Olahan Pisang Nusantara yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu  

0
1390

Pisang di Indonesia menjadi salah satu buah favorit bagi masyarakat kita. Memang rasa manis alami akan didapat ketika mengigit. Selain itu, buah ini juga tergolong makanan sehat yang dianjurkan untuk menambah nutrisi bagi tubuh. Salah satu khasiat berupa menurunkan resiko kangker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung anda. Tentu khasiat ini akan semakin membuat pisang begitu menjadi primadona masyarakat.

Pisang yang demikian memiliki khasiat dan rasa yang enak. Tentu sangat nikmat ketika di nikmati langsung, artinya tanpa diolah sedikitpun. Berkembangnya waktu pisang yang sangat disukai memberikan peluang bisnis bagi masyarakat. Berbagai olahan hadir di tengah-tengah masyarakat yang tentu semakin memikat. Adapun olehan itu sebagai berikut sekaligus rekomendasi menemukan olahan tersebut.

1Pisang Epe

Kuliner berbahan dasar pisang pertama berasal dari kota Makassar. Pisang epe ini begitu menjadi favorit bagi masyarakat sekitar karena memang rasa yang disajikan begitu lezat. Pisang raja yang digunakan terkenal enak dan manis. Cara memasak kuliner khas Makassar ini dengan dipanggang. Cara ini juga menghindari dari berbagai penyakit. Karena berbeda ketika digoreng. Setelah di panggang pisang epe di press hingga gepeng/tipis. Selain itu, pisang ini disajikan dengan gula merah cair. Tentu gula merah cair ini akan menjadikan pisang ini semakin membuaimu. Citarasa yang disajikan memiliki kemiripan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Pisang Rai

Olahan berbahan dasar pisang kedua adalah pisang rai. Olahan ini berasal dari Bali. Kota indah yang begitu banyak menyetot wisatawan baik luas maupun dalam negeri. Dalam penyajian kuliner ini dilumuri dengan adonan tepung yang direbus hingga mendidih. Setalah selesai di rebus pisang digulingkan ke kelapa parut. Kepala parut ini yang akan menjadikan olahan pisang ini menjadi tambah menggoda. Tekstur yang dihasilkan begitu lembut dan memiliki citarasa gurih serta manis. Dijamin lidah Kamu tidak berhenti untuk menikmatinya.

3Molen

Molen merupakan olahan khas Bandung yang memiliki citarasa manis serta gurih. Olahan ini tentu berbahan dasar pisang yang dimasak sedemikian rupa. Jenis olahan ini tidak serta merta berbahan dasar pisang melainkan ada tepung terigu. Adonan tepung digulung dan di dalamnya diberikukan isian dari pisang potong. Setelah adonan selesai di buat selanjutnya di goreng. Isian pisang dari kuliner inilah yang semakin membuat molen ini semakin membuat Kamu kenyang lebih kama.Menariknya kuliner ini mirip dengan 5 kuliner khas manado yang memikat lidah anda. 

4Carang Gesing

Olahan nusantara berbahan dasar pisang ini berasal dari Jawa Tengah. Dalam proses pembuatan olahan ini tergolong begitu mudah. Pisang raja yang sudah masak dicampurkan dengan telur ayam dan santan kelapa. Perpaduan ini kemudian diadok hingga merata. Setelah selesai adonan itu dikukus hingga menghasilkan kuliner pisang carang garing. Kue pisang ini hampir mirip dengan nagasasi, namun terkstur yang dihasilkan jauh lebih lembek.

5Kripik Sale

Kripik Sale pisang ini tidak kalah lezat dengan olahan pisang lainnya. Kripik ini berasal dari kota kelahiran SBY, Pacitan. Pisang pilihan kemudian di potong kecil-kecil kemudian digoreng hingga kripsi atau garing. Warna merah sedikit kecoklatan ini begitu berciri khas kripik sale Pacitan. Tentu rasa yang dihasilkan juga begitu renyah, manis, dan gurih. Terlebih menikmati sembari melihat memandangan pantai Klayar yang eksotik. Membuat level kebahagian semakin jauh lebih tinggi. Rasa kuliner ni mirip dengan 5 kuliner khas tegal yang paling menggiurkan dan bikin kamu ngiler.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.