Mortal Engines – Petualangan Penuh Emosi Bergaya Peter Jackson

0
432

Wisataku Sinema – Sebelumnya banyak sekali yang penasaran sama film “Mortal Engines” yang diketahui sukses dalam seri novelnya karya Pihilip Reeve yang sudah diterbitkan pada tahun 2004 hingga 2007 tapi apakah ekspektasi para pembaca novel akan terbayar oleh live actionnya yang akan disutradarai oleh Christian Rivers.

Sosok sutradara yang memang sudah dikenal dengan menjadi kolaborator setia Peter Jackson dengan department visual effect yang berhasil meraih piala oscar melalui film garapnya berjudul King Kong (2013). Dengan garapannya kali ini yang berusaha memadatkan cerita 4 Novel dalam 1 suguhan film yang berdurasi 128 menit.

Mortal Engines - Pertempuran Tiada Henti!
Sumber : Universal Pictures

Tapi sungguh disayangkan ambisi untuk memadatkan cerita 4 novel dalam 1 suguhan ini tidak didasarkan penulisan naskah skenario yang layak, terutama dalam aspek dramatik dan pendalaman karakter yang sangat kurang. Terkecuali karakter Anna Fang (Jihae), Shrike (Stephen Lang) dan Thaddeus Valentine (Hugo Weaving).

Sedangkan karakter utama Hester Shaw (Hera Hilmar) dan Tom Natsworthy (Robert Sheehan) sangat mengecewakan dan tidak menginspirasi yang dengan tanpa sama sekali pendalaman akting dan karakter. Kedua karakter tersebut justru sama sekali tidak meninggalkan kesan apapaun yang pada satu sisi aspek cerita film ini terbilang rendah.

Mortal Engines - Pertempuran Tiada Henti!
Sumber : Universal Pictures

Dengan setinggan latar cerita dan latar tempat ala-ala film luar angkasa “Stars Wars” yang sudah sering ditampilkan. Hal tersebut diakibatkan oleh salah satu menyutradaraan yang sedikit melemah dan suntikan aspek komedi yang salah pada tempatnya namun sama ekali tidak berhasil membawa film “Mortal Engines” kedalam film yang lebih berkelas.

Satu sisi pada karakter Hester dan Tom yang terbilang kering dan tidak ada unsur greget layaknya pemain baru dengan mengikuti alur berjalan saja tanpa ada reaksi yang alami. Tapi untuk aspek visual effect pada film “Mortal Engines” yang digarap oleh “Peter Jackson” dikursi produser serta latar belakang sutradara yang sudah tidak diragukan lagi.

Mortal Engines - Pertempuran Tiada Henti!
Sumber : Universal Pictures
Mortal Engines - Pertempuran Tiada Henti!
Sumber : Universal Pictures

Merupakan jualan utama pada film ini yang siapapun melihatnya akan bedecap kagum. Film “Mortal Engines” sejak menit awal terasa sangat niat dengan visual effect yang menyentuh level detail dan pemakaian CGI yang sangat rapih. Campur tangan “Peter Jackson” sangat dirasa sukses dan sangat megah yang masih dalam campur tangan Junkie Xl yang pernah menagani film “Batman vs Superman: Dawn of Justice” dan “Mad Max Fury Road”.

Begitu juga dengan visual effect dan desain CGI karakter Shrike yang sangat mengerikan dan sangat hidup, Terutama disaat Shrike berteriak dimana suara serammnya terpancarkan nyata. Walaupun sayang sekali film “Mortal Engines” tidak niat dalam aspek penulisan naskah skenario dengan berbagai deretan aktor dan aktris berbakat yang disia -siakan, Kembalinya “Peter Jackson” dirasa masih belum sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.