antara ikan yang dimasak dengan blimbing wuruh memberikan sensari baru bagi Kamu yang baru pertama kali mencobanya. Rasa pedas, gurih, dan sedikit manis akan nempel terus di lidah. Jangan hanya membayangkan saja, segara berkunjung ke Nusa Tenggara Timur dan mencicipi kuliner ikan buah blimbing ini.

4Rumpu Rampe

Makanan ini berasal dari daerah  Maumere. Sebanarnya kuliner dengan nama yang unik ini berbahan dasar bunga pepaya. Bunga pepaya ini dipadukan dengan ubi dna daun papaya yang sudah dinetralisir dengan garam. Sehingga, tidak akan merasakan pahit dan racun juga hilang. Campuran dari berbagai bahan tersebut kemudian di tumis dan dipadukan dengan berbagai bumbu khas Maluku. Tidak saja itu, dalam sajian juga terkadang banyak ditemukan berbagai olahan ikan. Olahan ini akan menambah lahap ketika Kamu menikmtinya.

5Kue Rambut

Makanan khas Nusa Tengga Timur selanjutnya adalah kue rambut. Kue yang biasa disajikan dalam acara adat ini terbuat dari wangi tepung dan gula merah. Campuran tepung, santan, dan gula nira yang membut kue ini berbeda dengan kue pada umumnya. Terlebih bentuk yang unik, juga menjadi ciri khas tersendiri. Untuk itu, Kamu wajib mencoba ketika ke NTT. Kamu juga akan menemukan citarasa 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.