Mencicipi Masakan Jawa Barat, Soal Rasa Terbukti Nikmat

0
916

Berbicara tentang nusantara tidak akan pernah habis untuk dibahas. Semua ada di tanah air tercinta kita ini. Tidak mengherankan ketika banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan keindahan anugrah Tuhan negeri ini. Dari Sabang sampai Marauke semua ada dan hanya ada di Indonesia. Tentu sebagai masyarakat kita begitu bangga.

Salah satu wilayah di Indonesia yang menarik untuk di bahasa adalah Jawa Barat. Salah satu provinsi yang menjadi salah satu serpihan surga yang diberikan Tuhan untuk kita semua. Tidak hanya hawa sejuk yang akan menyejukkan hati Kamu ketika berkunjung. Tetapi juga akan menemukan berbagai kuliner yang memanjakan perut Kamu. Dijamin kelezatannya tiada duanya. Adapun daftar kuliner itu sebagai berikut.

1Lotek

Kuliner dari Jawa Barat pertama adalah lotek. Jenis makanan ini mirip dengan pecel, tetapi ada perbedaan yang menjadikan lotek ini begitu berciri khas. Pecel sendiri menggunakan sayuran yang direbus dan disiram dengan sambal kacang. Namun yang membedakan dengan lotek berupa pelengkapnya, yaitu bahwan. Sejenis cemilan yang berbahan dasar adonan telur dan jagung yang telah di haluskan. Bumbu kadang dan bawang putih dalam kuliner lotek memberikan ciri khas tersendiri. Selain itu, untuk rasa memiliki kemiripan Wisata kuliner sukabumi yang menggugah selera makan.

2Batagor

Siapa yang tidak mengenal makanan batagor, bahkan menjadi makanan yang telah masuk dalam menu favorid Kamu. Kuliner ini sebenarnya kepanjangan dari bakso tahu goreng. Batagor ini terbuat dari bakso yang dikukus. Setalah itu digoreng dan disajikan dengan sambal, saus, dan bumbu lainnya yang menjadikan begitu menggoda. Bakso yang enak akan jauh lebih enak ketika digoreng. Terlebih dinikmati dengan orang tersayang akan semakin menambah tingkat kebahagian. Kenikmatannya tidak kalah denganĀ kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

3Sega Lengko

Kuliner khas Jawa Barat ini akan dapat Kamu jumpai di kota Bandung, Cirebuh, Indramayu, dan Brebes. Bahan dasar dari kuliner ini terbilang sederhana karena berupa nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, timun, tauge goreng, daun kucai, kacang, bawang goreng dan kecap. Campuran berbagai bumbu inilah yang menjadikan nasi ini bukan nasi biasa. Tetapi nasi yang akan menggugah selesa makan Kamu.

4Cireng

Kuliner cireng atu aci goreng, yang dalam bahasa Indonesia berupa tepung kanji goreng. Bahan dasar dari kuliner ini berupa tepung kanji yang dicampur air, garam, bawang putih dan daun bawang. Bumbu ini yang dicampur ke dalam adonan kemudian di goreng. Makanan ini sangat favorid bagi anak-anak sekolah dasar karena selain murah juga lezat. Terlebih dihidangkan dalam keadaan panas atau habis digoreng akan semakin nikmat. Ketika kamu ke Jawa Barat kurang abdol tidak mencicipi kuliner cifeng ini

5Rengginang

Rengginang mungkin tidak asing bagi Kamu. Karena hampir setiap pasar disetiap daerah ada yang menjajakan. Salah satu kuliner yang berbahan dasar beras ketan ini memang nikmat karena krispi dan ada aroma gurih dan juga asin. Aroma asin ini berasal dari garam yang dijadikan bumbu tambahan dalam kuliner ini. Tentu jauh lebih nikmat lagi ketika dimakan dengan kopi panas. Terlebih disantap sambil perjalanan di Jawa Barat akan menambah kenyaman karena perut tetap terisi. Rasanya juga sepadan denganĀ kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.