Menyusuri Pesona Cahaya Surga di Goa Jomblang Gunung Kidul

0
3177
goa jomblang jogja

Sebuah mahakarya goa dengan pesona standar dunia, tersimpan di bawah sudut hutan jati meranggas Gunggung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang namanya, merupakan sebuah goa yang menyimpan serpihan surga menghijau dan sungai bening bawah tanah di dalamnya. Dengan sebuah lubang yang terbujur tegak khas gua-gua vertical, goa alami satu ini terkenal dengan keunikannya yang bernama cahaya sorga. Sebenarnya apa sajakah keistimewaan goa alam Jomblang ini? Jika Anda belum memiliki kesempatan untuk mengunjunginya secara langsung, mari berkeliling menyibak pesona si Luweng Jomblang dalam kata terlebih dahulu.

Gua Jomblang merupakan gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Sebuah lorong sepanjang 300 m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah akan membawa Anda menuju Gua Grubug, tempat di mana bisa menyaksikan cahaya surga. Goa dengan variasi kedalaman antara 50, 60, dan 80 meter ini memiliki sebuah hutan purba pula di sepanjang datarannya. Hutan yang tumbuh lebat menghijau di bawah permukaan tanah ini bisa hidup karena pancaran sinar matahari tersebut. Pesona goa berjuluk Jomblang ini bahkan sudah sampai telinga para traveler luar negeri dan membuatnya terpilih sebagai lokasi pengambilan gambar Amazing Race America.

goa jomblang jogja

Akses Berkunjung Ke Goa Jomblang

Mari kita tenangkan sejenak berkagum-kagum ria pada pesona Luweng Jomblang. Ya, dibandingkan dengan menyebutnya sebagai goa, penduduk sekitar lebih akrab menyebut goa ini dengan sebutan luweng Jomblang. Hal ini tentu saja karena bagi pengamatan awam, goa vertical lebih tampak seperti lubang sumur alam, yang biasa disebut dengan luweng. Jadilah penduduk sekitar menyebutnya Luweng Jomblang, dan sempat dianggap wingit.

Goa penuh pesona ini terletak di titik karst perbukitan pesisir selatan Jawa yang membentang dari daerah Gombong, Jawa Tengah sampai bersambung pada karst pegubugan Semu di Pacitan, Jawa Timur. Luas mulut goa Jomblang mencapai 50 meter, namun kedalaman dasarnya bervariasi. Baik ingin menapaki dasar paling pendek ataupun paling panjang, setiap pengunjung diwajibkan untuk memiliki kemampuan single rope technique khas para climber.

goa jomblang jogja

Meski begitu, para wisatawan yang belum memiliki pengalaman pendakian masih bisa mencoba untuk berpetualang di lorong bawah tanah Goa Jomblang. Pihak pengelola goa yang masuk dalam wilayah kabupaten Gunung Kidul ini telah menyediakan peralatan caving dan juga jasa pendamping untuk masuk menyusuri mulut gua. Tanpa peralatan yang tepat dan panduan, goa vertikal yang cenderung gelap akan cukup berbahaya untuk disusuri. Jadi, Anda tidak boleh asal main susur goa tanpa pengetahuan pengelola ya, karena bisa menimbulkan akibat fatal bagi Anda sendiri.

Indahnya Dasar Si Luweng Jomblang

Di dasar goa Jomblang terdapat tanah luas remang-remang dengan hutan purba. Aneka semak, bebungaan, sampai dengan pohon besar tumbuh di dasar goa ini. Ditambah dengan suasana tenang dan sejuk khas dunia bawah tanah, pasti akan memesona siapa saja. Apalagi untuk masuk dalam goa dibatasi hanya 25 orang per kloter agar suasana alamnya tetap terasa.

keindahan goa jomblang

Dari dasar Luweng Jomblang inilah wisatawan akan dibimbing menuju lorong sejauh 300 meter menuju luweng Grubug. Legenda keindahan cahaya surga sebenarnya terletak di luweng Grubug ini. Sepanjang perjalanan menuju Grubug, lorongnya dihiasi oleh ornament alam yang menawan, mulai dari stalaktit dan stalakmit, sampai dengan pantulan batu Kristal yang indah. Setelah perjalanan 300 meter yang tentu tidak akan terasa lama, akan terdengar gemuruh aliran sungai yang menjadi tanda bahwa Anda sudah dekat dengan tujuan, dasar Luweng Grubug.

Jika Anda beruntung sampai di dasar Luweng Grubug pada pukul 10.00 sampai dengan 12.00 siang, maka pancaran sinar surga yang turun vertikal menyinari seluruh dasar goa akan membuat Anda terkesima. Bukan hanya cantik, sinar matahari murni dengan paduan tetes-tetes air akan memanggil datang suasana religius yang tenang. Goa Jomblang, lorong alam, dan Luweng grubug merupakan satu paket destinasi wisata alam yang akan membuat Anda semakin mencintai bumi tempat Anda berada.

Harga Tiket Goa Jomblang : Gratis (Tidak dipungut biaya untuk memasukinya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.