Mencicipi Kuliner Khas Samarinda yang Membuat Lidah Bergetar

0
846

Samarinda merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur. Memang agak jauh kalau kita berada di Pulau Jawa. Namun, karena juah itu tidak menutup kemungkinan untuk mengetahui lebih dalam akan apa yang ada di Samarinda. Tentu kalau berbiacara tentang wisata alam tidak kalah dengan daerah lainnya. Alam yang masih terjaga akan menjadi spot menarik untuk dijadikan momen berfoto. Tidak saja itu, pepohonan yang masih terjag a akan membuat lingkungan begitu sejuk. Selain wisatawa alam Samarinda juga memiliki wisata kuliner yang tidak kalah ciamik. Perpaduan rempah-rempah dan tangan masyatakat yang lihat dalam meracik bumbu membuat kuliner Samarinda terkenal lezat. Untuk itu, Artikel berikut akan mengupas terkait dengan kuliner khas Samarinda.

1Ayam Cincane

Kuliner khas Samarinda yang pertama berupa ayam Cincane. Ayam ini begitu spesial karena dipadukan dengan bumbu cincane. Sebuah bumbu kha dari Samarinda yang begitu melegenda. Ayam yang digunakan juga pilihan sehingga akan membuat masakan ini semakin lebih mantab. Kuliner ini dahulu memang hanya di masak ketika ada acara tertentu. Namun. Sekarang dapat dinikmati di berbagai warung makan yang ada di Samarinda. Terlebih ayam ini dimasak sedemikian rupa sehingga empuk dan lembut. Dengan sepiring nasi dan tambahan ssayuran lainnya ayam cincane akan membuat perut kamu tidka berhenti untuk menyantapnya.

2Pisang Gapit

Kuliner khas Samarinda berikutnya berupa pisang gapit. Pisang ini dalam proses memasaknya seperti namanya yaitu digapit. Tujuan digapit ini untuk memberikan kamatangan yang sempurna pada pisang. Sehingga, ketika dinikmati akan jauh lebih enak dan gurih. Menarikny pisang ini dibakar dan dilumuri bumbu yang beraroma nangka. Aroma inilah yang menjadikan masakan Samarinda ini berbeda dari lainnya. Terlebih dinikmati ketika sore hari sambil memandang keindahan alam, yang akan menjadikan liburan akan jauh lebih asyik.

3Pepes Kepiting

Bagi kamu yang begitu menyikai dengan masakan kepiting. Ketika berkunung ke Samarinda akan menemukan kuliner yang berupa pepes kepiting. Pepes ini menggunakan kepiting soka, yang terkenal dengan daging yang empuk dan giruh. Perpaduan bumbu rempah-rempah khas Samarinda juga akan memberikan citarasa yang jauh lebih nikmat. Untuk itu, ketika berkunjung ke Samarinda kurang pas tanpa menikmati pepes kepiting. Dijamin lidah akan meminta kembali untuk menikmatinya.

4Nasi Kuning Khas Samarinda

Nasi ini memang familier untuk kita. karena setipa daerah menemukan makanan ini. Namun, yang menjadi pembeda di Samarinda berupa campuran dalam penyajiannya. Terdapat suwiran ayah, telur goreng, teri kacang, dan lauk lainnya. Denga perpaduan inilah yang menjadikan nasi kuning begitu istimewa. Istimewanya lagi soal rasa khas Samarinda yang begitu ciamik. Bagi yang tidka suka dengan daging ayam tidak perlu khawatir. Karena bisa memilik potongan ikan gabus dan ikan haruan yang dapat mengantikan suwiran ayam. Dijamin kuliner ini akan membuat lidah bergetar.

5Nasi Bekepor

Kuliner khas Samarinda berikutnya berupa nasi bekepor. Nama dari nasi ini memang sedikit unik dan asing. Meskipun demikian rasa yang dihasilkan akan membuat kamu ketagihan. Menariknya nasi ini tidak berbahan dasar beras seutuhnya, tetapi ada perpaduan dari rempah-rempah yang dimasak menjadi satu di kendi khusus. Cara memasak yang tradisional inilah yang membuat nasi bakepor terasa alami. Tentunya dengan menggunakan kendi citarasa lebih dapat menyatu dengan baik. Karena menggunakan alat yang berbahan baku tanah. Nasi ini akan tambah nikmat di padukan dengan berbagai lauk dan disantap dengan melihat keindahan wasata alam Samarinda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.