Menelusuri Puncak Rinjani, Menelusuri Magnet Rasa yang Menggoda

0
453

Lombok memang tidak akan pernah bosan untuk dibicarakan karena memang keindahan alam yang menawan. Gugusan pantai dan bentangan alam anugrah Tuhan memang membuat siapa saja terkagum-kagum. Tidak mengherankan banyak wisawatan yang berkunjung ke Lombok.

Apa jadinya ketika jalan-jalan ke Lombok tidak mencoba makanan lokalnya. Makanan sebagai salah satu ciri khas yang tentu memiliki citrasa yang nikmat.  Banyak orang yang beranggapan masakan lombok akan seperti namanya lombok (cabai). Identik dengan rasa pedas. Sebenarnya Lombok sendiri berasal dari bahasa Sasak yang berarti lurus. Jadi tidak ada kaitan antara nama dan rasa dari masakan. Untuk tahu lebih jauh, artikel berikut akan membuat kamu semakin banuak tahu.

1Nasi Puyung

Kuliner lombok ini berasal dari desa kecil yang bernama Puyung. Penemu dan peracik kuliner ini adalah Inaq Esum (inang yang berarti ibu). Menu dari kuliner ini memang terlihat biasa. Hany bersisi suwiran daging ayam dan beberapa cabai, kacang kedelai, tabran udang kering, abon, dan belut goreng. Justru dari perpaduan yang lengkep inilah yang menjadikan kuliner ini terlihat mewah. Selain itu, juga memiliki rasa pedas yang natural yaitu berasal dari cabai. Rasa pedas inilah yang dijamin akan semakin membuat kamu bergairah untuk menikmatinya. Masakan ini juga selaras dengan makanan tradisional kulon progo klasik tetapi tetap eksis.

2Sate Rembiga

Kuliner Lombok ini telah ada sejak dahulu kala. Pembuat dan penemu dari masakan ini adalah serorang Keluarga Raja Pejanggik yang tinggal di Rembiga. Tidak mengherankan kalau namanya adalah sate rembiga. Sebenarnya sate ini seperti sate pada umumnya, di bakar dengan sambal. Dalam masakan Lombok ini daging yang digunakan adalah daging sapi. Tidak  seperti sate pada umumnya. Melalui keahlian dalam meracik yang diturunkan secara turun temurun inilah yang tetap menjaga akan keaslian dari masakan ini. Ketika menikmatiny seakan Kamu nostalgia dengan masakan tradisional lampau.

3Plecing Kangkung

Kangkung mungkin sudah banyak yang mengatahui dapat dijadikan berbagai olahan makanan. Sama halnya dengan kangkung asli lombok. Kangkung yan memiliki batang besar dan renyah. Berbeda dengan kangkung yang ada di Jawa yang cenderung kecil-kecil. Masakan Lombok ini biasa dipadukan dengan terasi, tauge, kacang tanah, dan serudeng. Tekstur yang lembut dan terasa alit akan terasa ketika mencicipinya. Dijamin membuat siapa saja yang mencoba ketagihan. Melalui masakan ini akan menemukan makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

4Beberuk Terong

Kuliner Lombok ini berbahan dasar seperti yang tercantum di namanya, yaitu terong. Mekipun hanya sekedar terong tetapi racikan bumbu yang pas dan keahlian dari masyarakat Lombok menjadikan kuline ini mampu bersanding dengan masakan di restoran. Beberuk sendiri merupakan lalapan kash daerah Lombok. Irisan dari terong dan kacang panjang yang disiram dengan sambal temot. Sambal tomat dengan aroma khas akan membuat Kamu semakin bersemngat untuk menikmati kuliner ini. Kuliner jenis ini biasanya disajikan dengan pelecing kangkung dan ayam taliwang.

5Ayam Taliwang

Masakan yang satu ini menarik kamu coba ketika berkunjung ke Lombok. Ayam tilawang ini memiliki sejarah yang panjang. Pertama kali diperkenalkan oleh Sultan Sumbawa yang bertempat tinggal di Lombok pada zaman raja Karangasem. Tahukan Anda untuk membuat ayam taliwang  menggunakan bumbu yang tidak jauh berbeda dengan kuliner ayam pada umumnya. Menjadi pembeda adalah sejarah yang mengiringinya. Karena dengan menikmati kukiner ini seakan Kamu akan bertamasyara ke masa silam. Dalam kuliner ini Kamu akan menemukan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.