Masakan Pengandaran yang Citarasanya Terbawa Hingga Tua Nanti

0
411

Liburan panjang telah memang berakhir, tidak ada salahnya jika berlibur untuk merefresh tubuh. Sehingga pikiran dan hati kembali segar dan bersemangat untuk kembali dalam rutinitas. Jika berbicara tetang liburan, pasti yang terbayang adalah liburan ke pantai, gunung, atau wisata alam lain yang memang sengata diciptakan. Wisata kuliner juga wajib dimasukkan dalam buku jalan-jalan anda. Berbeda memang tujuan dari wisata ini karne yang dimanjakan adalah perut. Meskipun demikian jangan dianggap sepele karena perut yang kosong akan membuyarkan fokus diri. Selain itu, memang wisata kuliner mamang penting untuk dilakukan agar lidah mencicipi berbagai olahan khas nusantara. Jangan khawatir soal tempat Pengandaran memiliki segdang kuliner yang tidak kalah dengan daerah lain. Dijamin rasa yang disajikan membuat kamu tergoda untuk kembali dan kembali lagi. Tentu penasaran akan kuliner itu? mari Kami pandu melalui artikel ini untuk menemukannya.

1Sate Gulanggung

Sate memang telah mendarah daging bagi masyarakat kita. Hal ini tidak mengerankan karena setiap daerah memiliki sate khasnya. Seperti halnya dengan Pengandaran, yang terkenal dengan Sate gulanggung. Seberanrnya sate ini berasal dari nama warung yang terkenal dan sejak ada dari tahun 70-an. Citarasa tentu akan terus terjaga dan teristimewa punya.  Daging yang digunakan dalam sate ini tidak saja ayam, melainkan ada daging kambing. Bumbu kacang yang diyakini masyarakat sekitar menjadi kunci dari kelezatan dari sate ini. Tentu jika Kamu mencicipinya akan dapat membadingkan bagaimana rasanya dengan sate pada umumnya.

2Soto Pangandaran

Tidak saja di Lamongan yang memiliki soto khas. Pangandaran juga memiliki kuliner soto itu. Soto ini memiliki kuah kuning yang kental dengan irisan daging, kerupuk merah, dan taburan itisan daun sledri dan tidak lupa mangkok besar khas Pangandaran. Dengan mangkoj inilah yang akan membuat perut akan terisi penuh dan bersemangat melanjutkan jalan-jalan. Jangan khawatir soal harga karena dijamin harga soto ini terbilang merakyat. Kuliner ini memiliki kesamaan dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

3Dawet Pangandaran

Kalau di Ponorogo ada dawet Jabung di Pandangan juga ada. Minuman khas ini memang telah mengambil hati masyarakat sekitar. Tidak saja soal rasa yang disajikan tetapi tempat yang istimewa karean selalu berada di lokasi yang strategis. Tentu lokasi inilah yang akan membuat siapa saja ingin segara meminumnya. Terlebih dalam keadaan siang hari akan menhujani tenggorokan yang panas. Perpaduan antara cincau hitam, gula aren, dan santan kepala menjadikan istimewa. Dijamin Kamu akan merugi jika tidak mencobanya. Soal rasa juga memiliki kesepadanan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

4Cumi Kering cabe

Kuliner khas Pengandaran ini terbilang spesial. Tidak saja karena berbahan dasar hasil laun, tetapi juga rasa yang disematkan. Cumi yang enak dipadukan dengan berbagai bumbu khas Pengandaran akan membuat oalahan ini begitu ciamik. Bagi pecinta pedas terlebih akan semakin lahap untuk menyantapnya. Karena memang cumi ini lebih banyak mengandalkan dabai. Tetapi jangan khawatir bagi kamu yangt tidak suka pedas karena bisa memesan rasa yang biasa atau tidak pedas.

5Pindang Gunung

Kuliner ini terlihat unik dinilah dari namanya. Tetapi jangan berpikiran unik juga untuk soal rasa. Karan olahan ini berbahan dasar ikan yang dibuat sup dengan bumbu sunda. Masakan ini biasa dimasak masyarakat dekat pantai dengan menggunakan ikan kakap. Pasti kamu Penasaran? Untuk itu ketika jalan-jalan ke Pengandaran jangan lupa mampir untuk menikmati pindang gunung ini. Dijamin rasa enaknya terbawa hingga tua nanti. Masakan ini mirip dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.