Menaklukan Puncak Gunung Prau Via Dieng, Wisata Terbaik Jawa Tengah

0
4140

Gunung Prau merupakan gunung yang favorit bagi para pendaki untuk menaklukan puncaknya. Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Meskipun tidak setinggi Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl, namun Gunung Prau termasuk dalam deretan 12 gunung terindah di Indonesia. Kamu tidak akan pernah bisa membayangkan jika belum berada di puncak Gunung Prau. Kamu akan melihat betapa indahnya sunrise dari puncak gunung ini. selain itu, kamu juga dapat melihat dengan jelas Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing berdiri kokoh dari puncak Gunung Prau.

Nah, dalam artikel berikut akan mengajak kamu menaklukan Puncak Gunung Prau melalui jalur Dieng. Jalur ini merupakan jalur yang paling favorit dipilih oleh para pendaki karena pemandangan alamnya begitu menawan. Selain itu, jalur ini juga tidak terlalu terjal dan curam seperti jalur-jalur lainnya. perjalanan awal akan dimulai dari pos pendakian via Dieng menuju ke pos 1 atau biasanya disebut dengan Pos Gemekan. Kamu akan melalui jalur bebatuan yang begitu landai. Pemandangan berupa ladang milik warga akan dapat kamu nikmati sepanjang perjalanan. Untuk menuju ke pos 1 kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Ketika sampai di pos pertama ini kamu akan mendapati persimpangan jalan. Jalan lurus akan membawa kamu menuju ke jalan yang biasanya digunakan oleh warga untuk mencari hasil hutan. Sementara jalur kanan akan membawa kamu menuju ke pos 2.

Perjalanan akan kamu lanjutkan menuju ke pos 2 atau biasanya disebut dengan Pos Semendung. Jalan yang kau lalui akan berubah menjadi tanah liat, dan jalannya sendiri juga akan terasa landai. Bahkan, kamu akan merasakan jalan yang cukup nyaman dibandingkan dengan perjalanan sebelumnya. Apalagi kamu akan menemukan pohon pinus yang terhambar di luas di sekitar lokasi. Tentu itu akan membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan. Untuk waktu tempuh sendiri kamu membutuhkan waktu sekitar 60 menit perjalanan. Setelah itu kamu akan melanjutkan menuju pos 3 atau biasa disebut dengan Pos Nganjir.

Untuk perjalanan menuju ke pos 3 kamu masih mendapati pemandangan berupa pohon pinus. Di tengah perjalanan kamu akan menemukan persimpangan jalan. Jalur kiri akan membawa kamu menuju pos Dwarwati di Kabupaten Batang. Sementara jalur kanan akan membawa kamu menuju ke pos 3. Perjalanan yang kamu butuhkan adalah 60 menit perjalanan. Sampai di pos 3 kamu dapat mendirikan tenda ataupun langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Gunung Prau. Disarankan kamu istirahat sejenak karena perjalanan akan semakin berat menuju ke puncak. Kemiringan yang ada di jalur menuju puncak sudah mencapai sekitar 50 derajat.

Setelah kamu sejenak memulihkan tenaga kamu akan melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Gunung Prau. Di tengah-tengah perjalanan nantinya kamu akan menemukan persimpangan. Jalur kanan akan membawa kamu menuju ke puncak, dan lurus akan membawa kamu menuju ke Tower Repeator. Tower tersebut merupakan tower milik pemerintah Kabupaten Jawa Tengah. Di sini kamu akan menemukan bangunan yang jadi satu dengan tower. Setelah itu kamu akan melanjutkan perjalanan dengan melewati padang rumput yang luas dan memerlukan waktu sekitar 60 menit untuk sampai di Puncak Gunung Prau.

Setelah melalui perjalanan dengan medan yang paling berat kamu akan sampai di Puncak Gunung Prau. Dari puncak inilah kamu akan menyaksikan keindahan alam yang begitu memesona dan akan membuat jantung kamu berdetak lebih kencang. Kamu akan melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing berdiri kokoh dari puncak ini. pemandangan itu akan membawa kamu seperti berada di negeri atas awan. Kamu bakal tidak dapat melupakan momen terindah di sini. Setelah puas menelanjangi puncak Gunung Prau, lebih lengkap lagi jika kamu berjalan turun menuju ke Bukit Teletubies Gunung Prau. Bukit Teletubies di Gunung Prau sangat popular dan menjadi andalan bagi para pendaki untuk menghabiskan waktu istirahat. Selain itu kamu juga akan menemukan hamparan bunga Daisy tumbuh di Sabana Prau. Tentu pemandangan ini akan sedikit melegakan tenaga kamu yang terkuras selama dalam perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.