Mencicipi 5 Kuliner Khas Banyuwangi, Sensasi Goyang Lidah Mak Nyus Ujung Timur Pulau Jawa

0
622

Tempat wisata dan kuliner memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya menjadi daya tarik yang mampu menyedot jutaan wisatawan lokal maupun manca negara. Kabupaten Banyuwangi terletak di ujung Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan tempatnya yang mempesona, Banyuwangi juga memiliki kuliner yang rasanya mampu menggetarkan lidah para penikmat. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang berkunjung tidak melewatkan kuliner dari Banyuwangi ini. Tempatnya yang strategis, sebagai jalur penyeberangan Pulau Jawa dan Pulau Bali membuat kabupaten ini selalu ramai oleh pengunjung.

Artikel berikut akan mengajak kamu untuk mencicipi 5 kuliner khas Banyuwangi, Sensasi goyang lidah mak nyus Ujung Pulau Jawa. Dijamin kamu akan penasaran dan ketgihan setelah mencicipi kuliner khas Banyuwangi. Berikut adalah ulasannya.

1Pecel Pitik

Kuliner khhas Banyuwangi yang pertama adalah Pecel Pitik. Makanan ini merupakan makanan khas Banyuwangi yang paling sering diburu oleh penikmat kuliner dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kamu dapat menemukan kuliner banyak disajika di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi yang merupakan tempat tinggal Suku Osing penduduk asli Banyuwangi. Perlu kamu ketahui nih, cara memasak Pecel Pitik ini dilakukan dengan tradisional sesuai dengan tradisi yang telah diturunkan dari para pendahulunya. Inilah yang membuat cita rasa Pecel Pitik dari dahulu sampai sekarang terjaga kelezatannya.  Ternyata Pecel Pitik ini disajikan untuk acara-acara adat. Pecel Pitik menggunakan bahan utama ayam kampung dan dipadukan dengan parutan kelapa yang membuat rasanya sekamin gurih.

2Sego Cawuk

Kuliner khas Banyuwangi selanjutnya adalah Sego Cawuk. Makanan sederhana ini pertama-tama kan diremehkan, namun ketika mencicipi kamu tidak akan berhenti untuk makan Sego Cawuk. Makanan yang berupa perpaduan antara nasi dengan kuah dan taburan parutan kelapa ini terbukti mampu menyihir jutaan wisatawan untuk memburu kuliner ini. Apalagi jika lauknya dendeng, telur, dan pepes serta lainnya. Untuk harganya sendiri sih, kamu akan kaget karena makanan yang begitu lezatnya dapat kamu nikmati dengan harga 6 ribu rupiah saja. Lokasi yang rekomended untuk menikmati Sego Cawuk ini, kamu dapat nikmati di Sego Cawuk Bu Mantih yang ada di jalan Wahid Hasyim, kurang lebih sekitar 500 meter dari Stasiun Rogojampi.

3Sego Tempong Mbok Wah

Kuliner khas Banyuwangi selanjutnya adalah Sego Tempong mboh Wah. Perlu kamu tahu nih, bahwa arti dari kata ‘tempong’ sendiri adalah tampar. Berarti kamu harus siap-siap ketika makan kulier ini kamu berasa ditampar karena kelezatannya. Sego Tempong Mbok Wah sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena memang menjadi primadona di Banyuwangi. Kamu akan merasakan lezatnya Nasi Tempong ditemani dengan ikan goreng dan olahan lainnya seperti cumi dan kepiting yang akan membuat rasa kuliner ini semakin mak nyus. Untuk harganya sendiri sih, terbilang sangat murah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 7 ribu rupiah saja, murah bukan? Nasi Tempong Mbok Wah terletak di Jalan Gembrung Nomor 220 Banyuwangi.

4Rujak Soto Mbok Mbret

Kuliner khas Banyuwangi selanjutnya adalah Rujak Soto Mbok Mbret yang selalu ramai dikunjungi. Warung makan yang berlokasi di samping bekas bioskop Sylca di Kawasan Benculuk, Cluring, Banyuwangi ini menyajikan menu andalan yaitu Rujak Soto. Makanan ini begitu popular di Banyuwangi. Rasanya sendiri memang lezat dan tidak dapat digambarkan dengan kata-kata sebelum kamu mencicipi kuliner ini. Makanan yang menggunakan campuran antara bumbu rujak, dan kuas soto serta kombinasi daging, babat, telur puyuh ini akan menggetarkan lidah kamu. Dijamin kamu bakal ketagihan karena selain lezat harganya sendiri yang murah yaitu hanya 20 ribu saja dan juga tempatnya sendiri ada di daerah wisata Benculuk yang menyegarkan.

5Sego Bungkus Bu Poer

Kuliner khas Banyuwangi yang selanjutnya adalah Sego Bungkus Bu Poer yang menyuguhkan menu nasi bungkus dengan berbagai lauk sesuai selera kamu. Kamu juga bisa memilih nasi janug, nasi putih, nasih kuning, ataupun nasi merah juga lho. Mau tahu harga untuk satu porsi nasi bungkus yang terkenal di Banyuwangi ini? Yups, kamu hanya memerlukan 12 ribu rupiah saja untuk dapat menikmati lezatnya nasi bungkus khas Banyuwangi ini. Kamu dapat berkunjung ke rumah makan yang terletak di Jl PB Sudirman Banyuwangi untuk menikmati nasi bungkus ini. Rumah makan ini bukan pada pukul 06.30 pagi dan siap untuk menyajikan menu untuk sarapan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.