Menantang Adrenalin Mendaki Puncak Gunung Merbabu 3.142 MDPL

0
3608

Gunung Merbabu merupakan gunung yang berada di Kabupaten Magelang, Salatiga, dan juga Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini sangat terkenal karena memiliki pemandangan yang begitu menawan dan mempesona. Para pendaki menjadikan Gunung Merbabu sebagai tempat favorit untuk mendaki. Gunung ini berada di ketinggian sekitar 3.142 mdpl dan termasuk gunung yang tinggi di deretan gunung yang ada di jawa Tengah. Gunung ini memiliki keindahan alam yang biasanya menjadi idola para wisatawan diantaranya seperti kawah Condrodimuko, Kombang, Sumbernyowo, dan Rebab.

Artikel kali ini akan mengajak kamu untuk menantang adrenalin mendaki Puncak Gunung Merbabu. Untuk menuju ke sini, kamu dapat menempuh dari berbagai jalur diantaranya jalur Selo yang ada di Boyolali, Jalur Tekelan di Salatiga, Jalur Suwanting, Wekas, dan Chuntel yang ada di Magelang. Dari jalut tersebut biasanya yang menjadi andalan atau favorit bagi para pendaki adalah dengan melalui jaur Selo. Alasannya adalah karena medannya tidak berat dan pemandangannya yang aduhai akan menghipnotis kamu. Jalur ini dapat kamu lalui berangkat dari Boyolali dan langsung menuju ke pos pendakian Selo yang ada di Desa Genting, Selo, Boyolali.

Setelah sampai di pos pendakian kamu akan membayar retribusi sebesar 15 ribu per orang. Setelah itu kamu akan mendapatkan pengarahan dan persiapan perbekalan sebelum berangkat menuju ke pos 1. Perjalanan awal dari pos pendakian menuju ke pos 1 dapat kamu tempuh dalam waktu 2,5 jam perjalanan. Jalur ini akan menyuguhkan panorama pohon pinus yang menyejukkan mata. Sampai di pos satu kamu akan melanjutkan perjalanan menuju ke pos dua. Waktu yang kamu butuhkan adalah sekitar 30 menit saja. Untuk treknya sendiri masih landai karena hanya ada beberapa tanjakan saja. Pemandangan di sepanjang jalur ini lebih terbuka dan berupa hutan yang masih asri dan alami. Setelah sampai di pos 2 kamu akan melanjutkan perjalanan menuju ke pos 3.

Perjalanan menuju ke pos 3 kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Jalur yang akan kamu lalui mulai menanjak dan agak licin. Jadi selain kamu harus menyiapkan fisik yang prima kamu juga harus berhati-hati. Disinilah kamu sudah mulai merasakan pemandangan puncak. Kamu juga akan melihat dengan jelas Gunung Merapi kokoh berdiri dan sangat indah. Kamu dapat mengabadikan momen itu dan tentu itu akan menjadi pengalaman baru seumur hidup kamu. Setelah sampai di pos 3 perjalanan akan kamu lanjutkan menuju ke Sabana 1.

Jalur yang akan kamu lalui menuju ke Sabana 1 akan lebih berat lagi karena trek sudah mulai berada pada kemiringan sekitar 60 derajat. Banyak pendaki yang menjuluki bahwa trek ini adalah trek maut yang paling berat untuk mendaki ke Gunung Merbabu. Untuk waktunya sendiri, kamu akan membutuhkan sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan. Dari sini kamu sudah melihat panorama dari ketinggian dan begitu menakjubkan. Biasanya para pendaki sudah dapat melihat sunse dari sini. Sampai di Sabana 1 kamu akan menjumpai hamparan kebun bunga yang ditumbuhi dengan bunga Edelweis. Setelah itu perjalanan akan berlanjut menuju ke Sabana 2.

Waktu yang kamu butuhkan untuk menuju ke Sabana 2 sekitar 2 jam perjalanan. Trek yang akan kamu lalui tidak seberat sebelumnya karena jalan sudah mulai landai. Namun kamu tetap harus hati-hati karena treknya masih licin. Setelah sampai di Sabana 2 kamu masih akan menemukan indahnya bunga Edelweis yang merekah. Biasanya para pendaki juga akan mendirikan tenda di sini untuk melepas lelah. Setelah itu perjalanan akan membawa kamu menuju ke Puncak Gunung Merbabu. Dari Sabana 2 menuju ke puncak kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Disarankan kamu berangkat pukul 3 pagi agar sampai di puncak kamu akan melihat indahnya matahari terbit dan kamu bakal takjub dibuatnya. Perlu kamu ketahui nih, bahwa Gunung Merbabu memiliki tiga puncak andalan yaitu Puncak Kenteng Songo yang berada di tengah dengan ketinggian 3.142 mdpl, Puncak Triangulasi yang berada di sebelah kiri dengan ketinggian sekitar 3.142 mdpl. Dan Puncak Syarif yang ada di sebelah kanan dengan ketinggian 3.119 mdpl. Disarankan kamu untuk menuju ke puncak utama, yaitu Puncak Kenteng Songo. Karena dari puncak ini kamu akan melihat dengan kokoh Gunung Merapi yang ada dibelakang kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.