Mengintip Indahnya Hutan Wisata Kalibiru

0
1383

Hutan Wisata Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Jogja. Tempat wisata yang satu ini akan memanjakan paru-paru dan mata Anda dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Bagaimana tidak? Karena sejauh mata memandang, yang Anda temukan adalah hamparan pepohonan yang tumbuh tinggi dan meneduhkan kawasan hutan wisata yang satu ini. Wisata Kalibiru namanya sudah mulai terkenal sejak 2014 lalu, berlokasi di Yogyakarta dan tepatnya berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini kabarnya merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat.

 

Jika Anda memiliki waktu yang cukup untuk berlibur, mengunjungi tempat baru dan melepaskan kepenatan Anda dari rutinitas, Hutan Wisata Kalibiru bisa menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan. Dengan berkunjung ke Kalibiru, Anda bisa melakukan tracking, terutama bagi Anda yang suka berjelajah di alam bersama teman-teman. Tak hanya itu, kawasan ini juga tak jauh dari home stay dimana Anda bisa menyewanya untuk beristirahat dan menginap selama Anda berwisata disana. Spot lainnya yang begitu populer dari wilayah ini adalah gardu pandangnya.

Hutan Wisata Kalibiru

Gardu pandang di kawasan hutan ini sebenarnya cukup sederhana karena hanya dibuat dengan tangga dan papan kayu. Namun istimewanya adalah gardu pandang ini semacam rumah pohon yang menempel pada sebuah pohon yang cukup tinggi, dan dari ketinggian itu Anda bisa memandang hingga jauh pemandangan Kalibiru yang mempesona. Tak heran banyak orang berfoto ditempat ini dan mempostingnya ke berbagai sosial media seperti instagram.

Hutan Wisata Kalibiru yang terletak di kabupaten Kulon Progo ini juga memiliki tanah perkemahan dan fasilitas outbound yang cukup lengkap dan memadai. Itu tandanya, lokasi ini tak hanya cocok untuk Anda bersama teman-teman namun juga untuk para wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Bukit Menoreh juga menjadi daya tarik tersendiri di hutan wisata ini. Mengingat banyaknya pepohonan dan termasuk berada di dataran yang tinggi, suhu udara di kawasan ini termasuk sejuk dengan hawa yang segar. Cocok untuk Anda yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan polusi perkotaan yang menjenuhkan.

Hutan Wisata Kalibiru
Hutan Wisata Kalibiru (sumber foto : jogjavakansi.com)

Fasilitas yang masih sangat diunggulkan dan paling digemari dari Hutan Wisata Kalibiru lainnya adalah areal parkirnya yang cukup luas, serta keberadaan kios makanan yang tidak jauh dari spot wisata inti. Selain itu akan banyak ditemukan fasilitas toilet yang bersih dan memadai dan juga pendopo bagi pengunjung yang lelah berkeliling di hutan wisata yang luas ini. Terhitung ada 6 homestay yang disewakan di kawasan Kalibiru dengan biaya sewa mulai dari 129 ribu rupiah. Namun homestay nya bisa menampung hingga 30 orang. Itu tandanya bagi Anda yang datang berbondong-bondong dengan keluarga besar atau acara kantor bersama rekan-rekan kerja Anda, tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak biaya dengan menyewa lebih dari 1 homestay di kawasan Hutan Wisata Kalibiru ini.

Untuk sampai ke lokasi ini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 kilometer dari kota Yogyakarta, selain itu lokasi ini juga tak jauh dari tempat wisata lain bernama Waduk Sermo. Meskipun jalannya sedikit menanjak, namun medannya tidak terlalu sulit. Anda juga cukup mengeluarkan biaya tiket masuk yang hanya sekitar 3000 rupiah saja perorang.

Waduk Sermo
Waduk Sermo

Demikian sedikit ulasan mengenai Hutan Wisata Kalibiru di kabupaten Kulon Progo Yogyakarta yang menyuguhkan wisata alam hutan yang menarik dan sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai suasana hijau danĀ asri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.