Menyusuri Indahnya Pantai Ngrumput di Gunung Kidul

0
248

Menyusuri obyek wisata di daerah Gunung Kidul memang tidak ada habisnya, mulai dari wisata bebukitan hingga wisata bahari. Jika datang dari Kota Jogja, tentunya melewati Jalan Wonosari, kita akan terus dibimbing menuju arah Gunung Kidul. Kira-kira satu jam dari lamanya dari Kota Jogja. Untuk anda yang berada di Jakarta dan Surabaya, anda bisa menikmati promo tiket murah dari pegipegi.com loh.

Disana, pengunjung akan dimanjakan dengan keelokan alam dari atas bukit, selain juga disana terdapat embung atau waduk. Biasanya para wisatawan yang memasuki kawasan Nglanggeran bersantai sambil menikmati keindahan embung yang terdapat di pucuk bukit Nglanggeran.

Sebelum masuk kawasan pantai, pengunjung akan dihadang oleh seseorang. Namun tenang saja, aksi penghadangan ini bukanlah ulah ketidakbenaran, melainkan penarikan biaya masuk kawasan pantai. Namun jika uang sudah diserahkan, maka pengunjung tinggal memilih pantai mana yang akan dituju, mengingat sepanjang Gunung Kidul bagian selatan memang sarat dengan pantai. Namun tenang saja, karena hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah, Anda dapat menikmati pantai sepuasnya.

Salah satu pantai yang terletak di Gunung Kidul adalah Pantai Ngrumput. Namun pantai ini bukan layaknya namanya ‘ngrumput’, yang berasal dari kata rumput. Karena disana bukanlah padang rumput ataupun pantai yang ditumbuhi banyak rumput. Namun pantai Ngrumput adalah pantai yang diatas pasirnya terdapat batu berserakan.

Lebih indahnya lagi, di sebelah selatan Pantai Ngrumput, Gunung Kidul ini terdapat batu karang. Namun batu karang yang ini mungkin tidak seperti batu karang yang sering Anda jumpai ketika berkunjung ke pantai. Karena batu karang yang terdapat di sisi selatan Gunung Kidul ini ditengahnya terdapat lubang. Ya, ditengah batu terdapat lubang, sehingga jika ombak datang, sebagian ombak juga akan melewati lubang pada batu karang. Cukup menarik bukan, menyaksikan pemandangan langka.

Pantai Ngrumput, Gunung Kidul, tepatnya terletak di Desa Ngastirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Selain Pantai Ngrumput, sebenarnya di Desa Ngastirejo juga terdapat obyek wisata bahari, yang juga berbentuk pantai. Namanya Pantai Drini. Nah, untuk nama pantai yang terakhir ini mungkin sudah dikenal oleh banyak orang, karena Pantai Drini lebih terkenal dari pada Pantai Ngrumput. Jika berkunjung ke Desa Ngastirejo, biasanya seseorang yang dituju adalah Pantai Drini, bukannya Pantai Ngrumput, karena untuk Pantai Ngrumput sendiri masih terdengar asing di telinga.

foto : Izlan Somai /Shutterstock

Namun tenang saja, karena untuk mengunjungi Pantai Ngrumput juga dapat ditempuh dari Pantai Drini, bahkan dengan berjalan kaki sekalipun. Untuk menuju Pantai Ngrumput, jika perjalanan dimulai dari Pantai Drini, maka terdapat dua jalan. Pertama adalah dengan menyusuri pantai Drini. Menempuh jalan ini, bagi wisatawan akan cukup memakan sedikit waktu, yakni antara 10-15 menit.

Perjalanan menyusuri pantai dapat dilakukan dengan catatan kondisi laut sedang surut, karena jika sedang pasang, maka akan sangat berbahaya. Sedangkan jalur kedua dapat ditempuh lewat perbukitan. Namun untuk menuju Pantai Ngrumput, jika ditempuh melalui perbukitan membutuhkan waktu agak lama, yakni sekitar 30-45 menit. Jika dari Pantai Drini, untuk menuju ke arah Pantai Ngrumput, Gunung Kidul, Anda harus berjalan ke arah Timur, hingga jaraknya kurang lebih 700 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.