Olahan Daging Ayam Nusantara Soal Rasa Tiada Dua

0
776

Kuliner nusatara memang menarik untuk kita bicarakan. Sebab citarasa yang mengguda dan tiada dua selalu menanti untuk dicicipi. Perpaduan antara rempah-rempah, kreativitas tangan masyarakat, dan kelihaian padu menjadi satu. Sehingga tidak mengherankan masakan nusantara tidak pernah lekang oleh waktu. Setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri, mekipun ada kesamaan soal nama. Tetapi dari bahan dan rasa tidak akan pernah menemukan kesamaan. Kemenarikan inilah yang selalu menggoda siapa saja yang berwisata kuline di negeri kita tercintal.

Soal bahan dasar yang dijadikan juga beragam. Hasil laut, buah-buahan, sayuran, bahkan bahan dasar yang tidak pernah dibayangkanpun menjadi olahan yang lezat. Salah satu  olahan yang selalu dicari-cari adalah yang berbahan dasar daging ayam. Memang daging ayam ini terkenal enak, lembur, dan diolah apa saja selalu mak yus untuk dicoba. Untuk itulah melalui artikel berikut akan kami jabarkan kuliner nusantara  yang berbahan dasar daging ayam.

1Ayam Tangkap

Kuliner nusantara yang berbahan dasar ayam pertama adalah ayam tangkap. Makanan ini berasal dari kota Aceh. Menariknya ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang terkenal bergizi dan rendah lemak. Dalam proses memasak olahan ayam ini dipadukan dengan bumbu cahe hijau, daun pandan, dan daun serai. Ayam yang telah dipotong-potong agak kecil kemudian dicampur dengan berbagai bumbu tersebut. setelah itu dimasak dengan nyala api yang pas. Sehingga, akan membuat ayam dan bumbu meresap sempuna. Yakin kamu tidak tertarik dengan kuliner ayam tangap ini? Uniknya kuliner ini memiliki kesamaan dengan 5 kuliner khas tegal yang paling menggiurkan dan bikin kamu ngiler.

2Ayam Pop

Makanan nusantara berbahan daging ayam berikutnya berasal dari Sumatera utara. Bagi masyarakat sekitar olahan ini begitu favorid dan paling dicari. Sebab dalam proses memasakanya menggunakan air kelapa yang direbus secara bersamaan dengan ayam. Dengan menggunakan air kelapa akan menjadikan daging ayam semakin empuk dan nikmat. Selain itu, bumbu rempah-rempah semacam cabai, bawang merah, bawang putih, serai, mrica, lada, dan ketumbar menjadikan kulier ini begitu spesial. Masakan ini memiliki kemiripan dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

3Ayam taliwang

Kuliner berbahan dasar ayam ini berasal dari Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Kota yang terkenal dengan kudanya yang sangat tangguh. Olahan spesial ini dalam proses pembuatannya dibakar dengan campuran cabai kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kancur, gula merah, dan garam. Kelengkapan bumbu ini menjadikan ayam taliwang begitu menarik untuk dicoba. Karena soal rasa jangan ditanya lagi pasti uenak.

4Rica-rica

Kuliner berbahan dasar ayam selanjutnya adala rica-rica. Tentu Kamu pasti sudah pernah mencoba akan jenis kuliner ini. Pedas pasti yang teringat setelah menikmati rica-rica. Memang soal rasa pedas paling dominan, sehingga bagi yang kurang menyukai pedas jangan berani-berani mencobanya. Olahan hasil masyarakat Menado ini sudah melalang buana di nusantara. Berbahan dasar ayam yang dipotong tidak terlalu besar dengan bumbu cahe rawit, cabai hijau, bawang putih, sedikit garam, dan gula, santan, dan dicampur dengan jeruk nipis. Setalah dimasak hingga matang rica-rica akan disajikan dengan nasi hangat dan es teh. Ungsi

5Semur

Kuliner berbahan dasar daging ayam ini terkenal dengan kuah berwarna coklat pekat. Bahan dasar lain selain ayam misalnya bawang merah, bawang bombay, pala, cengkeh, dan kecap manis. Kecap manis ini berfungsi sebagai penguat cita rasa sehingga terkesan lebih harmonis. Sehingga, tidak saja dominan rasa cengkek, pedas, atau rasa yang lainnya. Melainkan aroma menis dan gurih akan menjadi satu. Tentu aroma rasa itulah yang menarik untuk Kamu coba. Jangan menilai dahulu deeh sebelum mencobanya. Sebab Kamu dijamin akan ketagihan. Dalam kuliner ini Kamu akan menemukan makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.