Mencicipi Kuliner di Provinsi Termuda Gorontalo, Soal Rasa Oke Punya

0
402

Siapa yang tidak mengenal provinsi Gorontalo. Sebauh provinsi yang terbilang masih begitu muda di Indonesia. Provinsi ini di bentuk pada tangga 22 Desember 2000. Meskipun masih begitu muda soal umur. Jangan pernah bepikir ketika ke Gorontalo Kamu akan menemukan kejenuhan. Tentu di Gorontalo ini akan menemukan surga keindahan alam yang tentu memikat hati. Selain itu, tentu yang tidak kalah menarik adalah kuliner yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Kuliner yang akan semakin membuat provinsi ini semakin instimewa. Tidak saja, istimewa tetapi semakin dikageni oleh siapa saja yang pernah berkunjung ke Provinsi ini.

Kuliner khas dari Gorontalo ini dijamin akan membuat siapa saja tidak ingin angkat kaki meninggakan hidangan. Karena memang hidangan yang disajikan terbuat dari bahan-bahan yang masih terjaga keaslian, kehigenisan, dan tentunya dengan perpaduan racikan bumbu dari tangan-tangan kreativ dna handal dari masyarakat kita. Kamu yakin tidak ingin ke Gorontalo dan mencobanya? Kalau belum yakin artikel berikut akan semakin menguatkan keyakinan kamu. Karena akan mengupas beberapa kuliner khas Gorontalo yang oke punya.

1Ayam Iioni

Kuliner yang pertama dari Gorontalo ini tidak sekadar ayam biasa yang dimasak atau digoreng. Tetapi jauh dari pada itu memiliki kekhasan tersendiri. Adapun ciri khas itu berupa bumbu yang digunakan. Pokonya bumbu yang digunakan lengkap dan dijamin akan semakin menambah kelezatan dari ayam ini. adapun bumbu itu berupa bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri, dan tentu rempah-rempah khas Gorontalo yang mantab. Tidak saja itu, ayam yang dijadikan bahan dala kuliner ini direndam dengan santan. Tunggu sekitar beberapa jam hingga meresap kemudian di panggan. Dari panggangan inilah yang menghasilkan rasa yang pas dan tentu tidak terkontaminasi dengan bahan pengawet lainnya. Dijamin selain rasa yang enak juga terjamin kehigenisannya. Kamu yakin tidak ingin mencobanya? Soal rasa sepadan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

2Binte Biluhuta

Kuliner Gorontalo yang selanjutnya ini berbahan dasar dari jagung. Memang girontalo terkenal daerah penghasil jagung yang lumayan tinggi. Untuk itulah salah satu kreasi dari masyarakat dijadikan sebagai olahan yang menerik lidah. Kata binte berarti jagung, biluhuta berarti disiram. Sehingga, kuline ini cara membuatnya dengan jagung yang disiram. Kuliner ini memiliki kesamaan dengan bubur Menado, yaitu sama memiliki kuah dengan suwian ikan dan sayuran lainnya. Namun, letak berpedaanya adalah bahan dasar yang digunakan. Kalau Mendo menggunakan beras dan singkong, sedangkan Gorontalo menggunakan Jagung. Kuliner ini sangat lezat dinikmati ketika pagi hari sambil melihat pemandangan alam Gorontalo. Selain itu, rasa yang disajikan memiliki kemiripan dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

3Kue Sabongi

Kue khas Gorontalo ini merupakan makanan ringan yang memang sudah ada sejak nenek moyang masyarakay sekitar. Sudah dipastikan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi bagi masyarakat sekitar. Untuk itulah kuliner ini begitu melegenda dan sangat di sukai. Kue ini berbahan dasar dari singkong dan pisang yang dimasak dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa oke punya. Cemilan bergizi ini sangat cocok menemani sore Kamu di Gorontalo bersam dengan orang tersayang.

4Tili Aya

Kuliner khas gorontalo ini memang begitu istimewa karena hanya dapat ditemukan di acara-acara tententu saja. misalnya ketika upacara ada masyarakat sekitar.  Makanan ini disajikan bersamaan dengan nasi dan lauk lainnya. Dapat disimpulkan kuliner ini merupakan pelengkap dari makanan yang ada. Namun tidak pelengkap semata melainkan sebagai satu kesatuan yang wajib ada. Kuliner ini mudah cara membuatnya karena hanya berbahan dasar gula merah yang dicampur dengan butiran telur dan santan.  Setalah itu dicmapur menjadi satu adonan dan dikukus. Tentu rasa khas yang ada membuat Kamu semaki gila makan.

5Bilenthango

Mungkin Kamu akan bertanya-tanya akan kuliner ini karena memiliki nama yang unik. Sesungguhnya kuliner ini berbahan dasar ikan mujair. Cara memasaknya pun juga cukup unik yaitu setengah di goreng dan dipanggang. Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah. Ikan yang telah diberihkan di belah menjadi dua bagian. Kemudian digoreng atau dipanggang di atas daun pisang yang telah di olesi dengan minyak. Api yang digunakan juga harus kecil kerena menghindari ikan yang akan gosong. Tidak cukup di situ ikan dibumbihi dengan rempah-rempah agar meresap hingga ke dalam. Cara membubuhi dengan disiram sehingga ikan sekaan mandi bumbu. Kamu tenu penasaran akan rasa ikan itu. Untuk itulah kamu wajib mencobanya. Aroma dan rasa kuliner ini memiliki kemiripan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.