Pantai Gili Trawangan, Pesona Wisata Alam di Pulau Lombok

0
333
Source : water-sport-bali.com

Pantai Gili Trawangan merupakan pantai eksotik yang terdapat di Gili Trawangan, salah satu pulau paling terkenal di Lombok. Pulau kecil yang terletak di barat laut Pulau Lombok tersebut bukan sekedar pulau biasa. Pulau ini menjanjikan pengalaman berwisata yang sangat berkesan bagi Anda. Selain pantai dan lautnya yang eksotik, pulau ini juga menyimpan pesona alam luar biasa. Selain itu, Anda akan mendapati begitu banyak hiburan yang diselenggarakan di malam hari dalam pesta-pesta pantai yang diadakan secara bergilir oleh beberapa pusat keramaian.

Di Pulau Lombok terdapat tiga gili atau pulau kecil, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Gili Trawangan merupakan satu-satunya gili yang cukup signifikan ketinggiannya di atas permukaan laut, sekaligus gili terbesar jika dibanding dua gili lainnya. Pulau seluas 6 km persegi ini penduduknya berkisar 800 jiwa. Pulau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan, mulai dari penginapan, bar, cafe, persewaan speedboat, alat diving, alat snorkeling dan berbagai fasilitas lainnya.

Semua fasilitas yang tersedia di Gili Trawangan berstandar internasional. Hal ini disebabkan karena sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pulau ini adalah wisatawan mancanegara. Perlu Anda ketahui, pulau kecil ini di luar negeri sangat terkenal seperti halnya Pulau Bali. Oleh karena itu, fasilitas-fasilitas yang disediakan di sana akhirnya menyesuaikan dengan kebutuhan dari para wisatawan mancanegara tersebut. Sebagai contoh, pulau ini mempunyai bar yang disetting mirip bar Irlandia. Selain itu, ada banyak cafe dan aneka hiburan yang diselenggarakan di malam hari hingga larut malam.

Satu yang perlu Anda perhatikan jika mengunjungi pulau ini adalah Anda tidak bisa membawa kendaraan pribadi Anda, kecuali sepeda. Karena di Gili Trawangan tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor, sesuai dengan aturan lokal yang telah dibuat di sana. Sarana transportasi yang biasanya digunakan di sana adalah sepeda dan juga cidomo, kereta kuda sederhana seperti halnya kereta kuda yang banyak dijumpai di Lombok. Jika Anda ingin berkeliling menikmati keindahan Pantai Gili Trawangan menggunakan sepeda, Anda bisa menyewa sepeda kepada penduduk setempat atau pada persewaan yang banyak tersedia di pulau ini.

Saat Anda liburan di Gili Trawangan, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Apabila Anda menyukai tantangan dan petualangan, Anda bisa menjelajahi seluruh sudut Gili dengan bersepeda. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menjelajahinya hanya dengan beberapa jam saja. Aktivitas lainnya yang seringkali dilakukan oleh para wisatawan di sekitar Pantai Gili Trawangan, yaitu scuba diving, snorkeling, selancar, dan bermain kayak. Anda juga dapat menikmati indahnya sunset dan sunrise sekaligus, sesuatu yang jarang bisa Anda dapatkan di satu tempat. Hal ini bisa terjadi karena pulau kecil ini mempunyai pantai yang menghadap ke arah timur dan juga pantai yang menghadap barat, dan jarak kedua pantai tersebut tidaklah terlalu jauh. Sehingga wisatawan bisa menikmati dua fenomena alam tersebut, baik sunrise ataupun sunset.

Untuk bisa sampai ke Gili Trawangan, Anda bisa naik perahu motor yang menuju ke sana dari sebuah pelabuhan kecil yang ada di Bangsal, sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus menitipkannya di pelabuhan. Karena Anda tidak diperkenankan membawa kendaraan bermotor ke Gili Trawangan. Disarankan Anda untuk menitipkan mobil pada sopir pribadi Anda, agar keamanannya lebih terjaga. Apabila Anda menginap di hotel berbintang lima, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa perahu motor yang bisa mengantar dan menjemput Anda dari dan ke Gili Trawangan. Untuk itu Traveloka Hotel menyediakan booking hotel dengan mudah. Apabila Anda tidak ingin menginap di pulau kecil tersebut, sebaiknya Anda berangkat ke sana di pagi hari, dan kembali lagi ke Lombok sebelum pukul 5 sore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.