Mencicipi Surga Lidah Kuliner Bumi Reog Ponorogo

0
842

Siapa yang tidak mengenal Ponorogo? Sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan reognya. Reog yang memiliki sejarah panjang dan terkenal hingga mancanegera. Berkat reog juga Ponorogo menjadi destinasi wisata yang begitu banyak dikunjungi. Seungguhnya tidak saja itu, Ponorogo juga memiliki lokasi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah talaga ngebel. Telaga alam yang begitu memesona yang terletak di desa Ngebel. Selain itu, Ponorogo juga terkenal dengan wisata kuliner khasnya yang menggoda lidah. Untuk itu, artikel berikut akan mengupas terkait kuliner khas Ponorogo.

1Sate ayam Ponorogo

Kuliner khas Ponorogo yang pertama adalah sate ayam. Sate mungkin tidak asing bagi anda. Terlebih sate ayam menjadi salah satu masakan terenak yang ada di Indonesia. Walaupun sate ayam identik dengan Madura. Ponorogo juga memiliki sate ayam yang khas, yang menjadi pembeda adalah cara mengiris daging ayamnya. Cara memotong adalah dengan di sayat tipis menyerupai fillet, selain lebih empuk gajih dan lemak dalam daging bisa di sisihkan. Ketika menikmati akan menemukan dagingnya saja yang begitu enak. Selain itu, bumbu sate juga direndam terlebih dahulu sebelum di bakar. Rendahaman inilah yang menjadikan sate ayam ponorogo begitu nikmat. Karena bumbu rempah-rempah begitu meresap.

2Nasi Pecel Ponorogo

Pecel bagi masyarakat Ponorogo menjadi salah satu menu yang wajib. Bahkan setiap warung selalu menyediakan kuliner khas ini. Meskipun pecel ada di daerah lain, di Ponorogo pecel begitu spesial. Spesial ini berupa sambal kacang yang begitu enak, berbagai macam sayuran, kecambah, dan tentu ada gorengan semacam tahu maupun tempat. Pecel di Ponorogo juga terdapat dua faviasi, yaitu pedas dan biasa. Untuk penyuka pedas tentu akan begitu menikmatinya. Bagi yang tidak bisa memesan yang biasa. Untuk itu, ketika berkujung ke Ponorogo kurang lengkap tanpa menikamti kulier kas pecel.

3Sate Gulai Kambing

Kuliner khas ini memang dapat ditemui di beberapa daerah lainnya. Begitu juga di Ponorogo, tetapi jauh lebih berbeda. Perbedaan itu terletak pada rasanya yang cendderun pedas dan gurih. Selain itu, dading sate gulai juga lebih empuk dan bumbunya  begitu meresap. Daging kambing sebelum di bakar di rendam sebantar dengan air panas.Tujuannya agar lebih empuk ketika dinikmati. Ciri khas lain adalah rombong, yaitu tempat menaruh atau menjajakan sate gulai yang terbuat dari rotan dan ada pikulan yang melengkung. Ciri khas ini akan kamu jumpai hanya ada di Ponorogo.

4Tiwul Goreng

Kuliner khas Ponorogo berikutnya adalah tiwul goreng. Tiwul ini ini begitu spesaial karena cara membatnya yang terbilang khas dan membutuhkan waktu yang lama. Gaplek atau singkong yang sudah dijemut hingga kering kemudian direndam selama beberapa hari. Setelah itu gaplek ini ditumbuk halus dan dimasak dengan dikukus secar sederhana. Terakhir adalah dengan mengorengnya. Proses yang panjang inilah yang akhirnya menghasilkan kuliner yang enak. Selain itu, ketika menikmati selalu ditemani cemilan lainnya misalnya gorengan. Tentu hal ini akan lebih asyik sambil menenggok telaga ngebel.

5Dawet Jabung

Kuliner dawet di Ponorogo begitu istimewa dan memiliki sejara yang panjang. Karena orang yang berjualan adalah perempuan yang ingin mencari jodoh. Untuk itu, salah satu yang masih melekat akan legenda itu adalah cara menyajikan. Lepek yang dijadikan alas wadah dawet jabung tidak boleh ikut diambil pembeli karena jika diambil dan rela penjualnya berari siap untuk dipinang. Selain itu, memang dawet cabung begitu segar campuran cedol, santan, sirup, dan sedikit garam akan begitu menggoda lidah, terlebih dinikmati ketik siang hari akan menyegarkan tenggorokan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.