Museum Nasional Indonesia – Yuk Ajak Anak Wisata Keluarga di Jakarta

0
567
museum indonesia
Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum yang satu ini punya nama resmi Museum Nasional Indonesia. Tetapi, bagi warga Jakarta dan sebagian besar masyarakat Indonesia, lebih mengenalnya dengan nama Museum Gajah. Disebut demikian, karena museum peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang dibangun pada 1868 ini dihiasi patung gajah berwarna perunggu di bagian depannya. Patung ini adalah hibah dari Raja Chulalongkorn dari Thailand yang berkunjung pada tahun 1871.

Kini, Museum Nasional Indonesia yang memiliki 141 ribu benda koleksi dari masa prasejarah dan arkeologi ini sudah mengalami banyak perubahan. Bukan hanya sekedar museum biasa saja, tetapi juga menjadi salah satu tujuan wisata edukatif yang menarik dan jadi jujugan liburan dengan biaya murah meriah.

1Berapa Biaya Masuk Museum Nasional Indonesia?

sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Harga tiket masuk ke Museum Gajah Rp 5 ribu per orang. Namun untuk lansia dan penyandang disabilitas, tidak perlu membayar tiket alias gratis. Dengan tiket masuk yang murah meriah ini, kamu sudah bisa menikmati seluruh koleksi bersejarah di Museum Nasional Indonesia. Yang perlu kamu siapkan hanyalah tiket kereta api menuju Jakarta. Soal biaya masuk ke Museum Nasional Indonesia, nggak perlu pusing memikirkannya.

2Jam Buka Museum

Museum Nasional Indonesia buka hari Selasa hingga Minggu. Untuk hari Selasa sampai Kamis, museum ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Sementara pada hari Senin, Museum Nasional Indonesia libur dari semua kegiatannya.

3Event Museum Nasional Indonesia 2019

sumber : museumnasional.or.id

Ada beberapa event yang diselenggarakan oleh Museum Nasional Indonesia di sepanjang tahun 2019 ini. Yang sudah terjadwal sejauh ini adalah Pameran Budaya Itali: The Beauty of Knowledge yang berlangsung mulai 1 Maret – 30 Maret 2019 dan Museum Keliling yang akan berkunjung ke Tasikmalaya pada 18 Maret hingga 22 Maret 2019.

4Fasilitas Museum Indonesia

Selain ruang pameran yang luas, Museum Nasional Indonesia juga dilengkapi ruang teater, discovery, ruang latihan tari dan membatik untuk anak-anak, perpustakaan, mushola, kantin dan berbagai fasilitas lainnya. Sementara ini, sebagian fasilitas masih dalam proses renovasi sehingga belum semuanya bisa digunakan.

5Coba Membatik dan Menari, Yuk!

sumber : museumnasional.or.id

Tak hanya mendapatkan pengetahuan dari benda prasejarah yang disimpan di sini. Anak-anak juga bisa belajar membatik dan menari. Untuk kelas menari, kamu bisa mengikutinya setiap Sabtu. Sementara untuk kelas membatik, bisa diikuti setiap hari Minggu. Jangan lupa untuk mendaftar dulu sebelum ikut kelasnya ya.

6Lokasi Parkir Motor dan Mobil

Membawa kendaraan pribadi ke sini, nggak perlu khawatir dengan parkir. Karena basement di sini cukup luas untuk menampung ratusan kendaraan sekaligus, sehingga kamu bisa parkir dengan nyaman.

7Lokasi Tempat Ibadah

Dengan bangunan yang cukup luas, mushola di Museum Nasional Indonesia mudah ditemukan. Jika kamu kesulitan mencarinya, bisa langsung bertanya ke petugas yang ada di sana, ya.

8Tempat Wisata Lain yang Dekat Dengan Museum Nasional Indonesia

Setelah puas menari, membatik dan melihat koleksi Museum Nasional Indonesia, kamu bisa lanjut liburan ke berbagai tempat wisata lain di sekitarnya. Jangan lupa mampir ke Monas dan naik ke puncaknya untuk melihat megahnya Jakarta.

Liburan ke Museum Nasional Indonesia tak hanya membuat anak-anak dapat pengetahuan baru, tetapi juga bisa dapat teman baru lewat kegiatan yang menyenangkan. Waktu terbaik untuk mendapatkan semua pengalaman di sini adalah datang ketika akhir pekan, kala banyak kegiatan berlangsung, seperti menari, bermain gamelan dan membatik.

Selain membawa kendaraan pribadi, moda transportasi lain untuk menuju ke Museum Nasional Indonesia adalah dengan menumpang kendaraan umum. Pilihan paling mudah adalah dengan naik TransJakarta dan turun di halte koridor 1. Lokasi museumnya tepat di depan halte koridor 1, sehingga kamu nggak perlu jalan jauh untuk sampai di sini.
Liburan ke Museum Nasional Indonesia, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.